Tingkat Penyegaran iPhone 14, Kini Lebih Baik dan Bagus

Tingkat Penyegaran iPhone 14
Rate this post

Tingkat Penyegaran iPhone 14, Kini Lebih Baik dan Bagus –¬†Menjelang akhir tahun, seperti biasanya Apple merilis iPhone terbarunya dan selalu menyita perhatian, terutama penggemar iPhone. Kini ada tingkat penyegaran iPhone 14. Kali ini yang cukup menarik adalah iPhone 14 hadir dalam empat series, yaitu reguler, plus, pro, dan pro max.

Dua varian terakhir yang menyita perhatian. Setelah lama hanya berganti tampilan dan perubahan minor saja. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ada penyegaran baru.

Tingkat Penyegaran iPhone 14 Dengan iPhone 14 Pro

Tentunya menjadi kabar terbaik bagi penggemar smartphone iPhone. Sudah ada penyegaran baru pada iPhone 14 Pro. Seperti apa tingkat penyegaran iPhone 14 tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Dynamic Island

Salah satu pembeda yang paling besar antara iPhone 14 dengan iPhone 14 Pro adalah adanya fitur Dynamic Island. Fitur tersebut hanya ada pada iPhone 14 Pro dan Pro Max. Bahkan bisa menjadi daya tarik sendiri.

Sedangkan pada iPhone 14 masih memakai notch sebagai tempat kamera depan. Dynamic Island merupakan fitur yang tersemat pada kamera depan yang secara otomatis akan muncul ketika ada pesan masuk.

Perlu diketahui kalau fitur Dynamic Island merupakan fitur terbaru. Jadi, wajar saya masih ada banyak pertanyaan mengenai fungsinya. Bahkan adanya fitur ini bisa menjadi daya tarik sendiri, dan mungkin bisa menjadi alasan untuk membeli iPhone 14 Pro.

Intinya, Dynamic Island adalah sebuah desain status bar yang dibuat untuk menutup kamera depan dengan gelembung informasi. Seperti notifikasi, peringatan, sampai live activities secara dinamis.

Adanya Dynamic Island, kamera depan yang disebut TrueDepth tidak akan terlihat menghalangi tampilan layar. Lensa kamera iPhone akan tersamarkan karena gelembung informasi memiliki warna yang hampir sama.

Selain itu, bukan hanya dipakai untuk menampilkan informasi saja. Dynamic Island juga bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan aktifitas aplikasi lainnya. Misalnya bisa mengontrol pemutar musik, mengelola rekaman suara, menjawab dan menutup panggilan FaceTime, dan lain sebagainya.

Kamera

Tingkat penyegaran iPhone 14 selanjutnya pada kameranya. Jika melihat dari sisi modulnya saja, kedua smartphone tersebut memiliki konfigurasi kamera yang berbeda.

Pada kamera iPhone 14 standar hanya mempunyai dua lensa di belakang. Sedangkan pada iPhone 14 Pro sudah memakai lensa dengan resolusi 48 MP. Sudah memakai kemampuan Pixel Binning dibandingkan dengan iPhone 14 standar yang hanya memakai lensa utama 12 MP.

Memang kedua lensa smartphone sudah memakai lensa sudut 12 MP, namun iPhone 14 Pro diklaim mampu melakukan pemotretan minim cahaya sampai 3 kali lipat. Selain itu, ada juga layanan 3 kali perbesaran optik, dan Optical Image Stabilization (OIS).

Pada lensa sudut lebar iPhone 14 Pro sudah memakai fotografi makro untuk memotret objek kecil. Sedangkan pada iPhone 14 standar, tidak ada fitur tersebut.

Bukan hanya itu saja, LED Flash pada iPhone 14 Pro diklaim dua kali lebih cerah dibandingkan dengan yang standar. Selain itu, iPhone 14 Pro mempunyai LiDAR Scanner yang bisa memindai objek bangunan dan juga menghadirkan pengalaman AR.

Melalui teknologi LiDAR, iPhone 14 Pro memiliki fitur malam dan berbagai macam fitur canggih lainnya. Perekaman videonya pun lebih baik dibandingkan versi standar, karena sudah ProRes Video yang bisa menghasilkan resolusi 4k pada 30fps.

Tampilan layar

Selanjutnya pada tampilan layar kedua smartphone tersebut. Keduanya memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Pada iPhone 14 mampu menampilkan tingkat kecerahan sampai 800 nits dengan pemakaian normal. Sedangkan pada iPhone 14 Pro bisa mencapai 1000 nits.

iPhone 14 Pro juga lebih unggul tingkat kecerahannya pada luar ruangan dibandingkan versi standar. Yaitu bisa mencapai 2000 nits dibandingkan dengan iPhone 14 yang hanya memiliki tingkat kecerahan sampai 800 nits.

Adanya fitur Always on Display pada iPhone 14 Pro juga menjadi pembeda dengan iPhone 14 standar. iPhone 14 Pro juga telah mendapatkan adaptive refresh rate 1 sampai 120Hz berkat ProMotion.

Performa pacu

Lalu tingkat pencerahan iPhone 14 pada performa pacu. Pihak Apple sudah memakai chipset terbarunya pada iPhone 14 Pro. Adapun chipset terbaru tersebut bernama Bionic 16.

Sedangkan pada iPhone 14 versi standar masih memakai dapur pacu yang sama dengan versi sebelumnya, yaitu Bionic A15.

Lalu Bionic A16 dibuat dengan fabrikasi 4nm, sedangkan pada Bionic A15 dibuat dengan fabrikasi 5nm. Sehingga iPhone 14 Pro memiliki performa yang lebih kencang dibandingkan yang iPhone 14.

Selain itu, pada chipset Bionic A16 sudah berisi mesin pemrosesan gambar yang menghadirkan fitur-fitur foto dan video yang lebih canggih. Pihak Apple mengklaim kalau Bionic A16 memberikan penghematan daya sampai 20 persen.

Baterai

Memakai chipset yang berbeda membuat daya tahan baterai kedua smartphone tersebut juga berbeda. Baterai iPhone 14 Pro lebih tahan lama dibandingkan dengan iPhone 14.

Bahkan pihak Apple mengklaim kalau iPhone 14 Pro bisa memutar video sampai 23 jam, sedangkan iPhone 14 hanya 20 jam.

Desain

Secara fisik, bobot iPhone 14 Pro lebih berat dibandingkan dengan iPhone 14. iPhone 14 Pro memiliki berat 206 gram, sedangkan iPhone 14 mempunyai berat 172 gram.

Material perangkat keduanya juga berbeda, iPhone 14 Pro memakai material stainless steel. Sedangkan yang versi standar memakai material alumunium.

Selanjutnya pada warna yang ditawarkan sudah berbeda. Pada iPhone 14 menawarkan varian warna biru, merah, putih, hitam, dan ungu muda. Sedangkan pada iPhone 14 Pro terdapat warna hitam, putih, emas, dan ungu tua.

Harga

Berbicara tentang harga iPhone 14, sebenarnya tergantung pada pasar. Harga iPhone 14 standar memiliki harga kisaran mulai 14,8 jutaan. Sedangkan iPhone 14 Pro dipatok mulai dari 19,2 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Setelah mengetahui apa saja tingkat penyegaran iPhone 14 dan iPhone 14 Pro. Saatnya mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua ponsel tersebut.

IPhone 14 Standar

Melihat spesifikasinya, maka kelebihan dari iPhone 14 ini adalah harganya yang terjangkau dan bobot lebih ringan. Itu juga yang membuatnya berbeda dengan iPhone 14 Pro. Tapi sayangnya kamera inferior dan chipset iPhone 14 lebih rendah. Yaitu memakai Bionic 15 yang sudah dipasang pada generasi sebelumnya.

IPhone 14 Pro

Sedangkan pada iPhone 14 Pro memiliki kelebihan lebih baik, seperti desain lebih baik karena tanpa takik, memakai chipset terbaru, kamera lebih baik, dan kecepatan refresh tinggi. Hampir semua fitur menjadi lebih baik, oleh karena itu harganya lebih mahal.

Baca Juga: Penyimpanan iPhone 14: Tinggal Pilih Variannya

Itulah tingkat penyegaran iPhone 14 dengan iPhone 14 Pro. Meskipun berbeda, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tergantung pada penggunanya masing-masing. Jadi, mau pilih iPhone 14 versi yang mana?

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin