15 Cara Cek Nama Penerima Bansos PKH Online Lewat HP Terbaru 2022

Cara Cek Daftar Nama Penerima Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) Terbaru 2022 Memalui Online Lewat HP atau Langsung ke Kantor Desa – Program Keluarga Harapan atau PKH 2022 merupakan salah satu program kesejahteraan sosial yang kabarnya masih  disalurkan oleh pemerintah Indonesia  bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

Bansos PKH, Bansos Keluarga Harapan

Apa Itu Bantuan PKH?

Bantuan Sosial PKH 2022 terbagi dalam beberapa jenjang penyaluran dan disalurkan mulai  Januari 2022. Bantuan Sosial PKH 2022 dibagi menjadi empat tahap dan akan dibayarkan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober 2022. Pemerintah dan Kementerian Sosial akan mengakhiri Bantuan Sosial PKH pada Desember 2022.

Namun, saat ini dilaporkan Program Bantuan Sosial PKH Tahap 3 akan berlangsung hingga  Agustus 2022. Selain itu, untuk menjadi salah satu penerima Bantuan Sosial PKH dari Kementerian Pemerintah dan Sosial, sebuah kota harus terlebih dahulu terdaftar dalam program DTKS Kementerian Sosial.

Untuk mendaftar di Dinas Sosial DTKS, masyarakat harus mendaftar secara online atau  melalui dinas sosial (Dinas Sosial, Kecamatan/Kelurahan, RT/RW Setempat. Sedangkan untuk pendaftaran DTKS Kemensos secara online, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi “Verifikasi Kemensos” di Google Play Store dan memasukkan data diri yang diminta sesuai ID masing-masing.

Bagi kamu yang belum tahu, saya akan memperkenalkan cara cek kesejahteraan PKH. Mengingat  Program Keluarga Harapan Bantuan Sosial (PKH) sekarang sudah masuk Tahap 3. Verifikasi nama penerima Program Bansos PKH 2022 dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website resmi Cek Bansos.kemensos.go.id.

Melalui tautan di website ini Kamu bisa langsung mengecek nama Penerima Bantuan Sosial PKH 2022 untuk mengetahui apakah Kamu  terdaftar sebagai Penerima Bantuan Sosial di DTKS Kemensos. Oleh karena itu, artikel tentang Verifikasi Bantuan Sosial menjadi sangat penting. Bagaimana? Silakan simak selengkapnya di bawah ini.

Kategori Utama Penerima Bansos PKH

Kategori utama masyarakat yang mendapatkan bantuan social jenis ini atau seriing disebut KPM PKH, terdapat tiga komponen utama yang membuat pembagian jumlah bansosnya berbeda-beda. Diantaranya adalah:

1. Komponen Ranah Kesehatan

  • Kategori ibu hamil dengan jumlah kehamilan maksimal dua kali kehamilan. Dukungan yang diterima sebesar Rp 3 juta per tahun atau Rp 750.000 per tahap pencarian.
  • Kategori anak berusia dini dengan usia minimal 0 tahun maksimal 6 tahun. Maksimal jumlah anak adalah 2 anak. Dukungan yang akan diterima sebesar Rp 3 juta atau Rp 750.000 per tahun.

2. Komponen Ranah Pendidikan

  • Kategori Pendidikan setingkat SD atau MI, dengan usia antara 6 tahun hingga 21 tahun yang belum menyelesaikan Pendidikan wajib 12 tahun. Dukungan yang diterima sebesar Rp 900.000 per tahunnya.
  • Kategori Pendidikan setingkat SMP atau MTS. Dukungan bantuan yang akan diterima sebesar Rp 1,5 juta per tahunnya.
  • Kategori Pendidikan setingkat SMA atau MA. Dukungan bantuan yang akan diterima sebesar Rp 2 juta per tahunnya.

3. Komponen Ranah Kesejahteraan Sosial

  • Kategori orang lanjut usia, dengan usia minimal 70 tahun dan maksimal terdapat satu lansia dalam satu keluarga. Dukungan bantuan yang akan diterima sebesar Rp 2,4 juta pertahunnya atua setara dengan Rp 600.000 untuk per bulannya.
  • Kategori penykamung disabilitas dengan berat maksimal terdapat satu orang saja dalam keluarga yang menykamung disabilitas fisik dan penykamung disabilitas mental. Dukungan yang akan diterima sebesar Rp 2,4 juta per tahun atau Rp 600.000 per bulannya.

Sebagai bahan acuan, Bantuan Sosial PKH sendiri merupakan bantuan negara yang disalurkan setiap tiga bulan atau dibagi dalam empat tahap dalam setahun, yaitu  Januari, April, Juli dan Oktober. Dan kemudian pada akhir Juli, fase 3 terjadi.

Tujuan Adanya Bansos PKH

Pemerintah membuat suatu program tentu berdasarkan tujuan tertentu yang ingin diraih demi kemajuan negaranya. Tujuan diadakannya program bantuan sosial PKH tidak lain tidak bukan diantaranya untuk:

  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui akses terhadap layanan pada ranah pendidikan, ranah kesehatan dan ranah kesejahteraan sosial;
  • Mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan negara;
  • Mendorong adanya perubahan perilaku dan memberdayakan keluarga dalam hal penerima manfaat;
  • Mengurangi tingkat kemiskinan pada masyarakat termasuk permasalah pada keuangan masyarakat.

Cara Daftar Bansos PKH Online Melalui Aplikasi

Di sisi lain, bagi mereka yang tidak menerima bantuan sosial jenis ini dapat mengajukan atau mencalonkan diri sebagai penerima bansos PKH. Untuk mendaftarkan diri kamu ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan diantaranya:

  • Pertama-tama kamu bisa mendownload aplikasi bernama cek bansos di Playstore. Jika sudah kamu bisa melakukan installing aplikasi pada smartphone kamu .
  • Kemudian kamu bisa melanjutkan ke tahap login ke akun kamu.
  • Jika sudah bisa log in kamu tinggal mengklik tab menu Suggestion List pada beranda aplikasi yang masuk ke akun kamu.
  • Apabila nama kamu belum masuk ke dalam list yang memperoleh bantuan sosial PKH, kamu bisa menambahkan saran untuk mendaftarkan diri, anggota keluarga, atau komunitas lain dengan cara mengklik tab Tambahkan Saran.
  • Data yang berhasil diusulkan akan memunculkan sejumlah data seperti nama yang terdata di Dukcapil, NIK, dan lokasi pemohon yang sama dengan lokasi pada kartu keluarga.
  • Jika pemohon mengajukan anggota keluarganya sendiri, statusnya adalah 1 KK. “Bidang” dari menu yang diusulkan diisi.
  • Semua data harus dimasukkan sesuai dengan data kependudukan. Jika NIK yang Kamu masukkan sesuai dengan data Dukcapil, Kamu akan disajikan menu Pilih Bansos.
  • Jika semua tahapan sudah kamu lalui, maka kamu tinggal menunggu hingga proses pembayaran bansos berlangsung.

Cara Cek Bansos PKH Online Lewat HP Melalui Website

Jika kamu ingin melakukan pengecekan pada bansos PKH maka satu-satunya dokumen penting yang harus kamu bawa dan kamu genggam adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP ini nantinya akan digunakan sebagai referensi data sebelum mengakses tautan.

Untuk mengaksesnya ada beberapa tahapan yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Bukalah mesin pencari kamu atau browser dan pada kolom pencarian silakan masukkan link cek bansos berupa kemensos.go.id.
  • Silakan gunakan KTP kamu sebagai dokumen sumber untuk mengisi data-data yang diperlukan.
  • Selanjutnya, masukkan alamat tempat kamu tinggal berdasarkan yang sudah tercantum pada KTP yang dimulai dengan provinsi, kabupaten, kecamatan dan diakhiri dengan nama desa.
  • Silakan tulis nama lengkap Kamu. Sesuaikan dengan yang tertera di KTP.
  • Masukkan kode 8 karakter yang sesuai dengan gambar yang ditampilkan.
  • Setelah semua kolom yang tersedia sudah diisikan dengan benar, kamu bisa memilih tab Cari Data.
  • Jika Kamu memasukkan data secara lengkap dan benar, nanti akan secara otomatis muncul informasi berupa nama penerima bantuan sosial, umur, jenis bansos yang diterima dan periode penyaluran jika Kamu terdaftar sebagai penerima bansos PKH.

Cara Cek Bansos PKH Online Melalui Aplikasi

Selain menggunakan website untuk mengecek bansos PKH, Kamu juga bisa mengecek Bansos PKH melalui sebuah aplikasi bernama Cek Bansos di smartphone Kamu. Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pengecekan pada aplikasi Cek Bansos.

  • Download aplikasi resmi “Aplikasi Cek Bansos” dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang sudah tersedia di Google Playstore.
  • Pilih tab Buat Akun Baru dan isi kolom yang tersedia seperti halnya Nomor Kartu Keluarga (KK), NIK dan data Untuk memudahkan kamu dalam memasukkan data yang dibutuhkan, akan lebih baik jika kamu sudah menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebelum melakukan pembuatan akun.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk memfotokan KTP dan foto kamu secara pribadi menyertakan KTP di tangan kamu.
  • Jika berhasil dilakukan, maka data tersebut akan secara langsung diverifikasi oleh Kementerian Sosial.
  • Setelah data Kamu divalidasi, akun atau userID pengguna Kamu akan diaktifkan dan Kamu sudah dapat mengakses beberapa menu salah satunya adalah menu yang kamu butuhkan pada aplikasi Cek Bansos.
  • Kemudian kamu bisa melakukan login untuk masuk ke akun kamu dengan username dan password yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Lalu, pilih menu “Cek Bansos” dan lengkapi data kamu sesuai dengan yang ada pada KTP Kamu.
  • Klik “Pencarian Data” untuk menampilkan data kamu lengkap dengan status data penerima manfaat kesejahteraan.

Baca Juga: 20 Cara Cek Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2022 Terbaru

Demikianlah serangkaian informasi mengenai cara cek bansos PKH. Meskipun tidak begitu rumit tak jarang masih ada diantara kamu yang kebingungan bagaimana langkah yang harus diambil untuk mengeceknya. Semoga pembahasan kali ini benar-benar bermanfaat untuk kamu ya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin