Cara Transfer DANA Ke ShopeePay 2021

Cara Transfer DANA Ke ShopeePay 2021 – Sebelumya kami pernah membahas tentang bagaimana cara transfer OVO ke ShopeePay 2021, sekarang mari membahas gimana sih cara transfer DANA ke ShopeePay 2021? Tentunya akan sangat berguna untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas transaksi pengisian uang tersebut. Seperti yang diketahui, sekarang ini banyak sekali bermunculan dompet elektronik maupun metode pembayaran secara online

Dua nama yang cukup populer sekarang ini memang ShopeePay dan DANA. Cara transfer DANA ke ShopeePay sebenarnya sangat mudah dilakukan. Konsepnya sendiri adalah mengirim saldo DANA ke rekening virtual Mandiri aplikasi ShopeePay. Hal tersebut juga mirip dengan pada waktu membayar shopee melalui DANA. 

Cara Transfer DANA Ke ShopeePay 2021

bagaimana Cara Transfer DANA Ke ShopeePay

Menggunakan Nomor Virtual

Dalam mengirim uang saldo DANA ke ShopeePay dengan nomor virtual akun Mandiri, Anda harus menggunakan kode 893 + nomor handphone akun shopee. Batas minimal transaksinya adalah Rp10.000 dan akan dikenakan biaya admin sebesar Rp4.500 per transaksinya jika nominal dibawah Rp50.000.

Jika Anda ingin top up ShopeePay tanpa menggunakan biaya admin, syaratnya harus transfer minimum sebanyak Rp50.000 serta masih punya 10 x gratis biaya transfer lewat DANA. 

Dalam proses mengirim saldo DANA ke ShopeePay, Anda tidak perlu menggunakan nomor rekening sendiri. Sekarang, Anda akan mengirim uang dari DANA langsung ke rekening Mandiri untuk melakukan top up ShopeePay. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat memperhatikan langkah praktisnya berikut ini. 

Cara Transfer DANA ke ShopeePay

  • Bukalah aplikasi Shopee, dan kemudian pada halaman utamanya pilih isi saldo ShopeePay.
  • Berikutnya, pilih isi saldo.
  • Pilih tujuan bank transfer lalu pilih Bank Mandiri kemudian pilih konfirmasi.
  • Catatlah kode transfer DANA ke ShopeePay yaitu dengan nomor 893+ nomor akun shopee Anda.
  • Bukalah aplikasi DANA, kemudian pilih Kirim. Selanjutnya pilih lagi kirim ke rekening bank.
  • Pada kolom nama bank, pilih Bank Mandiri.
  • Isilah nomor akun dengan nomor virtual Mandiri yang sudah diperoleh dari shopee. Kolom alias bisa Anda kosongkan. Apabila semua data telah terisi, maka pilih tambah bank baru.
  • Selanjutnya, masukkan uang yang ingin Anda isi ke ShopeePay dengan minimal Rp10.000. Tap pilihan atur jumlah.
  • Berikutnya, tap konfirmasi.
  • Periksalah kembali apakah jumlah uang dan nomor tujuan sudah benar, jika yakin maka tap konfirmasi.
  • Untuk menyelesaikan transaksi, masukkan nomor PIN DANA Anda.

Saat transaksi transfer DANA ke ShopeePay telah berhasil dilakukan selanjutnya saldo di akun ShopeePay penerima akan bertambah dengan sendirinya. Agar bisa transfer, Anda harus punya akun DANA premium atau terverifikasi.

Upgrade DANA ke Akun Premium

Memiliki akun DANA premium memang terbilang lebih mudah dan cepat, bahkan bisa diterima kurang dari waktu 5 menit saja. Asalkan, foto e-ktp dan selfie gambarnya jelas untuk mempermudah proses verifikasinya. Selain itu, di tahun 2021 prosesnya lebih sederhana karena tidak menggunakan nomor kartu keluarga. Tidak perlu selfie bersama KTP karena hanya perlu foto e-ktp dan foto wajah. 

Keuntungan jika Anda upgrade akun DANA ke premium yaitu dapat melakukan transfer saldo DANA ke bank atau ke sesama penggunanya. Selain itu, juga bisa menarik DANA di merchant. Batas maksimal saldo yang bisa diisi naik hingga 10 juta dari yang awal 2 juta saja.

Cara Upgrade Akun DANA ke Premium

Cara upgrade akun DANA ke premium dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan langkah-langkah berikut :

  • Bukalah aplikasi DANA dan kemudian pilih menu saya yang ada di sebelah sudut kanan bawah.
  • Pilih tombol verifikasi akun Anda.
  • Selanjutnya, akan muncul informasi Apa saja keuntungan menjadi premium user, dan kemudian pilih daftar sekarang.
  • Selanjutnya, posisikan e-ktp dengan foto yang jelas dan terbaca tulisannya. Contohnya, menaruhnya di atas kertas putih. Selanjutnya pilih Mulai Yuk !.
  • Berikutnya, ambil foto e-ktp dan pilih lanjut. Kemudian, ambil foto selfie dan tap Mulai.
  • Posisikan wajah Anda ke area lingkaran yang tersedia dan kedipkan mata dua kali.
  • Periksalah kembali hasil foto Anda dan jika sudah selesai maka pilih kirim. Tunggulah sampai proses pemeriksaan dokumen yang diunggah dan saat berhasil di-upgrade, maka akan ada notifikasi. 

Dalam proses verifikasi upgrade akun DANA ke premium tersebut, ada kemungkinan menggunakan mesin dan bukan dicek secara manual. Alasanya, karena prosesnya sangat cepat. Baik untuk hari libur maupun hari kerja, bahkan di malam hari sekalipun prosesnya bisa dibilang hampir sama saja. 

FAQ Seputar Transfer Dari DANA Ke ShopeePay

Dalam melakukan transfer dari DANA ke ShopeePay, memang ada sejumlah pertanyaan yang sering kali dilontarkan. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain sebagai berikut.

Berapakah Biaya Transfer Dari DANA ke ShopeePay?

Transfer bisa dilakukan kan tanpa biaya dengan ketentuan batas minimum Rp50.000 serta memiliki promo bebas biaya transfer sebanyak 10 kali per bulan. Namun jika uang yang Anda kirim kurang dari Rp50.000, maka terkena biaya transaksi sebanyak Rp4.500.

Berapa Minimal Top Up ShopeePay lewat DANA

Seperti yang telah disebutkan, batas minimal untuk kirim uang dari DANA ke ShopeePay yaitu Rp10.000. Ini juga sesuai juga dengan ketentuan aplikasi DANA yang hanya membatasi minimum transfer Rp10.000 ke bank.

Apakah Dapat Transfer Ke Akun ShopeePay Tanpa Upgrade DANA ?

Hal tersebut tidak bisa dilakukan. Agar dapat kirim uang dari aplikasi DANA ke bank termasuk ShopeePay, maka persyaratannya juga harus upgrade akun DANA ke premium. Jika belum melakukannya, silahkan Anda verifikasi dengan upload foto KTP dan juga wajah di aplikasi DANA.

Mengapa Tidak Dapat Melakukan Transfer Saldo DANA ke ShopeePay?

Apabila terjadi kendala seperti ini, Anda harus memastikan bahwa sudah upgrade akun DANA. Untuk Akun ShopeePay sendiri, memang tidak perlu di upgrade. Selain itu Anda juga harus memeriksa kode transfer sebelum diisi apakah sudah benar atau tidak ada formulirnya.

Selanjutnya, apabila semua datanya sudah benar maka cobalah untuk melihat pesan kesalahan atau error yang menyebabkan kegagalan pengiriman tersebut. Alasannya, seringkali ada gangguan sistem atau jam offline bank dan kemudian muncul pesan bahwa sistem sedang sibuk atau terkendala. Jika muncul pesan tersebut, maka cobalah untuk menunggu beberapa menit untuk mencoba kembali. 

Apakah Nomor DANA dan ShopeePay Bisa Berbeda Atau Harus Sama?

Mengenai hal ini, tidak berpengaruh. Baik nomor pada akun DANA maupun ShopeePay bisa sama atau berbeda. Alasannya, karena hal tersebut hanyalah nomor akun dan tidak mempengaruhi apapun.

Artinya, Anda bisa top up ShopeePay teman melalui DANA meskipun memiliki nomor yang berbeda. Karena prosesnya lewat transfer ke rekening virtual akun Bank Mandiri, yang mempengaruhinya kode atau nomor virtual account itu.

Itulah informasi mengenai cara transfer DANA ke ShopeePay 2021 yang mudah dilakukan. Kebutuhan transaksi keuangan secara cepat memang sangat dibutuhkan sekarang ini untuk berbagai kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − 2 =