Cara Transfer Dana ke Gopay

Cara Transfer Dana ke Gopay 2021

Cara Transfer Dana ke Gopay – Uang elektronik lebih dikenal sebagai mata uang yang disimpan secara elektronik dalam perangkat. Uang elektronik yang dioperasikan lewat sistem komputer perbankan yang lebih praktis dan era sekarang ini uang elektronik juga bisa disimpan di dalam ponsel. Berbeda dengan cryptocurrency yang terdesentralisasi, uang elektronik didukung oleh mata uang fiat; artinya mereka diatur oleh otoritas pusat.

Selama beberapa dekade terakhir, pentingnya e-wallet dalam perekonomian Negara bisa dilihat secara langsung termasuk di Indonesia. Belum lama berselang, Pemerintah India mengumumkan demonetisasi mata uangnya untuk menjadikan negara itu ekonomi tanpa uang tunai.

Cara Transfer Dana ke Gopay Lengkap dengan Langkah-langkahnya

Untuk melancarkan proses transaksi, hal yang harus dilakukan penerima atau pemilik akun go pay tujuan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Gojek, pilih menu isi Gopay pada bagian beranda yang berwarna biru.
  2. Pilih ‘isi saldo gopay’.
  3. Lalu terdapat halaman baru yang memberikan pilihan untuk top up saldo. Dibawah tulisan font ‘isi saldo’ penerima dana Gopay harus memilih metode lain.
  4. Pilih bank, sentuh layar pada pilihan permata bank.
  5. Salin nomor virtual account lalu salin lewat chat.

Ketika nomor virtual account sudah Anda terima dari pemilik akun Gopay yang dimaksud, kini waktunya Anda untuk membuka aplikasi DANA.

  1. Buka aplikasi DANA, kemudian pilih bagian kirim yang terdapat logo pesawat kertas.
  2. Perhatikan bagian bawah lalu pilih ‘kirim ke rekening bank‘.
  3. Ketika Anda mengisi kolom nama bank, pilih Permata Bank lalu isi nomor virtual account gojek yang dituju.
  4. Pada bagian alias, Anda bisa isi keterangan pembayaran misalnya ‘bayar hutang‘ atau ‘bayar ganti pembelian donut‘.
  5. Masukan nominal uang yang ingin dikirimkan.
  6. Kemudian klik tombol ‘kirim dana‘.
  7. Periksa nomor akun Go-Pay tujuan.
  8. Masukan PIN sebagai kelengkapan verifikasi keamanan transfer.
  9. Jika pembayaran berhasil maka akan ada tanda centang hijau yang memberi tahu Anda bahwa saldo sudah masuk ke nomor go-pay tujuan.

Mengapa Uang Elektronik Penting?

Reserve Bank of India (RBI) mengatur bidang uang elektronik di bawah Payment and Settlement System Act (PPS Act) 2007 di India. Undang-undang tersebut memungkinkan bank dan lembaga keuangan untuk mengeluarkan instrumen pembayaran prabayar di India setelah otoritas pengatur mengizinkan penggunaan instrumen tersebut.

Berkat kemajuan signifikan di bidang teknologi; transaksi digital melalui kartu pintar, dompet digital, dan dompet seluler telah meningkat di kalangan konsumen.

Selain itu sejak e-wallet populer di Indonesia, penggunaan mata uang kertas atau koin kian menurun. Hal itu tentunya menghemat bahan baku yang biasanya digunakan Bank Indonesia untuk memproduksi uang fisik. Namun, uang elektronik sering dikritik karena risiko dan kerentanannya terhadap pembajakan. Transaksi yang dilakukan melalui sistem komputer, sehingga transaksi elektronik tidak dapat dilakukan karena kesalahan sistem.

Juga, karena transaksi elektronik tidak memerlukan verifikasi fisik untuk mentransfer dari satu orang ke orang lain, kemungkinan kegiatan penipuan tinggi.

Cara Transfer Dana ke Gopay 2021 transfer

Peran E-Wallet untuk perekonomian

Kemajuan pesat dalam teknologi ditambah dengan tingkat penetrasi smartphone yang tinggi menyediakan infrastruktur yang siap untuk pembayaran tanpa uang tunai yang dapat dilakukan hampir di mana saja. Menurut satu laporan baru-baru ini, pada 2019, hampir 2,1 miliar konsumen di seluruh dunia akan menggunakan dompet seluler untuk melakukan pembayaran atau mentransfer uang – meningkat lebih dari 30 persen dari akhir 2017.

Adopsi cepatnya terhadap e-commerce dan bisnis sesuai permintaan seperti layanan berbagi perjalanan telah membantu mendorong peralihannya dari uang tunai ke seluler. Memang, di beberapa kota di Cina, bahkan pedagang pasar kaki lima tidak lagi menerima uang cash.

Begitu pula negara-negara di Asia Tenggara mengejar dengan cepat, didukung oleh ekonomi mobile-first yang berkembang pesat dan populasi yang termasuk paling terlibat di dunia dengan smartphone-nya.

Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan dampak positif dompet seluler terhadap pertumbuhan bisnis, menunjukkan bahwa saling melengkapi di antara berbagai alat pembayaran dapat meningkatkan lalu lintas ritel dan menarik pelanggan baru, terutama untuk usaha kecil dan usaha wirausaha baru. Hal ini sangat penting bagi perekonomian Asia Tenggara, di mana UKM membentuk antara 50 dan 90 persen dari semua perusahaan.

Cara Transfer Dana ke Gopay

Terlepas dari pertumbuhannya yang eksplosif, kita harus ingat bahwa teknologi dompet seluler masih dalam tahap awal. Sebagai bagian dari total penjualan konsumen, masih relatif kecil.

Meskipun demikian, penggunaan teknologi berkembang pesat, dengan aplikasi dan layanan baru yang dikembangkan dengan kecepatan yang sama cepatnya.

Namun temuan kami menunjukkan bahwa, bahkan pada tahap yang relatif awal ini, peningkatan kenyamanan pembayaran dompet seluler memiliki dampak ekonomi yang nyata dan signifikan – mendorong lalu lintas konsumen, konsumsi, dan menghasilkan efek limpahan yang menguntungkan yang memberikan pertumbuhan bisnis.Dengan menggunakan e-wallet artinya Anda telah berkontribusi untuk kemajuan perekonomian Negara.

Mengapa harus dengan e-money

Secara umum, Anda bisa menikmati keuntungan e-money yang praktis dan serbaguna. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan e-money meski harus mengisi deposit saldo terlebih dahulu.

E-money bisa mengurangi penipuan

Data yang disimpan di dompet seluler dienkripsi, artinya nomor rekening kartu Anda yang sebenarnya tidak bisa langsung melakukan pembayaran. Dompet seluler menggunakan kode pembayaran acak yang tidak dapat digunakan oleh sembarang orang. Setelah mengkonfirmasi pembelian, orang yang melakukan transaksi harus mengetik kode PIN sebagai langkah keamanan pembayaran.

Menghemat Waktu

Dengan saldo e-money atau e-wallet, Anda dapat membayar dengan cepat dengan meletakkan ponsel dengan scan QR code dan memverifikasi pembelian. Sebagian besar transaksi dapat diselesaikan hanya dalam beberapa detik.

Bisa mencatat riwayat transaksi sehingga lebih hemat

E-wallet yang berkembang di Indonesia biasanya akan memberikan diskon, sehingga membuat Anda bisa lebih hemat saat berbelanja. Riwayat transaksi yang tercatat secara otomatis mendorong kita untuk memperhitungkan belanjaan sebelum membeli barang. Catatan transaksi itulah yang membuat kita bisa mengukur saldo saat ingin belanja.

Keuntungan menjadi pengguna go-pay dan Dana

Go-pay dan Dana adalah dua e-wallet yang terkenal di Indonesia dan memiliki keunggulannya masing-masing. Kedua e-wallet ini sudah memiliki pangsa pasar di hati masyarakat Indonesia. Kedua perusahaan ini mungkin terlihat seperti bersaing, tapi benar atau tidaknya tergantung dari pengguna.

Pada bagian ini kami akan berusaha menganalisis keuntungan dari masing-masing e-wallet DANA dan Go-pay. Konon katanya mereka juga sering melakukan promosi, memberi pinjaman dan menawarkan layanan lainnya untuk penggunanya.

Gopay:

  • Praktis untuk membayar layanan go-jek. Jika Anda ingin menjadi pengguna Go-pay, artinya Anda harus menginstal aplikasi Gojek terlebih dahulu karena fitur Go-pay ada pada aplikasi tersebut. Jika Anda mengisi saldo Go-pay, artinya deposit yang telah terisi bisa untuk transaksi semua fitur Gojek seperti go-car, go-massage, halodoc, go-fod, go-bike, dll.
  • Pada periode waktu tertentu Go-pay memberlakukan diskon kepada penggunanya, seperti potongan harga untuk go car, go-bike, go-food hingga berbagai merchant yang bekerja sama dengan go-pay.
  • Go-pay bisa digunakan untuk membeli pulsa, iuran BPJS, tagihan token PLN, tagihan internet.
  • Berbelanja pada supermarket yang bekerja sama dengan go-pay.

DANA:

  • Pembayaran tagihan energi bulanan rumah tangga seperti tagihan air, listrik, BPJS, internet, dll.
  • Bisa untuk membeli pulsa provider handphone.
  • Bisa digunakan untuk berbagai merchant offline.
  • Top up saldo untuk berinvestasi.

Akhir Kata Cara Transfer DANA ke Gopay

Itulah langkah-langkah untuk melakukan transfer uang virtual dari Dana ke Gopay. Cara transfer DANA ke Gopay diatas merupakan cara terbaru yang mengikuti update dari aplikasi DANA serta Gopay. Jangna lewatkan berita menarik lainnya untuk Kamu hanya di metroandalas.co.id.

Baca Juga : Cara Transfer Gopay ke OVO

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − four =