Cara Cek Garansi Vivo – Vivo merupakan salah satu brand smartphone yang cukup populer digunakan di Indonesia, walaupun brand ini berasal dari China. Salah satu kelebihan yang ditawarkan secara umum oleh Vivo adalah tempat penyimpanan atau storage yang cukup besar, baik di kelas entry level, mid range, sampai dengan flagship mereka semuanya memiliki storage yang besar.
Tidak hanya itu, fitur yang dihadirkan serta tampilan yang mengikuti trend juga menjadi nilai plus dari Vivo. Tetapi untuk bisa menikmati layanan dari Vivo secara maksimal, pengguna harus tahu bagaimana cara cek garansi Vivo karena garansi memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan.
Apa Itu Garansi Vivo?
Perlu diketahui, untuk mereka yang mengalami masalah atau kendala di tangan konsumen sesuai dengan aturan, kebijakan, dan persyaratan yang berlaku. Garansi biasanya memiliki masa dan menjamin apapun masalah yang terjadi terhadap produk yang dijual selama itu masih masuk dalam syarat-syarat perbaikan.
Vivo merupakan salah satu merk smartphone yang ada di Indonesia yang setia memberikan garansi yang cukup panjang dibanding merk lain. Hal ini juga bisa berarti bahwa Vivo memiliki kualitas produk yang mampu bersaing dengan kompetitor karena semakin lama masa garansi suatu produk, berarti produsen percaya diri atas ketahanan kualitas produk yang mereka keluarkan.
Aturan dan Syarat Klaim Garansi Vivo
Semua orang pastikan ingin mendapatkan garansi yang cocok dengan produk yang dibeli, terutama di dunia elektronik. Tetapi, Anda tidak dapat berharap lebih apabila terjadi masalah pada smartphone Anda atas kesalahannya sendiri karena harus ada syarat dan peraturan yang harus dipatuhi untuk dapat mengklaim garansi ini. Untuk Vivo, berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk mengajukan garansi smartphone Vivo;
- Pelanggan tidak dikenakan garansi apabila pembelian smartphone dilakukan di luar gerai resmi milik Vivo seperti ketika menang hadiah undian atau marchandise.
- Jika seandainya produk smartphone tersebut mengalami kerusakan yang terlalu berat, maka konsumen harus melunasi biaya perbaikan terlebih dahulu sebelum smartphone mulai diservis.
- Konsumen harus mengeluarkan dana lebih atau biaya tambahan apabila yang digaransikan adalah urusan software dan ingin diperbarui (update IOS) dan lainnya.
- Waktu garansi smartphone paling cepat 7 hari setelah konsumen memberikan smartphone yang rusak.
- Konsumen tidak dapat mengklaim garansi apabila tidak dapat membuktikan lampiran bukti pembelian yang berasal dari gerai resmi milik Vivo atau disebut juga sebagai kwitansi (kartu garansi).
- Garansi setahun tidak berlaku untuk aksesoris seperti baterai, charger (memiliki garansi 6 bulan), atau kabel data.
- Konsumen tidak berhak mendapatkan klaim garansi apabila smartphone telah dimodifikasi bagian software (root) ataupun hardware.
- Tidak menerima klaim garansi kerusakaan smartphone yang diakibatkan oleh human error atau kegagalan pengguna seperti layar pecah, berkarat, tergores, terkena cairan, terbentur, dan lain sebagainya.
- Garansi smartphone Vivo tidak berlaku apabila sebelumnya pengguna telah menggunakan jasa service di luar gerai resmi dari Vivo itu sendiri.
Batas Waktu Garansi HP Vivo
Garansi waktu, Vivo sendiri memberikan garansi waktu yang cukup lumayan lama jika dibandingkan dengan kompetitor lain, yaitu selama 1 tahun. Artinya, setelah Anda membeli smartphone Vivo secara resmi di gerai mereka, masa garansi akan aktif selama 1 tahun dan Anda bisa mengklaim garansi tersebut apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam 1 tahun tersebut. Vivo memiliki banyak tempat service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Perlu diketahui, kesalahan akibat pengguna (human error) tidak akan kami layani, karena itu sangat penting bagi konsumen mengetahui service center resmi oleh Vivo untuk memastikan kerusakaan yang dapat diperbaiki secara gratis menggunakan garansi yang diberikan.
Cara Klaim Garansi Vivo
Bagaimana cara klaim garansi dari Vivo resmi ? cara yang paling kami sarankan adalah pergi langsung ke gerai resmi Vivo dan jelaskan perihal garansi. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin mengklaim garansi Vivo, yaitu membawa smartphone yang akan digaransikan dan jangan lupa menyertakan kwitansi pembelian atau kartu garansi. Tanpa itu, Anda tidak dapat mengklaim garansi Vivo.
Salah satu kelebihan Vivo selain masa garansi yang lama adalah pelayanannya. Pihak Vivo akan melayanai pelanggan dengan baik dan merawat smartphone pelanggan dengan aman dan dapat diamanahkan karena mereka sadar bahwa HP adalah alat yang cukup bersifat personal yang di dalamnya terdapat data-data penting. Apa pun yang mereka layani, bahkan jika itu bukan urusan garansi.
Cara Cek Garansi Vivo
Untuk mengecek garansi pada smartphone Vivo Anda cukup mudah dan umumnya memiliki dua metode. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara mengecek masa garansi HP Vivo;
Cara Cek Garansi HP Vivo Secara Online
Cara pertama adalah dengan menggunakan bantuan internet atau situs khusus. Hal penting yang harus diperhatikan dengan metode ini adalah nomor IMEI atau nomor identitas smartphone. Angka ini berbeda-beda setiap unit smartphone dan harus Anda ketahui. Untuk mengetahi nomor IMEI dan bagaimana cara mengecek garansi HP Vivo, ikuti langkah di bawah ini;
- Sebelumnya, Anda harus mengetahui nomor IMEI dengan cara masuk ke aplikasi Dial Phone.
- Kemudian ketikkan kode *#06# dan klik tombol Yes atau Call atau OK.
- Setelah itu, tunggu hingga pop-up notifikasi akan muncul dan berisikan informasi tentang nomor IMEI dan nomor seri HP Vivo Anda.
- Jangan lupa untuk mencatat nomor IMEI tersebut.
- Setelah mengantongi nomor IMEI, Anda bisa mengakses situs untuk mengecek informasi yang terkandung dalam IMEI yaitu imei.info/phonedatabase/570-phones-vivo.
- Masukkan nomor IMEI Anda dan centang pada kolom I am not robot dan klik check.
- Setelah itu, Anda akan melihat informasi terkait HP Vivo Anda termasuk informasi tentang masa garansi.
- Namun karena berbahasa Inggirs, cari saja kata “Garansi” yang berarti garansi.
- Namun apabila tulisan warranty tersebut tidak tersedia, bisa dipastikan HP Vivo Anda sudah habis garansi. Dengan istilah lain smartphone tersebut berasal dari pasar gelap (black market).
Cara Cek Garansi Vivo Menggunakan Aplikasi Resmi
Selain cara cek garansi Vivo melalui internet dengan browser menggunakan situs tertentu. Anda juga bisa mencoba cara cek garansi HP Vivo melalui aplikasi resmi buatan Vivo. Selain itu dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Nama aplikasinya Vivo.com, unduh serta pasang dan ikuti langkah-langkah di bawah ini;
- Buka aplikasi Vivo.com.
- Pilih menu “Layanan”.
- Pada layar smartphone akan muncul informasi kartu garansi elektronik dan kartu tersebut memiliki tanggal kadaluarsa.
Baca Juga: 20 Cara Upload Video Instagram 3 Menit dengan IGTV
Demikian penjelasan kami tentang cara cek garansi Vivo yang mudah dan cepat. Apabila Anda telah mengecek tentang masa garansi Vivo, langsung saja menuju ke pusat pelayanan Vivo untuk mendapatkan pelayanan terkait dengan garansi kerusakan HP sesuai dengan syarat dan ketentuan.