15 Cara Pinjam Uang di Aplikasi Dana, Mudah dan Tidak Ribet

Cara Pinjam Uang di Aplikasi Dana Terbaru 2022, Mudah dan Tidak Ribet – Dana merupakan aplikasi dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia. Selain karena kemudahannya, juga karena fitur yang disediakan oleh developer untuk melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk pembayaran. Namun, kini yang menjadi pertanyaan adalah adakah cara pinjam uang di aplikasi DANA?

Sebagai salah satu dompet digital keuangan yang yang sedang digandrungi oleh banyak orang, penggunanya mengharapkan bahwa aplikasi ini dapat menjalankan fungsinya sebagai lembaga pemberi kredit.  Sehingga banyak yang kemudian menanti apakah developer akan mengembangkan DANAPaylater  tersebut.

Cara Pinjam Uang di Aplikasi Dana Terbaru 2022, Mudah dan Tidak Ribet

Mengenal Cara Pinjam Uang di Aplikasi Dana

Banyak pengguna DANA yang bertanya bisakah aplikasi tersebut dimanfaatkan sebagai salah satu platform pinjaman online? Maka developer pun mengembangkan suatu sistem kredit menggunakan  aplikasi ini.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan apakah proses yang dilakukan menggunakan aplikasi ini melanggar hukum atau tidak.  Sebab DANA merupakan sebuah aplikasi keuangan resmi dan sudah terdaftar di Bank Indonesia.  Sehingga seluruh prosedur termasuk biaya dan bunga yang dikenakan akan sesuai dengan ketentuan.

Cara pinjam uang di aplikasi DANA memang berbeda dengan platform pinjaman online lainnya. Developer mengembangkan sistem yang tidak biasa, namun dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang membutuhkan uang cash segera.

Untuk melakukan proses tersebut Anda dapat mengikuti tahapan di bawah ini:

Syarat Untuk Cara Pinjam Uang d Aplikasi DANA

Langkah pertama untuk meminjam uang menggunakan aplikasi DANA adalah Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang berhubungan dengan platform ini.  Cara yang bisa pemohon  lakukan untuk meminjam uang melalui DANA adalah sebagai berikut:

  • Pengguna wajib sudah menginstal aplikasi DANA pada telepon genggam
  • Lanjutkan dengan membuat akun pribadi pada aplikasi DANA dengan menggunakan nomor telepon yang masih aktif
  • Setelah itu lakukan update versi aplikasi yang paling baru agar fiturnya dapat digunakan
  • Lakukan update versi pengguna yaitu premium
  • Agar dapat mengajukan pinjaman maka anda harus melakukan verifikasi KTP
  • Mempunyai nomor rekening bank yang terdaftar atas nama sendiri

Cara Pinjam Uang di Aplikasi Dana

Setelah Anda membuat akun premium, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan proses pengajuan permohonan pinjaman menggunakan aplikasi DANA

  1. Buka aplikasi DANA Anda yang sudah terinstal pada telepon genggam
  2. Lanjutkan dengan membuat akun dana dengan versi premium.  Sertakan verifikasi KTP serta unggah dokumen yang dibutuhkan
  3. Pilihlah menu “Minta” atau “Request”.
  4. Tekan  “Set Amount” untuk menentukan besarnya pinjaman.
  5. Tulis angka nominal yang diinginkan
  6.  Klik “Lanjutkan”.
  7. Muncul kolom “Tulis Catatan”
  8. Tekanlah menu “Lewati” atau “Skip”
  9. Selanjutnya Anda akan melihat kemunculan QR Code
  10. Lalu bagikanlah tautan tersebut ke Sosial Media Group Facebook pinjaman online yang anggotanya dapat memberikan pinjaman online langsung cair
  11. Buatlah postingan bahwa Anda membutuhkan uang menggunakan kartu tersebut
  12. Selanjutnya tunggulah hingga ada orang yang menawarkan uang yang dapat Anda gunakan sebagai pinjaman online
  13. Setelah ada yang berkenan untuk meminjamkan maka berkomunikasilah hingga terbangun kesepakatan antara Anda dengan yang akan meminjamkan uang
  14. Tunggulah hingga uang yang dipinjamkan cair masuk ke dalam saldo DANA
  15. Setelah uangnya cair Anda baru bisa menambahkan dana tersebut ke rekening bank untuk mengambil uang fisiknya

Jika diperhatikan memang cara pinjam uang di aplikasi DANA tidak seperti proses pengajuan peminjaman pada aplikasi pinjaman online yang lainnya. Ini serupa dengan meminta uang ke pengguna lain. Dimana ada orang yang memang akan memberikan sejumlah uang ke akun saldo DANA sebagai pinjaman.

Jika melihat tahapan yang Anda lakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi DANA hanya akan menjadi perantara saja. Namun pemberi pinjaman bukanlah developer DANA, melainkan orang lain yang berfungsi sebagai peer to peer lending atau yang dikenal dengan peminjam pribadi.

Dari proses tersebut Anda bisa mengetahui bahwa cara pinjam uang di aplikasi DANA memang berbeda dibandingkan dengan pinjaman online lainnya.  Sebab DANA bukanlah suatu perusahaan finansial teknologi tetapi melainkan dompet digital yang melayani transaksi keuangan.

Oleh karenanya ia tidak berada di bawah di bawah lembaga Otoritas Jasa Keuangan melainkan langsung dibawa ke pengawasan Bank Indonesia.  Dengan izin operasional tersebut maka seluruh proses yang dilakukan oleh dompet digital DANA ini termasuk aman serta sudah dinyatakan legal karena memenuhi ketentuan yang berlaku.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi DANA untuk Peminjaman

Sebagai pengguna Anda akan memperoleh banyak keuntungan ketika melakukan cara pinjam uang di aplikasi DANA. Selain karena legalitasnya juga terdapat beberapa hal yang dapat nikmati. Antara lain adalah:

Memiliki Izin Operasional Bank Indonesia

Dana merupakan aplikasi sistem pembayaran untuk melakukan transaksi keuangan. Sehingga tidak berada di bawah lembaga Otoritas Jasa Keuangan. Namun ia berada di bawah pengawasan Bank Indonesia sehingga harus mematuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh bank sentral tersebut.

Oleh karenanya Anda tidak perlu khawatir akan setiap prosedur yang dimiliki oleh aplikasi payment ini. Semuanya sudah berdasarkan ketentuan transaksi pembayaran yang diberlakukan di Indonesia. Sehingga dipastikan tidak akan merugikan penggunanya.

Prosesnya Mudah

Dari proses tahapan di atas bisa diketahui bahwa semuanya dapat dilakukan dengan mudah asalkan Anda memiliki akun DANA premium dengan versi terbarunya.  Tinggal melihat apakah si pemberi pinjaman sudah memberikan sesuai dengan ketentuan yang perlu Anda ketahui. Sehingga  tidak akan merasa bingung ketika harus membayar pokok plus bunga cicilan.

Tidak Memerlukan Jaminan

Ketika Anda melakukan pengajuan pinjaman menggunakan aplikasi dana maka plafon ini tidak akan meminta jaminan apapun terhadap proses tersebut.  Berbeda dengan bank konvensional atau pinjaman online lain yang mengharuskan pemohon memiliki agunan yang harus diserahkan kepada lembaga keuangan tersebut.

Kemudahan Pencairan

Proses pencairannya pun sangat mudah yaitu akan langsung masuk ke dalam saldo akun DANA milik Anda. Bahkan ketika peminjam sudah mengirimkan uangnya, Anda dapat langsung mencairkan ke saldo bank tanpa menunggu lama.

Customer Service

Walaupun DANA merupakan suatu aplikasi dompet digital,  Anda  tidak perlu bingung ketika menghadapi kesulitan.  Pasalnya, developer sudah memberikan fasilitas bantuan berupa customer service yang dapat dihubungi setiap hari. Kontaknya adalah WhatsApp Chat ke nomor 08191 1500 445, melalui email ke [email protected], atau sambungan telepon ke nomor 1500 445.

Keamanan Terjamin

Developer menjamin bahwa segala transaksi keuangan yang dilakukan oleh dompet digital DANA dilindungi dengan sistem yang paling canggih sehingga aman dan sulit untuk hack. Oleh karena itu sebagai pengguna, Anda juga harus melindungi akun dana tersebut caranya adalah dengan tidak membagikan  kode OTP secara sembarangan.

Jika Anda mengalami kebutuhan mendesak, maka cara pinjam uang di aplikasi DANA ini dapat digunakan.  Namun, bijaklah untuk menerima bantuan pinjaman uang dari orang lain yang tidak dikenal. Terlebih lagi jika melalui platform pinjaman online di berbagai media sosial.

Sebab yang perlu dilindungi adalah seluruh data pribadi serta bagaimana proses peminjaman tersebut. Apakah prosedur nya sesuai dengan ketentuan atau malahan akan merugikan Anda di masa mendatang.

Baca Juga: 11 Cara Transfer Dana ke Berbagai Bank dan Aplikasi

Selain bisa meminjam uang di aplikasi DANA, di sana kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi. Mulai dari beli pulsa, beli token listrik, kirim uang ke bank atau sesama dan lainnya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin