Cara Transfer OVO ke Gopay

Cara Transfer OVO ke Gopay – Definisi uang elektronik atau e-money merupakan penyimpanan elektronik moneter di dalam perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Perangkat yang menyimpan nilai moneter ini bertindak sebagai instrumen pengganti mata uang fisik yang tidak selalu melibatkan rekening bank dalam transaksi.

E-money didefinisikan sebagai perangkat digital, media pertukaran moneter yang diwakili pada perangkat elektronik. Perangkat yang dimaksud dapat berupa perangkat lunak (seperti sistem perbankan, atau penyedia layanan pembayaran seperti paypal, go-pay. OVO dan DANA. Biasanya e-money bisa terhubung ke perangkat keras seperti smartphone atau perangkat magnetik seperti kartu prabayar. Dalam kedua kasus, kami menyebut perangkat tersebut menyimpan dompet elektronik uang elektronik (e-wallet).

Cara Transfer OVO ke Gopay dan Uang Virtual di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa layanan uang elektronik yang terkenal seperti DANA, Go-pay, OVO, LinkAja, ShopeePay, dll. Mereka memiliki produk unggulan dan pasarnya masing-masing. Indonesia adalah negara yang sudah mendukung penggunaan uang elektronik sejak lama, karena keunggulannya yang jauh lebih praktis jika digunakan oleh masyarakat luas.

Anda sebagai masyarakat Indonesia juga bisa memanfaatkan uang elektronik untuk belanja, pembayaran tol, hingga amal kepada orang yang membutuhkan. Uang elektronik mungkin juga bisa membantu kerabat atau teman Anda, tetapi pertanyaannya ‘bagaimana jika Anda ingin membantu menambahkan saldo kepada teman jika produk e-money berbeda?’

Cara Transfer OVO ke Gopay

Misalnya jika Anda adalah pengguna OVO, akan tetapi pada situasi terdesak teman Anda membutuhkan tambahan saldo Go-pay. Sayangnya di ponsel Anda tidak ada aplikasi m-banking sama sekali. Menukar uang elektronik bukan hal yang mustahil. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda pengguna OVO ingin transfer Gopay, namun dengan beberapa syarat seperti:

  • Status akun OVO anda adalah OVO Premier.
  • Saldo OVO harus melebihi nominal yang ingin ditransfer. Misalnya jika Anda ingin transfer saldo OVO 100.000 rupiah maka Anda harus memiliki saldo yang lebih dari itu.
  • Tahu nomor virtual account penerima, sesuai rekening yang dipilih.
  • Koneksi internet yang baik.

Untuk melancarkan proses transaksi, hal yang harus dilakukan penerima atau pemilik akun go pay tujuan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Gojek, pilih menu isi Gopay pada bagian beranda yang berwarna biru.
  2. Pilih ‘isi saldo gopay’.
  3. Lalu terdapat halaman baru yang memberikan pilihan untuk top up saldo. Dibawah tulisan font ‘isi saldo’ penerima dana Gopay harus memilih metode lain.
  4. Pilih bank, sentuh layar pada pilihan permata bank.
  5. Salin nomor virtual account lalu salin lewat chat.

Ketika nomor virtual account sudah Anda terima dari pemilik akun Gopay yang dimaksud, kini waktunya Anda untuk membuka aplikasi OVO. Langkah-langkah yang tepat untuk transfer saldo adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OVO, lalu pilih menu transfer.
  2. Pilih rekening bank.
  3. Tentukan permata bank sebagai bank tujuan.
  4. Isi nomor rekening dengan nomor yang dikirim (nomor virtual account).
  5. Ketik nominal yang akan dikirim, lalu konfirmasi transfer dengan klik tombol biru.
  6. Saat mentransfer dana Anda akan diminta nomor PIN.
  7. Jika transaksi berhasil akan ada tanda centang hijau.

 

Cara Transfer Uang OVO ke Gopay 2021

Keuntungan dari Cara Transfer OVO ke Gopay

Itu hanya definisi dasar, tentu saja. Definisi resmi datang dengan beberapa lapisan makna, yang membedakan uang elektronik dari bentuk lain dari nilai digital dan manifes.

1. Menghemat waktu

Membayar melalui uang elektronik selalu lebih cepat daripada menggunakan uang tunai.

Waktu yang berharga bisa dihemat karena pelanggan cukup menggesek atau mengetuk untuk membayar. Tidak perlu lagi membuka dompet dan menghitung cash atau koin. Anda tidak perlu bersusah payah menghitung kembalian yang benar saat seseorang membayar barang bernilai rendah. Uang kembalian akan tertera langsung secara otomatis.

2. Lebih efisien

Dengan memproses pembayaran lebih cepat, Anda dapat mempersingkat antrian saat di kasir. Dan dengan antrian yang lebih pendek, Anda akan membutuhkan lebih sedikit staf untuk mengelola toko Anda pada waktu sibuk. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk memindahkan staf ke berbagai peran yang dihadapi pelanggan untuk meningkatkan layanan dan menjaga toko Anda dalam kondisi prima.

3. Menguntungkan bagi kios

Dengan sedikit pemrosesan dan penanganan uang tunai, transaksi dapat diselesaikan dengan cepat, dan ini dapat berdampak positif pada omset toko Anda jika kios menerima pembayaran uang elektronik.

4. Cara Transfer OVO ke Gopay yang Lebih aman

Dengan lebih sedikit uang tunai di dalam lingkar bisnis Anda, risiko tindak kejahatan, risiko kesalahan manusia yang riskan, atau risiko penipuan berkurang. Anda juga tidak perlu khawatir untuk membawa uang dalam jumlah besar untuk disimpan di bank.

5. Memberikan pendapatan yang besar

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen cenderung menghabiskan lebih banyak saat menggunakan metode pembayaran elektronik dibandingkan dengan saat mereka membayar dengan uang tunai.

6. Lebih mudah dikelola

Dengan menerima lebih sedikit pembayaran tunai – atau dengan sepenuhnya tanpa uang tunai – Anda akan memiliki waktu yang lebih mudah dengan administrasi, akuntansi, dan audit. Ada lebih sedikit (atau tidak ada) uang tunai untuk dilacak atau di bank; sebagai gantinya, setiap transaksi dicatat secara digital di platform pilihan Anda.

7. Ada kepastian pembayaran

Ketika Anda memproses transaksi elektronik dan disetujui oleh terminal Anda, Anda tahu dengan pasti bahwa pembayaran akan segera muncul di akun bisnis Anda. Tidak ada langkah ekstra yang memakan waktu, tidak seperti uang tunai, yang mengharuskan Anda untuk mengangkutnya dan menyalurkannya ke bank.

8. Lebih menghemat waktu

Setiap pelanggan yang telah berniat membeli barang akan lebih mudah tertagih secara otomatis. Meskipun ia sudah keluar dari toko, saldo akan berkurang dengan sendirinya.

Dengan adanya uang elektronik membantu Anda menerima pembayaran dengan cepat, dan menjaga antrian tetap pendek dan pelanggan senang.

9. Resikonya lebih rendah

Saat pelanggan Anda membayar dengan e-money, kartu atau perangkat pintar tidak lepas dari tangan mereka. Ini meminimalkan risiko penipuan atau kesalahan pengguna di pihak staf Anda. Dan teknologi yang digunakan untuk contactless juga lebih aman dibandingkan dengan bentuk pembayaran lainnya.

10. Cara Transfer OVO ke Gopay yang Ramah lingkungan

Dengan aplikasi pembayaran modern, kebutuhan akan kwitansi kertas dapat diminimalkan atau dihilangkan sama sekali. Tanda terima tradisional akan menghabiskan banyak kertas dan catatan yang menumpuk di dalam dompet, sementara jika Anda dapat mengirim pelanggan Anda lewat pesan digital, akan menghemat kertas, tinta, dan printer — dan meningkatkan kredensial di kemudian hari.

11. Tidak ada biaya tambahan

Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan saat Anda mulai menerima pembayaran e-money jika Anda sudah menerima chip dan PIN. Anda cukup membayar sama seperti yang Anda lakukan untuk transaksi kartu biasa. Ada banyak paket di luar sana untuk melayani bisnis dari semua ukuran, anggaran, dan volume transaksi.

12. Unggul dibandingkan uang fisik

Uang elektronik sangat berperan besar untuk mencegah rantai penyebaran virus COVID-19 karena pertukarannya dilakukan dengan layar smartphone.

Itulah ulasan lengkap terkait cara transfer OVO ke Gopay terbaru 2021 lengkap dengan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika sedang melakukan transfer. Selalu ikuti artikel-artikel terbaru dari Metroandalas.co.id dan dapatkan informasi-informasi menarik hanya untuk Anda.

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + thirteen =