Cara Setting APN Axis untuk Android dan IOS

Setting APN Axis

Setting APN Axis – Saat mengalami gangguan jaringan internet,tentunya hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas virtual kamu. Apalagi jika kamu pengguna provider Axis. saat mengalaminya usahakan jangan panik, Kamu bisa mengatasinya dengan Setting APN Axis.

Adanya ganggguan internet merupakan suatu hal yang sangat mungkin terjadi. Hal ini karena banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Gangguan jaringan itupun yang menjadikan kecepatan internet menjadi lambat bahkan tidak bisa digunakan.

Jika kamu mengalami gangguan internet, kamu tidak perlu panik. Sebab dalam hal ini kamu pun bisa mengatasi gangguan jaringan internet tersebut dengan mudah. Di antara caranya adalah dengan Setting APN Axis, selain itu ada cara lain sebagai berikut.

Cara Atasi Internet Lemot Lewat Setting APN Axis

Langkah pertama dengan cara menyalakan paket data axis. Lalu masuk pada menu settings, lainnya, menuju jaringan seluler lantas ke APN. Lalu, kamu pun bisa mengatur APN. Pada nama bisa diisi dengan Kuotamedia, MCC 510, dan APN Axis.

Untuk MNC 08, proxy 10.8.3.8 dengan authentication type PAP, dan port 8080. Lalu untuk APN type bisa dipilih default. Pada username isi dengan axis, lalu atur APN enabled. Masukkan pasword 12345 dengan bearer unspecified.

Setelah kamu mengaturnya sedemikian rupa, tutup jendela settings. Baru kemudian restart posel kamu agar peraturan yang baru saja kamu perbarui bisa bekerja secara optimal.

Pindah Lokasi Strategis

Setting APN Axis
Setting APN Axis

Jika dengan cara Setting APN Axis belum bisa teratasi dengan baik. Kamu bisa mengatasi gangguan internet yang lemot dengan pindah lokasi. Sebab bisa jadi lokasimu tidak strategis untuk menjangkau koneksi internet yang disediakan oleh axis.

Lokasi strategis untuk bisa menangkap koneksi axis dapat kamu pilih di ruang terbuka atau ruang yang lebih tinggi. Jadi, jika posisimu saat ini berada di ruangan yang sempit, segeralah pindah posisi di ruang lapang yang strategis.

Ganti Jenis Jaringan

Jenis jaringan axis 4G, saat ini sudah bisa diakses hampir di seluruh daerah di Indonesia. Namun tidak menutup emungkinan juga bisa terjadi gangguan teknis yang menyebabkan jaringan internet menjadi lemot.

Jika pengaturan APN maupun pindah ke lokasi yang strategis tidak bisa mengatasinya. Kamu pun bisa mengatur jaringan internet ke jenis yang lain. Sebab meskipun jaringannya sudah 4G, axis juga masih bisa terkoneksi dengan jaringan 3G dan 2G.

Kamu pun tinggal mengganti jenis jaringannya sesusi dengam koneksi jaringan yang bisa dijalankan di daerah kamu berada. Pengaturan jenis jaringan ini sifatnya sementara. Jadi, kamu tidak perlu takut jika tidak bisa kembali ke jaringan 4G di Setting APN Axis.

Refresh Jaringan Setting APN Axis

Pada suatu kondisi tertentu, memang pernah terjadi jaringan yang sangat lemot dan tidak bisa teratasi dengan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Bahkan ada juga yang sampai no signal.

Jika kamu mengalami kejadian seperti ini, usahakan untuk tetap tenang. Kamu bisa mengatasinya dengan refresh jaringan axis. Cara untuk refresh jaringan sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara.

Pertama, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu. Tunggu kira-kira 2 menit, lalu nonaktifkan mode pesawat. Tunggu beberapa saat agar sinyal bisa kembali stabil. Namun jika cara ini belum berhasil, kamu bisa mencoba cara lainnya.

Cara yang kedua untuk refresh jaringan adalah dengan reboot ponsel kamu. Saat melakukan reboot Setting APN Axis, usahakan jangan melakukan aktivitas di ponsel. Kamu hanya perlu menunggu sampai ponsel kamu kembali aktif.

Setelah menunggu beberapa saat, perhatikan logo sinyal axis. Apakah sudah kembali normal atau belum. Namun, jika belum juga berhasil, kamu bisa mencoba cara refresh jaringan ketiga. Yakni dengan mematikan ponsel kamu.

Jika ponsel kamu menggunakan baterai tanam, maka cukup nonaktifkan ponsel beberapa saat. Akan tetapi jika ponsel yang kamu gunakan memiliki baterai yang bisa dilepas, kamu pun bisa melepasnya terlebih dahulu.

Sekiranya sudah cukup lama untuk membiarkan ponsel kamu noaktif. Maka, kamu pun bisa kembali mengaktivasi ponsel kamu. Nyalakan dengan tanpa melakukan aktivitas apa pun dan biarkan ponsel kamu normal kembali dengan sendirinya.

Setelah menunggu beberapa saat, tapi jaringan internet masih juga belum stabil. Cara terakhir ini bisa kamu coba. Kamu bisa mengganti slot sim card axis ke slot yang lainnya. Jika sudah terganti, maka jangan lupa untuk Setting APN Axis datanya terlebih dahulu.

Force Stop Aplikasi di Ponsel Setting APN Axis

Masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan internet provider axis yang lemot atau no signal. Langkah kali ini adalah dengan melakukan force stop aplikasi-aplikasi di ponsel yang mungkin masih aktif di latar belakang.

Aplikasi-aplikasi yang masih aktif di latar belakang, biasanya memang masih meyedot penggunaan data internet. Ini pula yang bisa jadi pemicu mengapa jaringan menjadi lemot. Untuk melihat aktivasi aplikasi di latar belakang kamu bisa cek di menu settings.

Setelah masuk menu settings, kamu bisa menuju ke fitur pengaturan aplikasi. Di laman tersebut akan menampilkan status penggunaan nternet yang digunakan oleh berbagai jenis aplikasi di ponsel. Kamu bisa melakukan force stop untuk menonaktifkannya.

Tunggu Beberapa Jam

Jika berbagai cara di atass sudah kamu praktikkan sesuai dengan saran yang diberikan. Akan tetapi koneksi internet masih belum stabil atau masoh no signal. Maka, diamkan untuk beberapa jam. Sebab bisa jadi gangguan berada di pusat.

Saat Setting APN Axis mengalami maintenance memang sangat berdampak bagi pengguna provider axis. Hal yang dmeikian biasanya akan diumumkan oleh axis sebelum maintenance dilakukan. Sekaligus juga diinformasikan kapan jaringan normal kembali.

Hubungi Customer Service Lewat Twitter

Bahkan kamu mungkin saja sudah memastikan kalau jaringan provider axis sedang tidak maintenance. Akan tetapi tetap saja jaringan kamu tidak stabil padahal kamu juga sedang tidak dalam masa tenggang kartu dan kuota data internetmu juga masih banyak.

Langkah demi langkah cara menormalkan jaringan juga sudah kamu coba untuk dilakukan sendiri. Namun, masih juga tidak ada yang berhasil. Solusi terakhir adalah dengan cara menghubungi pihak customer service axis.

Axis dalam memberikan layanan kepada customer dikenal sangat tanggap dan responsible. Layanannya pun bisa dilakukan dengan mudah lewat fitur dirrecct message di @axiscare. Caranya sendiri cukup mudah, kamu tinggal melaporkan keluhanmu.

Setelah itu secara cepat pihak customer service membalas pesanmu dan ditanyai berbagai hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasi Setting APN Axis. Namun jika memang lewat customer service adalah solusi akhir bisa langsung diatasi.

Nantinya pihak customer service akan menanyakan lokasi pas kamu dan akan dilakukan pengaturan dari pusat. Kamu pun bisa kembali menggunakan internet dengan stabil.

Demikian info seputar Setting APN Axis yang bisa jadi jalan keluar kamu saat mengalami kendala dalam mengakses internet. Lakukan langkah demi langkah secara rintut agar jaringan internetmu bisa kembali digunakan tanpa hambatan. Baca juga :  cara membuat sertifikat menggunakan Microsoft Word supaya tidak kebingungan lagi.

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + thirteen =