Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card Khusus Android

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card Khusus Android – Smartphone dengan basis operasi Android biasanya akan memiliki dua jenis penyimpanan yaitu penyimpanan internal dan eksternal. Ketika pengguna mendownload aplikasi datanya akan secara otomatis tersimpan ke memori internal ini. Namun penyimpanan internal biasanya orangnya sangat terbatas tidak seperti memori eksternal yang mudah di upgrade dan biasanya kapasitasnya lebih besar. Karena itu mengetahui cara memindahkan aplikasi ke memori card akan sangat berguna bagi para pengguna android.

Pasalnya, memori card sebagai penyimpanan eksternal memang biasanya lebih besar kapasitasnya daripada memori internal. Pemindahan ini juga akan meringankan beban kerja smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkah memindahkan aplikasi ke memori card khusus untuk smartphone Android:

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card Khusus Android

1. Membuka Menu Pengaturan

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card

Hal pertama yang perlu pengguna Android lakukan adalah membuka menu ‘Pengaturan’ pada smartphone Android. Jika smartphone diatur dalam Bahasa Inggris maka menu ini akan menjadi ‘Settings’. Pada menu ini cari  pilihan ‘Perangkat’ atau ‘Devices’ di beberapa smartphone menu ini bernama ‘Pengaturan Perangkat’.

Pada menu tersebut akan ada pilihan menu lagi yang memuat managerial isi perangkat smartphone termasuk memori penyimpanan dan aplikasi yang sudah dipasang. Scroll menu sampai menemukan menu ‘Aplikasi’ atau di beberapa smartphone bernama ‘Manager Aplikasi’ atau ‘Kelola Aplikasi’

2. Memilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card

Pada menu ‘Manager Aplikasi’ ini pengguna akan menemukan daftar aplikasi yang sudah di download dan di install di perangkat smartphone. Pada pengaturan ini settings aplikasi bisa diatur mulai dari notifikasi, pengaturan penggunaan internet pada aplikasi, dan tentu saja posisi penyimpanan aplikasi tersebut. Cari aplikasi yang memang sekiranya membebani perangkat jika disimpan di penyimpanan internal. Ada baiknya jika aplikasi yang dipindahkan adalah aplikasi tambahan yang didownload dari Play Store. Bukan aplikasi bawaan yang sudah ada pada smartphone android sebelumnya.

3. Ketuk Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Langkah selanjutnya dari cara memindahkan aplikasi ke memori card adalah membuka pengaturan aplikasi yang ingin dipindahkan. Ketuk ikon aplikasi pada daftar aplikasi sebelumnya maka pengguna akan dibawa pada pengaturan aplikasi tersebut pada perangkat. Pada bagian bawah daftar pengaturan aplikasi biasanya akan ada pengaturan aplikasi untuk notifikasi, penggunaan internet, penggunaan baterai, dan kelola penyimpanan. Klik pada bagian ‘Kelola Penyimpanan’ di beberapa smartphone pengaturan ini hanya akan bernama ‘Penyimpanan’ saja.

4. Mengubah Penyimpanan yang Digunakan

Pengguna akan di bawah pada pengaturan penyimpanan aplikasi yang dipilih. Pada menu selanjutnya akan ditunjukan berapa ukuran aplikasi, data yang disimpan, dan tentu saja di mana aplikasi ini disimpan. Pada sisi kiri daftar biasanya akan ada tombol ‘Pindah ke Kartu SD’ yang tinggal di klik oleh pengguna. Namun di beberapa smartphone android tombol ini bertuliskan ‘Ubah’ .

5. Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Card, Pilih kartu SD sebagai Sasaran Penyimpanan yang Baru

Jika tombolnya adalah ‘Pindah ke Kartu SD’ maka pengguna tinggal menunggu saja sampai proses selesai maka aplikasi sudah berpindah ke memori card. Namun jika tombol bertuliskan ‘Ubah’ maka pengguna selanjutnya pengguna diminta memilih memori sasaran penyimpanan aplikasi. Pada tahap ini pilihlah kartu SD atau memori card sebagai sasaran penyimpanan aplikasi.

Itulah cara memindahkan aplikasi ke memori card khusus pada smartphone Android. Perlu diingat pemindahan ini bukan berarti aplikasi sudah dipindah sepenuhnya ke memori card. Data yang dipindah hanya sebagian saja, masih ada data aplikasi yang tertinggal di memori internal  untuk memaksimalkan penggunaan. Setelah dipindahkan itu artinya aplikasi baru bisa digunakan jika kartu memori terpasang dan jika tidak, maka aplikasi tidak bisa digunakan sepenuhnya.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone!

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − four =