6 emulator android ringan untuk PC & Laptop 2021

6 emulator android ringan untuk PC & Laptop 2021 – Android merupakan sistem operasi ponsel dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Menurut data terakhir yang dirilis Google, terdapat lebih dari 3 milyar pengguna aktif android di seluruh dunia. Angka ini mengalahkan pengguna iPhone yang baru mencapai 1,65 milyar orang.

Pemakaian android yang begitu massive ini menandakan bahwa di zaman sekarang, bisa dibilang hampir setiap aspek dalam kehidupan umat manusia tidak bisa terlepas dari android. Keberadaan android selalu menemani mulai dari bangun tidur hingga kita tertidur kembali.

Tidak bisa dipungkiri, berbagai aplikasi android telah banyak membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Namun ada kalanya kita merasa tidak leluasa untuk melakukan sesuatu melalui ponsel dan memilih menggunakan laptop atau PC agar mendapatkan lebih banyak kenyamanan.

Bagi pengguna yang ingin beralih dari ponsel android ke PC, umumnya mereka akan mengunduh aplikasi atau software baru yang dikhususkan bagi penggunaan di PC. 

Lalu bagaimana dengan aplikasi yang tidak memiliki versi khusus PC? Adakah cara agar aplikasi khusus android bisa dijalankan di PC atau laptop?

Ternyata ada lho caranya. Jika kamu ingin menjalankan aplikasi android di komputermu, maka yang kamu butuhkan adalah sebuah software android emulator.

6 emulator android ringan untuk PC & Laptop 2021

6-EMULATOR-ANDROID-RINGAN-UNTUK-PC-LAPTOP-terbaru

Apa itu Android Emulator?

Bagi banyak orang, istilah android emulator mungkin masih terasa asing. Apa sih sebenarnya android emulator itu?

Android emulator adalah sebuah software yang didesain khusus untuk meniru cara kerja hardware dan software sebuah ponsel android sehingga dapat dijalankan di dalam PC. 

Yup, betul sekali. Dengan menjalankan android emulator di laptop atau PC-mu, maka kamu bisa mendapatkan tampilan sebagaimana ponsel androidmu bekerja.

Selain membuat tampilan yang sama seperti android, android emulator juga memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan berbagai aplikasi yang awalnya hanya diperuntukkan bagi perangkat android di PC-nya.

Kegunaan Android Emulator

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, secara garis besar android emulator berfungsi untuk membawa fungsi android kepada laptop atau PC sehingga pengguna dapat mengoperasikan berbagai aplikasi android di perangkat komputernya.

Biasanya, android emulator digunakan untuk melakukan testing atau pengecekan terhadap suatu aplikasi sebelum aplikasi tersebut benar-benar di-install di ponsel. 

Bagi perusahaan pengembang aplikasi, android emulator sangat membantu dalam proses uji coba terhadap aplikasi yang dibuatnya sebelum akhirnya aplikasi tersebut diluncurkan. Pengembang bisa segera tahu jika ada bugs atau error lainnya yang terjadi sehingga bisa langsung diatasi.

Lalu, apakah itu berarti android emulator hanya berguna untuk keperluan testing aplikasi semata? Tentu saja tidak. 

In general, android emulator akan memungkinkan kamu untuk bisa menjalankan aplikasi android apa pun di PC. Seperti bermain game, update Instagram, dan lainnya. Jadi software ini tidak eksklusif hanya untuk keperluan pengembang aplikasi semata. Siapa pun bisa dan diperbolehkan menggunakan android emulator.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai sebuah software, android emulator memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum meng-install-nya di PC. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan android emulator.

Kelebihan Android Emulator 

  • Proses Transfer Data Lebih Cepat

Melakukan transfer data menggunakan android emulator diketahui lebih cepat dan efisien dibanding transfer data menggunakan kabel USB yang disambungkan ke dua perangkat.

  • Kompabiliti dengan Sensor Fisik

Poin ini lebih ditunjukkan bagi pengguna yang menggunakan emulator untuk melakukan pengecekan aplikasi. Bagi aplikasi yang beberapa elemennya bergantung pada sensor fisik, menggunakan android emulator akan lebih memudahkan dalam proses pengecekan.

Kekurangan Android Emulator

  • Hanya Beroperasi di Windows 64-bit

Untuk bisa menjalankan android emulator, pastikan PC-mu sudah didukung dengan processor 64-bit. Menggunakan android emulator di Windows 32-bit tetap bisa dilakukan tapi tidak akan mendapat fitur dari update terbaru.

  • Membutuhkan Memory yang Besar

Saat menggunakan Android Emulator, AVD Manager akan melakukan konfigurasi untuk menetapkan karakteristik dari perangkat android yang ingin dijalankan di PC. Dalam prosesnya, AVD Manager akan menggunakan lebih dari 3GB untuk menampung data perangkat, cache, dan data dari SD Card.

6 Emulator Android Ringan Untuk PC & Laptop 2021

Terdapat cukup banyak pilihan android emulator di luaran yang bisa kamu gunakan di PC-mu. Mau tahu rekomendasinya? Simak ulasannya berikut ini.

LDPlayer

LDPlayer adalah salah satu android emulator terbaik di kelasnya. Khusus buat kamu yang ingin main games android di PC, LDPlayer ini cocok banget untuk digunakan!

LDPlayer memiliki basis Android 5.1.1 yang kompatibel untuk menjalankan berbagai games android seperti Free Fire, PUBG, Mobile Legends, dll. Selain games, tentu saja kamu bisa mengakses Google Play Store di PC dengan menggunakan software ini.

LDPlayer dapat diunduh secara gratis di website id.ldplayer.net.

Bluestacks

Salah satu software emulator yang terkenal lainnya adalah Bluestacks. 

Dengan Bluestacks, kamu bisa memainkan lebih dari 2 juta games dan jutaan aplikasi android lainnya di PC dengan mudah. Salah satu kelebihan Bluestacks yang tidak boleh dilewatkan adalah fitur Multi-instance yang mengizinkanmu untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar.

GameLoop

Bagi penggemar games keluaran Tencent seperti PUBG, League of Legends, dan Call of Duty bisa menggunakan GameLoop agar pengalaman bermain games di PC jadi makin menyenangkan.

GameLoop adalah android emulator yang dikembangkan oleh Tencent untuk meningkatkan optimalisasi games yang mereka keluarkan saat dimainkan di PC. Selain bekerja sebagai emulator, GameLoop juga merupakan ‘gudang’ dari jutaan game online yang bisa diakses oleh penggunanya.

NoxPlayer

NoxPlayer merupakan emulator yang sempurna bagi gamers yang ingin memainkan games androidnya melalui PC. Kini NoxPlayer sudah berbasis Android 7 terbaru yang tentunya lebih bertenaga saat digunakan untuk membuka games berukuran besar.

NoxPlayer dapat dengan mudah diunduh dan di-install secara gratis melalui web id.bignox.com.

MEmu

6-EMULATOR-ANDROID-RINGAN-UNTUK-PC-LAPTOP-2021-Memu-play

MEmu merupakan emulator android yang juga patut dicoba karena performanya. Dibandingkan emulator lain, MEmu dikenal cukup ringan untuk dijalankan dan berjalan dengan smooth saat digunakan untuk memainkan game android seperti PUBG.

Awal Juni kemarin, MEmu baru saja meng-update sistemnya menjadi versi 7.5.3 dengan serangkaian update dan perbaikan yang akan membuat pengalaman main game-mu semakin smooth dan menyenangkan.

MumuPlayer

Rekomendasi emulator android terakhir adalah MumuPlayer. MumuPlayer merupakan software emulator asal Cina yang bisa dijalankan secara mulus dengan PC ber-spec rendah sekalipun. Emulator ini juga didukung dengan 120FPS yang membuat tampilan menjadi lebih clean dan jelas saat digunakan untuk bermain games.

Selain didukung dengan performa yang baik, MumuPlayer juga memiliki kelebihan yaitu penggunanya bisa memainkan berbagai games asal negeri Cina yang belum dirilis secara global, lho! 

Demikianlah penjelasan mengenai emulator android dan daftar 6 emulator android ringan untuk PC & laptop 2021. Karena Emulator ini digunakan untuk bermain game android melalui PC, Jika Anda player game Mobile Legend, kami mempunyai artikel menarik untuk Anda baca seperti artikel Hero Terkuat di Mobile Legends di 2021  Semoga bermanfaat!

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =