Aplikasi Raport K13 SD

6 Aplikasi Raport K13 Sd Yang Dapat Mempermudah Proses Penilaian

6 Aplikasi Raport K13 SD Yang Dapat Mempermudah Proses Penilaian – Dunia pendidikan banyak mengalami perubahan yang signifikan semenjak diberlakukannya Kurikulum 2013 atau K13. Sistem penilaian pada Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum yang sudah ada sebelumnya.

Dalam memberikan penilaian, seorang guru wajib memberikan nilai yang mencakup 4 aspek pendidikan yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3), serta penilaian keterampilan (KI-4). Kurikulum 2013 membuat penilaian untuk siswa malah menjadi rumit, hal ini dikarenakan ada penambahan beberapa aspek yang harus dilakukan penilaian.
Adanya kurikulum 2013 ini membuat para Guru SD mengalami berbagai kesulitan ketika menentukan nilai untuk siswanya, baik itu pada kriteria ataupun penilaian instrumennya.
Untuk memudahkan para guru SD dalam membuat nilai untuk siswanya, para guru disarankan untuk menggunakan aplikasi raport K13 SD.

Aplikasi raport K13 SD adalah aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah para guru dalam mengolah nilai siswa, selain itu pembuatan raport ini merupakan bentuk hasil pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Aplikasi Raport K13 SD sangat dibutuhkan ketika ujian semester dilaksanakan. Aplikasi ini akan mempermudah guru dalam melakukan pengolahan nilai dengan cepat dan mudah. Hal inilah yang membuat banyak guru sudah banyak mendownload aplikasi raport K13 ini.

Aplikasi ini tersedia dengan dua bentuk, yaitu versi Excel dan versi Software. Menggunakan aplikasi yang mana saja tidak ada masalah, karena kedua versi ini terbukti bagus digunakan untuk memproses nilai serta keperluan lainnya.
Untuk saat ini sudah banyak sekali berbagai aplikasi raport K13 gratis maupun berbayar. Walaupun demikian, beberapa aplikasi ada yang interfacenya terlalu rumit digunakan.
Nah, untuk para guru sebelum membeli aplikasi raport K13 agar memudahkan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini rekomendasi aplikasi raport K13 yang cocok digunakan.

6 Aplikasi Raport K13 SD Yang Dapat Mempermudah Proses Penilaian

Raport K13 SD Nurhayati Mualif

Aplikasi raport K13 SD salah satunya dibuat oleh Nurhayati Mualif pada blog pribadi miliknya. Aplikasi yang dibuat oleh Nurhayati ini dibagikan juga di blog gurusd.web.id yang sudah terkenal sebagai aplikasi pendidikan yang dirancang untuk membantu para guru.
Aplikasi raport populer ini juga sudah tersedia dengan berbagai penyempurnaan. Tampilan interface aplikasi raport K13 ini sudah menarik dan enak dilihat. Selain itu, pada aplikasi ini sudah disediakan berbagai fitur yang lengkap. Sebagai contoh, fitur piagam penghargaan untuk para siswa.

Raport K13 SD Hasbullah Jaini

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang dibagikan secara gratis di blog seorang guru SD di Kalimantan Tengah. Dalam blog miliknya, guru SD ini juga sudah memasukkan secara lengkap dengan pemakaian username serta sandi yang nantinya digunakan untuk login.
Aplikasi raport K13 ini juga terus menerus mengalami perbaikan dan pembaharuan untuk menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan untuk penilaian guru terhadap siswanya. Jika anda ingin menggunakan aplikasi raport K13 ini, anda dapat mengunduhnya. Di Dalam aplikasi juga sudah disediakan username dan password, jadi anda tidak perlu membuatnya lagi.
Raport K13 SD Made Mudiartana
Aplikasi ini akan sangat membantu seorang guru dalam melakukan penilaian siswanya, sehingga sangat direkomendasikan untuk di coba. Selain itu, aplikasi raport K13 oleh Made Mudiartana menjadi salah satu yang paling banyak diunduh serta dibagikan pada blog pendidikan.
Made Mudiarta adalah pembuat dan pengembang aplikasi raport K13 yang berprofesi sebagai guru yang berasal dari Bali. Aplikasi ini dibuat dengan format Excel, sehingga aplikasi ini mudah digunakan karena sudah mengacu pada pedoman penilaian yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 yang akan sangat membantu para guru.

Raport K13 SD Alfi Hasan

Berikutnya adalah aplikasi raport K13 SD yang dibuat oleh Alfi Hasan. Aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan gratis, selain itu aplikasi ini juga mudah untuk digunakan. Agar aplikasi raport K13 dapat dijalankan secara optimal, anda disarankan untuk menggunakan MS Office 2010 atau versi diatasnya.
Untuk anda yang memiliki MS Office versi 2003 atau 2007, anda perlu mengupgrade MS Office terlebih dulu. Dalam aplikasi ini, tidak dicantumkan KD muatan lokal, karena pada tiap sekolah berbeda-beda. Jika dibutuhkan, tentu saja anda dapat menambahkannya sendiri.

Raport K13 SD Kang Martho

Selanjutnya adalah aplikasi raport K13 SD milik Kang Martho. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Blog miliknya, selain itu ada juga berbagai macam aplikasi pendidikan yang dapat membantu seorang guru. Dalam aplikasi raport K13 ini disediakan berbagai fitur menarik, contohnya seperti dapat menambahkan piagam, penghargaan dan lain sebagainya.

Aplikasi Raport K13 SD “apk13sd”

Berikut ini penjelasan mengenai aplikasi raport K13 SD “apk13sd”.
Menyesuaikan dengan juknis terbaru
Aplikasi ini didesain menyesuaikan dengan Jukni serta pedoman penulisan yan telah diterbitkan oleh Pemerintah sebagai standar baku yang digunakan ketika menyusun sebuah aplikasi raport K13.

Berbasis MS Excel

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi akan membuat aplikasi yang berbasis web akan banyak digunakan untuk kedepannya. Hal ini dikarenakan, aplikasi dengan basis web dapat menampung data yang bersifat kompleks lebih banyak serta pengelolaan data yang berukuran besar akan lebih mudah untuk dimanfaatkan.
Tetapi aplikasi raport K13 dengan basis Excel masih banyak diminati, karena akan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Aplikasi apk13sd sudah dapat dijalankan pada excel dengan versi 2007, 2010, 2013 serta 2019.

Hasil Cetak Raport Rapi

Aplikasi ini disusun dengan memperhatikan warna tampilan serta kerapihan untuk kenyamanan para penggunanya. Hasil cetaknya yang rapi bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk anda. Karena dalam aplikasi ini juga sampai diperhatikan secara detail mengenai jenis huruf yang digunakan, mengingat raport termasuk kedalam dokumen resmi.
Mudah untuk dimodifikasi
Jika ada format yang dirasa kurang pada aplikasi ini, anda dimungkinkan untuk mengembangkan aplikasi ini lebih jauh sesuai dengan kebutuhan anda. Karena beberapa sekolah mungkin memiliki format yang berbeda-beda, seperti pada mulok atau ekstra kurikuler.
Tetapi jika anda sudah selesai melakukan modifikasi, jangan lupa untuk memprotect aplikasi agar rumus tidak rusak atau terhapus.

Kelebihan Fitur Aplikasi Raport K13

● Anda dapat mengaksesnya dengan mudah, selain itu aplikasi raport K13 mudah untuk digunakan.
● Tampilan yang disediakan aplikasi mirip dengan web berbasis Dapodik, sehingga para guru sudah tidak asing lagi jika menggunakan aplikasi ini.
● Navigasi yang tersedia mudah untuk dipahami.
● Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ketika menggunakannya, alias gratis.
● Ukuran filenya cenderung kecil, jadi ringan untuk digunakan.
● File yang dihasilkan bisa langsung dicetak, jadi anda tidak perlu mengcopy paste terlebih dulu.
● Sistem pengolahan nilai yang ada pada aplikasi sangat lengkap, seperti ulangan harian, PTS, serta PAS.

Nah itulah beberapa aplikasi raport K13 SD yang tersedia dan mempunyai beragam kelebihan yang berbeda-beda. Fitur yang ditawarkan untuk setiap aplikasi juga memiliki variasi yang beragam, sehingga para guru dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Aplikasi Android Soal CPNS

4.9/5 - (36 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 2 =