20 Cara Flash HP OPPO Terbaru 2022

Cara Flash HP OPPO

Cara Flash HP OPPO Terbaru 2022 – OPPO adalah salah satu jenis smarthphone android yang cukup terkenal di kalangan anak remaja. Bahkan tak heran banyak para orang tua yang juga masih mengenakan salah satu android OPPO ini, udah dijadikan smartphone pintarnya. Oppo memiliki kinerja pada performa yang cukup baik sehingga tak heran banyak orang-orang yang menyukainya.

Namun sangat disayangkan sekali jika smartphone ini memiliki beberapa kendala pada fiturnya. Seperti mengalami error atau bug pada smarthphone yang menjadikan kinerja oppo melambat tidak seperti sebelumnya, atau mungkin mengalami bootloop. Bootlopp sendiri yaitu dimana saat dinyalakan terjadi kegagalan atau tidak mau hidup. Maka, jika sudah begini biasanya flashing menjadi andalan solusinya.

Akan tetapi cara melakukan flashing pada smartphone oppo ini agak lebih sulit dibandingkan dengan produk handphone lainnya. Nah, untuk itu kamu tidak perlu khawatir atau binggung. Karna kami akan memberikan tips mengenai cara flash hp OPPO dengan mudah terbaru 2022. Cara-cara dibawah ini mungkin akan memberikan kemudahan dalam proses flashing.

Cara Flash Pada Handphone OPPO

Flash HP OPPO Melalui Flashing pada Tools di PC

Untuk metode pertama kamu dapat memanfaatkan tools ini. Terkhusus untuk flashing smartphone ponsel OPPO pada PC/Laptop yang kamu gunakan. Cara ini cukup praktis dan simpel, apalagi bagi pengguna OPPO. Kemungkinan kamu langsung akan mengetahui langkah-langkahnya setelah membaca artikel ini. Begini caranya, simak dan catat baik-baik

1. Kamu diwajibkan untuk mengunduh beberapa file di bawah ini :

ROM OPPO, download sesuai dengan smarthphone yang digunakan saat ini.

USB Driver Oppo, kamu dapat mendownloadnya dengan mengetik di dalam mesin pencarian dengan keyword “Oppo USB Driver

– Dan yang terakhir ialah SP Flash Tool.

  1. Selanjutnya kamu dapat melakukan “Ekstrak File” pada Pc ataupun laptop.
  2. Lalu letakan seluruh file pada satu folder biar kamu ga kebingungan saat hendak melakukan flashing.
  3. Selanjutnya instalasi driver dan instalasi flashing tool yang kamu gunakan pada PC atau laptop.
  4. Masuk ke dalam aplikasi “SP Flash Tool” yang sudah di lakukan pemasangan sebelumnya. Lalu, tekan Scatter-Loading, dan Kembali masukan “File Scatter” yang terletak pada folder Firmware.
  5. Jika sudah terproses langsung segera lakukan download pada pojok atas sebelah kiri.
  6. Kemudian sambungkan smarthphone pada USB ke dalam PC.
  7. Tekan power off pada ponsel, saat terhubung pada via USB kamu bisa menekan “Power Button + Volume Up” secara bersamaan dengan kurun waktu 10 detik.
  8. Maka nantinya secara otomatis pc akan melakukan Tindakan flashing dan dilakukan oleh PC. Jika kamu sudah mendapatkan sebuah pop up pesan baru, maka langsung Dwonload OK.
  9. Jika sudah berhasih, handphone akan segera melakukan restart dan proses memuatpun sudah Selesai.

Dengan catatan bahwa proses ini bisa saja menimbulkan resiko, maka dari itu sebelum melakukannya dipastikan kamu melakukan back up data terlebih dahulu. Agar seluruh data penting kamu dalam smarthphone tidak hilang begitu saja.

Flash Oppo Melalui Memori Eksternal atau SD Card

Cara selanjutnya kamu dapat melakukan flash melalui SD Card ini. Hanya saja cara ini agak cukup sedikit rumit jika dibandingkan dengan cara yang pertama. Tapi kamu dapat mengimplementasikannya jika cara sebelumnya belum berhasil. Begini caranya :

  • Lakukan penginstallan
  • Kemudian move Firmware yang sudah di install sebelumnya ke dalam SD Card yang sudah di siapkan dan kamu miliki.
  • Lalu matikan handphonemu dan isi daya baterai ponsel setidaknya 70% atau kalau bisa hingga penuh.
  • Kemudian masuk ke dalam “Recovery Mode” dengan menekan Power Button + Volume Down secara bersamaan dengan kurun waktu sekitar 10 detik.
  • Kemudian kamu dapat menunggu hingga logo Oppo muncul dalam monitor layar.
  • Lalu pilih “English” sebagai Bahasa, dan masuk ke dalam mode “Recovery Mode”
  • Kemudian lakukan pemasangan dari SD Card, dan pilih opsi “From SD”, selanjutnya pilih OS pada SD Card yang tadi sudah disiapkan.
  • Kemudian klik “yes” dan tunggulah beberapa saat untuk proses pembaruan selesai dilakukan.
  • Lalu klik Wipe data and Cache, dan klik yes.
  • Kemudian pilih opsi ”Reboot” dan smarthphone kamu akan melakukan restart.

Melalui cara ini kamu akan masuk ke dalam  factory mode, yang dimana mode saat pertama kali kamu membeli smartphone baru (keluaran pabrik). Sebagaimana saat melakukan cara ini seluruh file dalam handphone kamu akan terhapus secara langsung.

Flash Oppo Melalui UFI Box

Metode selanjutnya kamu dapat melakukan dengan menggunakan UFI Box ini. Cara ini mungkin agak sedikit tricky, karena nantinya kamu bisa memilih untuk menghapus sidik jari/pola/ PIN/kata kunci yang berada pada ponsel tanpa harus menghapus file.

Cara ini dapat dilakukan apabila ponsel yang kamu pegang sedang tidak bermasalah. Namun secara tidak sengaja terlock dikarenakan kamu lupa kata kunci atau password.

Tapi karena cara ini cukup sedikit rawan. Tentunya kami tidak bertanggung jawab jika kamu menggunakan cara di bawah ini untuk Tindakan yang berbau criminal atau tidak benar.

Begini langkah-langkahnya :

  1. Install software bernama UFI Box, kamu dapat mengunduhnya di tempat yang menurutmu terpercaya.
  2. Kemudian cari folder instalasi UFI Box, nama yang dimiliki biasanya.
  3. Setelah itu matikan ponsel dan masuk ke “EDL Mode” dengan cara menekan tombol Volume Up + Volume Down secara bersamaan dengan kurun waktu 10 detik.
  4. Lalu hubungkan Handphone OPPO pada PC atau laptop melalui kabel USB biasa.
  5. Selanjutnya masuk ke UFI dan pilih opsi chipset “Qualcomm” Kemudian klik tipe smartphone OPPO yang digunakan saat ini.
  6. Selanjutnya cari “Chipset Processor” sesuai pada nomor ponsel kamu.
  7. Maka layar software UFI akan berwarna ungu, untuk melakukan deteksi ponsel, lalu nantinya akan terlihat menu “Special Tasks” dengan warna kuning pada bagian bawah.
  8. Pilih Special Task. Kemudian kamu bisa langsung klik opsi pada“Clear User Locks, Core, PIN, Gesture, Fingerprint”. Dan tunggu hingga proses pada aplikasi tersebut sedang berlangsung.

Pada cara diatas, kata kunci dan semacamnya akan terhapus. Namun data-data tersebut tidak akan terhapus jika di dalam smartphone kamu.

Untuk cara satu ini tidak menyelesaikan masalah secara keseluruhan. Oleh karena itu kamu bisa menekan full erase before flash jika ingin melakukan factory reset. Hal tersebut akan berdampak baik yaitu smartphone kembali layak seperti baru atau setelan pabrik.

Mengenai tingkat keberhasilan untuk melakukan flash pada cara diatas sangatlah memungkinkan, jika teman-teman mengikuti prosedurnya dengan benar dan tepat. Jika salah hal ini bisa mengakibatkan handphone OPPO kamu yang akan dilakukan flash bisa tidak berjalan lancar, atau kita kenal dengan sebutan gagal booting. Apabila terjadi demikian, itu artinya kamu harus mengulang kembali caranya mulai dari awal.

Baca Juga: 4 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android, ketahui Ciri dan Penyebab baterai Cepat Rusak

Akan tetapi, flash hp OPPO tidak semata dilakukan ketika sedang eror saja. Namun juga bisa dilakukan bagi kamu yang merasa kinerja pada Handphone Oppo melambat dan tidak bagus. Melalui flashing ini performa bisa kembali lagi seperti sebelumnya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin