18 Cara Bayar Pakai QRIS BCA Dengan Mudah Terbaru 2022

Cara Bayar Pakai QRIS BCA Dengan Mudah Terbaru 2022 – Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu jenis bank swasta yang terbesar di Indonesia. Sebagai bank terbesar, tentunya BCA akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah. Salah satu layanan yang mereka tawarkan adalah fitur BCA QR Code yang memudahkan  nasabah melakukan pembayaran cashless melalui merchant QRIS yang terafiliasi dengan BCA.

QRIS BCA sendiri bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis kebutuhan kamu baik secara online maupun offline. Nah, pembahasan kali ini akan memandu Kamu cara pembayaran dengan QRIS BCA. Saat ini juga masih banyak dari beberapa nasabah BCA yang ingin membayar dengan QRIS tetapi masih bingung bagaimana menggunakannya.

Jadi tidak ada salahnya  untuk mengetahui cara menggunakan QRIS BCA. Demikian disampaikan pada kesempatan  ini beserta informasi lainnya seperti Cara bayar pakai QRIS BCA dan beberapa informasi terkait dengan QRIS BCA.

Cara Bayar Pakai QRIS BCA Dengan Mudah Terbaru 2022

Apakah QRIS BCA itu?

QRIS BCA sendiri merupakan metode transaksi yang menggunakan kode QR standar Indonesia yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Cukup scan barcode dan bayar dengan BCA Mobile banking di toko/POS manapun yang sudah berlogo QRIS, jadi lebih simpel dan mudah.

Sebagai salah satu sistem pembayaran yang dapat digunakan untuk mempermudah transaksi dengan berbagai platform, QRIS BCA memiliki karakter UNGGUL, yang artinya:

  • Universal: QRIS BCA menerima jenis pembayaran apapun dengan satu QR code, sehingga tidak butuh berbagai macam aplikasi pembayaran. Cukup gunakan BCA Mobile Banking saja, kamu sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi sesuai kebutuhan kamu.
  • Gampang: Pembayaran dengan QRIS BCA sangatlah mudah, yaitu kamu hanya perlu melakukan pemindaian QR code yang ada dan dalam satu kali scan, pembayaran sudah selesai dilakukan.
  • Untung: bagi kamu yang menjadi Merchant dan pengguna hanya membutuhkan satu jenis QR code sehingga tidak perlu beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda. Jadi, transaksi akan menjadi lebih menguntungkan dan mempermudah satu sama lain, Bukan?
  • Langsung: Pembayaran digital menggunakan QR code dapat diproses secara langsung saat itu juga. Tanpa perlu menunggu waktu lama, proses pembayaran kamu sudah terlaksana dengan lancar.

Hal yang Perlu Diketahui dari QRIS BCA

Sebelum kamu melangkah menuju cara bayar pakai QRIS BCA, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai QRIS BCA. Beberapa hal tersebut diantaranya:

  • Proses transaksi di toko/POS/Merchant QRIS tidak akan dipungut biaya.
  • Proses transaksi menggunakan kode QR akan secara  otomatis menguras saldo akun Kamu dan tidak memerlukan dana tambahan secara offline.
  • Semua toko/merchant yang telah memiliki logo QRIS dapat menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran apapun yang tersambung ke QRIS BCA.
  • Limit harian kode QR  perangkat mobile BCA adalah limit kartu debit ATM BCA.
  • Limit transaksi yang bisa kamu lakukan maksimal dibatasi hingga Rp10.000.000.
  • Limit harian menggunakan total limit  kartu debit yang terdaftar di BCA Mobile

Cara Bayar pakai QRIS BCA

Jika ingin mencobanya, berikut cara bayar dengan kode QR  BCA saat berbelanja atau bersantap offline.

  • Kunjungi toko offline dan beli sesuai kebutuhan.
  • Buka aplikasi BCA mobile untuk bertransaksi.
  • Kemudian buka fitur QR code di aplikasi BCA Mobile (tengah bawah).
  • Kemudian pindai kode QRIS yang tersedia di loket tiket, taksi, dll.
  • Konfirmasi nama penerima pembayaran dan masukkan jumlah transaksi.
  • Masukkan PIN m-BCA Kamu dan transaksi akan berhasil.
  • Nasabah Bank BCA dapat dengan mudah membayar dengan kode QR  BCA.

Atau, jika kamu sudah memiliki QR code dari penjual yang bertransaksi dengan kamu, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

  • Hidupkan ponsel Kamu dan login ke aplikasi M-BCA seperti biasa.
  • Selanjutnya kamu cukup Klik tab QRIS pada bagian tengah menu di sisi bawah.
  •  Klik ikon foto  di  kanan bawah
  •  Pilih galeri foto
  •  Pilih foto kode QRIS dari galeri ponsel Kamu
  •  Kemudian detail merchant akan ditampilkan secara otomatis untuk mengkonfirmasi kebenarannya
  •  Masukkan jumlah di  kolom pengisian nominal yang ingin kamu bayarkan.
  •  Klik Oke
  •  Klik  tombol OK lagi
  •  Masukkan PIN M-BCA

Cara Daftar Merchant QRIS BCA

Sebagai  bank dengan jumlah nasabah yang banyak, BCA juga menawarkan fungsionalitas kode QR bagi merchant untuk memudahkan transaksi. Jika Kamu  ingin mendaftar sebagai Dealer QRIS BCA,  ikuti langkah-langkah berikut:

Gunakan browser ponsel atau laptop Kamu untuk mengunjungi website QRIS BCA di Daftar Disini. Kemudian gulir ke bawah hingga Kamu melihat menu Dapatkan Produk. Untuk mendaftar, klik Daftar Sekarang. Selanjutnya, Kamu akan diminta untuk memasukkan data yang diperlukan ke dalam formulir aplikasi QRIS statis. Setelah selesai mengisi data, Kamu bisa langsung mengklik tombol “Daftar”. Kemudian ikuti petunjuk yang direkomendasikan.

Setelah menyelesaikan pendaftaran kode QR BCA di atas, kami tunggu kabar dari BCA. Persetujuan biasanya membutuhkan waktu kurang dari 5 hari kerja.

Keuntungan Menggunakan QRIS BCA Bagi Pelanggan dan Konsumen

1. Keamanan transaksi yang terjamin

Keunggulan QRIS sebagai metode pembayaran menjamin keamanan transaksi jual beli Kamu. Karena prinsip  memindai kode QR untuk membayar mirip dengan mentransfer saldo antar akun.

Umumnya, semua transaksi yang dilakukan dengan QRIS memerlukan PIN atau kode untuk otorisasi. Semuanya direkam secara online sehingga Kamu dapat melaporkan setiap transaksi yang tidak biasa ke penyedia layanan Kamu.

2. Mencegah adanya penerimaan uang palsu

Keuntungan lain menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran di toko adalah perlindungan terhadap penipuan. Salah satu bentuk penipuan yang banyak digunakan oleh penjual adalah membayar dengan uang palsu.

Menggunakan QRIS untuk perdagangan membuat bisnis Kamu lebih aman dengan menghindari peredaran mata uang palsu yang berbahaya.

3. Metode pembayarannya lebih bervariatif

Selain itu, keunggulan lain dari QRIS adalah memungkinkan pelanggan untuk memilih  metode pembayaran yang berbeda. Jadi Kamu dapat membayar pesanan Kamu sesuai dengan aplikasi uang Kamu selama didukung oleh QRIS.

Di era digital saat ini, mayoritas pelanggan lebih memilih pembayaran non tunai. Apakah Kamu berbelanja online atau secara langsung di toko alat tulis.

Banyak orang telah pindah ke cashless, sehingga cukup sulit untuk membayar  tunai.  Dengan bantuan QRIS, melakukan transaksi jual beli juga menjadi lebih mudah dan nyaman.

4. Proses jual-beli yang lebih mudah

Keuntungan lain menggunakan QRIS  sebagai metode pembayaran adalah membuat proses jual beli menjadi lebih efisien. Ini karena Kamu tidak perlu mendaftar ke pedagang yang berbeda untuk menawarkan sistem pembayaran yang berbeda.

Jadi Kamu hanya perlu mendaftar sekali dan mulai menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran apa pun yang mendukung QRIS. Hanya dengan satu kode QR yang diterima dari QRIS, penjual dapat menggunakannya untuk menerima berbagai metode pembayaran.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki lebih dari 38 layanan dompet digital berlisensi resmi  yang mendukung pembayaran melalui QRIS.  Tampilan mesin kasir juga lebih simpel dan elegan, tidak terbebani kode QR yang biasanya terpampang di beberapa tempat.

5. Transaksi menjadi lebih cepat

Salah satu keunggulan QRIS adalah mempercepat proses transaksi. Hal ini karena QRIS menghilangkan kebutuhan nasabah untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar. Penjual, di sisi lain, tidak perlu  mencari perubahan dalam transaksi jual beli.

Baca Juga: Kode Bank BCA, Cara Kirim Uang Via ATM Hingga SMS Banking

Metode cashless QRIS ini membuat proses pembayaran  menjadi lebih mudah dan cepat selama Kamu memiliki koneksi internet. Pelanggan cukup memindai kode QRIS di aplikasi yang didukung, memasukkan jumlah pembayaran dan menyelesaikan pembayaran.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin