7 Aplikasi Menggambar di Android Tanpa Pen Terbaru 2022

Aplikasi Menggambar di Android Tanpa Pen Terbaru 2022 – Saat era zaman modern sekarang ini banyak sekali alat media canggih yang bermunculan, terutama alat-alat digital. Alat-alat elektronik digital seperti smartphone ataupun laptop sudah banyak tercipta dengan versinya masing-masing. Apalagi di dalam gadget saat ini, sudah banyak mendukung fitur untuk menggambar.

Kalian dapat mengambar melalui aplikasi yang sudah terinstall di smartphone, tanpa harus menggunakan pen atau alat bantu. Dengan berbagai aplikasi tersebut, nantinya kamu dapat menggambar sebuah sketsa, sebuah tulisan, dan mewarnai agar terlihat kesan aesthetic juga indah.

Nah, ini dia beberapa aplikasi menggambar android yang dapat kamu gunakan untuk menggambar di hp tanpa harus menggunakan pen.

Daftar Aplikasi Menggambar di Handphone Tanpa Pen Terbaru 2022

1. Bamboo Paper

Menggambar melalui handphone sekarang ini juga dilengkapi dengan stylush pen tetapi juga ada beberapa yang menggunakan tanpa pen. Apabila teman-teman baru akan mulai belajar menggambar di HP tanpa menggunakan pen atau stylush pen, maka Bamboo Paper adalah pilihan yang tepat untuk digunakan. Kamu  juga dapat menggunakan semua kebutuhan pada fitur tersebut jika menggambar sebuah objek atau karakter.

2. Sketchbook

Nah, menggambar di smartphone tanpa pen bisa juga menggunakan aplikasi bernama Sketchbook. Kamu dapat menerapkan dan mendownload aplikasinya pada playstore maupun appstore.

Aplikasi ini memiliki tool yang banyak dan dilengkapi dengan 142 brushes yang dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

3. How to Draw Cartoon

Jika kamu senang menggambar sebuah animasi, maka aplikasi bernama How to Draw Cartoon ini menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. How to Draw Cartoons termaksud aplikasi yang cukup ringan dan pastinya tidak akan memenuhi ruang penyimpanan pada smarthphone kamu. Biar kamu tidak penasaran, segera download aplikasinya agar langsung terinstall pada smarthphone kamu.

4.Google Handwriting

Kamu juga bisa loh merasakan sensasi menulis dalam smartphone dengan teknik handwriting ini (menulis menggunakan tangan saja tanpa menggunakan stylus pen). Cobalah menggunakan aplikasi google Handwriting ini.

Aplikasi Handwriting ini sudah tersedia secara free alias gratis pada Play Store. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Begini caranya :

  1. Install aplikasi pada playstore atau appstore.
  2. Kemudian setelah berhasil terpasang kamu sudah dapat menggunakan semua jenis fitur didalamnya.
  3. Nantinya aplikasi akan melakukan sinkronisasi pada aplikasi biasa yang kamu gunakan sehari-harinya.
  4. Kalau kamu ingin beralih dari keyboard Google handwriting pada keyboard yang saat ini digunakan, cukup tekan saja spasi yang lebih lama, maka secara otomatis muncul ada opsi untuk kembali pada keyboard standar.

Catatan tambahan: Aplikasi ini sudah di dukung lebih dari 82 bahasa seluruh dunia loh. Untuk pemasangan pastikan smartphone kamu sudah versi Android 4.0.3 atau yang lebih update.

5.Paintastic

Selanjutnya aplikasi menggambar di android tanpa pen ialah Paintastic. Paintastic yaitu sebuah aplikasi dimana kamu dapat menggambar melalui smarthphone. Kamu dapat membuat gambar berwarna, lukisan, melakukan desain, logo, greetings card, atau lainnya. Disini kamu bisa membuat sebuah sketsa atau melakukan gambar apapun.

6. PENUP

PENUP merupakan aplikasi seni buatan korea selatan yang diproduksi langsung oleh Samsung Electronics. Aplikasi ini juga sudah terbukti digunakan lebih dari 50 juta pengguna dan sudah menjadi aplikasi “rekomendasi”.

7. Ibis Paint

Terakhir, menggambar di handphone tanpa pen terbaru 2022 diisi oleh aplikasi sejuta seniman seni yaitu ibis paint. Salah satu aplikasi favorite editor seperti komikus ataupun artist seni lainnya. Cara menggambar melalui aplikasi ini juga terbilang mudah sekali. Sudah banyak fitur yang disediakan berserta jenis warna colornya. Kamu dapat melakukan pemasangan di appstore maupun playstore.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu unduh di playstore ataupun appstore. Selanjutnya, kita akan membahas teknik atau cara bagaimana melakukan sebuah sketsa atau gambar tanpa menggunakan stylush pen atau pulpen khusus gambar. Jadi kamu hanya cukup menggunakan modal jari tangan saja, sudah mulai penasaran? Langsung kita intip cara kerjanya:

Cara Menggambar di Smartphone Tanpa Menggunakan Puplen Khusus

Untuk menggambar, kamu bisa langsung melalui canvas pada aplikasi hanya menggunakan jari tangan saja. Tapi, jika kamu memiliki sebuah sketsa orinsil yang kamu gambar pada kertas dan memfotonya, kamu dapat memasukan foto tersebut ke dalam aplikasinya. Kita ambil contoh menggunakan aplikasi “Ibis paint.”

  1. Ambil beberapa potret gambar pada kertas yang sudah kamu lakukan pengambaran.
  2. Masuk ke dalam aplikasi ibis paint.
  3. Pilih opsi menu my gallery, kemudian akan tertera pilihan opsi “import picture.”
  4. Selanjutnya jika foto sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi tersebut, kamu bisa mengatur langsung tingkat kecerahan lightingnya sesuai dengan selera.
  5. Kemudian pindahkan layer foto pada layer paling pertama. Lalu, atur opasitasnya menjadi 40 hingga 50 %.
  6. Setelah itu gunakan layer kedua untuk membuat sebuah garis tepi.
  7. Lalu gunakan brush kuas dengan ukuran size 2.2 atau kamu dapat menyesuaikan sesuai keingan kamu.
  8. Kemudian kamu bisa langsung membuat line art dari awal hingga akhir, pastikan lakukan gambar secara perhalan agar stabilisatornya menyala.
  9. Hingga lakukan sampai tahap akhir.
  10. Kamu dapat melakukan sampai tahap coloring. Cara ini sebenernya seperti teknik mencopas atau copy paste saja tapi dibutuhkan kejelian mata yang baik agar gambar yang dilakukan secara utuh dan sempurna.
  11. Jika sudah selesai dan di rasa cukup, kamu bisa mensave gambar dengan cara klik tombol panah pada sebelah kiri, lalu tunggu sampai selesai dan pilih opsi titik tiga lalu pilih format penyimpanan yang diinginkan.

Baca Juga: 20 Cara Scan Gambar Menjadi PDF di HP Android

Banyak para pemula bingung dan bertanya bagaimana cara menggambar di HP? Apa aplikasi menggambar yang bagus dan lainnya. Sebenarnya mudah, anda tinggal masuk di playstore dan download aplikasi untuk menggambar. Bahkan ada beberapa aplikasi yang memiliki fitur menggambar di Hp tanpa menggunakan pen.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin