Cara Kompres Video Online

5 Cara Kompres Video Online Jadi Lebih Kecil

5 Cara Kompres Video Online Jadi Lebih Kecil – Saat ini video menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Video kini tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan semata namun juga untuk berbagai keperluan lain semisal edukasi, konten hiburan, dan bahkan juga untuk konten-konten promosi suatu produk/jasa.

Namun di balik pemanfaatannya yang terbilang cukup luas tersebut, terkadang tersimpan kendala yang membuat penggunaan video menjadi kurang optimal. Salah satunya adalah ukuran video yang terlalu besar sehingga sangat memakan kapasitas penyimpanan pada berbagai macam gadget seperti komputer, laptop, dan bahkan juga smartphone.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menggunakan teknik yang dikenal dengan kompres video. Bagi Anda yang belum familier, kompres video merupakan suatu teknik yang bertujuan untuk bisa memperkecil ukuran video dengan menggunakan video compressor secara online ataupun menggunakan perangkat lunak yang digunakan secara offline.

Cara Kompres Video Online Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya mengenai cara memperkecil ukuran video secara online, berikut adalah beberapa alternatif cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Kompres Video Online Menggunakan Situs YouCompress

Salah satu cara kompres video online yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih adalah dengan memanfaatkan situs YouCompress. Situs online yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran file video ini bisa digunakan kapan saja secara mudah dan praktis dengan hanya memanfaatkan koneksi internet.

Selain mudah digunakan, hasil kompres video yang dihasilkan pun sangat baik. Video yang Anda miliki bisa terkompres hingga mencapai 80% dengan tanpa mengurangi kualitas tampilan resolusi video.

Untuk mengecilkan ukuran video dengan menggunakan YouCompress, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Kunjungi situs YouCompress dari browser yang ada di perangkat Anda.
  • Setelah terbuka, silakan klik pada bagian tombol “Select File” kemudian silakan Anda bisa memilih video yang ingin dikompres.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dilakukan. Proses upload video ini bersamaan sekaligus dengan proses kompresnya.
  • Setelah proses kompresi selesai dilakukan, silakan Anda bisa mengunduh file video yang Anda kompres tersebut.

Mengubah Ukuran Video Menggunakan Situs VideoSmaller

Cara kompres video online yang bisa digunakan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan situs kompresi VideoSmaller yang bisa diakses dengan menggunakan browser yang ada di perangkat yang Anda miliki.

Lewat situs kompres video yang satu ini, Anda bisa mengecilkan ukuran file video dengan tanpa harus mengurangi kualitas video yang dihasilkan. Dengan menggunakan situs ini, Anda bisa memperkecil ukuran file video hingga 500 MB.

Kalau Anda ingin mengecilkan ukuran video secara online dengan menggunakan situs VideoSmaller, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

  • Langkahh pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs VideoSmaller dengan menggunakan browser yang ada di perangkat yang Anda miliki.
  • Setelah terbuka, kemudian silakan pilih “Browse” untuk memilih dan menentukan video yang ingin Anda kompres.
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengatur pilihan kualitas kompresi video sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika sudah, Anda bisa klik pada bagian tombol “Upload Video”.
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai dilakukan. Setelah selesai, Anda bisa klik “Unduh Video” untuk mengunduh video hasil kompresi yang Anda miliki tersebut.

Berbekal dengan beberapa langkah mudah yang telah disampaikan tersebut, Anda pun bisa mengecilkan ukuran file suatu video secara mudah dengan menggunakan VideoSmaller.

Cara Kompres Video Online Jadi Lebih Kecil

Cara Kompres Video Menggunakan Situs Online Aconvert

Pilihan situs online yang bisa digunakan untuk mengompres video adalah Aconvert. Situs yang satu ini menawrakan cukup banyak fitur-fitur kompress yang bisa dinikmati. Selain bisa digunakan untuk melakukan kompres video secara online, situs ini juga bisa digunakan untuk kompres file pdf, dokumen, image, audio, dan lain sebagainya.

Selain itu, situs kompres video yang satu ini juga sudah mendukung berbagai macam jenis file video mulai dari MP4, MPG, AVI, MKV, dan lain sebagainya sehingga Anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat kompres video yang lengkap.

Sebagai informasi, berikut adalah cara kompres video online lewat situs Aconvert yang perlu Anda ketahui.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar bisa mengecilkan ukuran video adalah dengan mengunjungi situs aconvert langsung dari browser yang Anda miliki.
  • Setelah itu, silakan pilih “Convert Video Online”.
  • Kemudian silakan Anda bisa pilih video yang akan dikompres. Kemudian pada kolom options, silakan ganti ke Change Size dan sesuaikan pengaturannya dengan video yang ingin Anda hasilkan.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa tekan Convert Now dan tunggu hingga proses selesai dilakukan.
  • Setelah semua proses selesai dilakukan, silakan Anda bisa tekan tombol Download untuk menyimpan video hasil kompresi tersebut.

Mengurangi Ukuran Video Menggunakan Situs Ezgif

Cara kompres video online yang bisa digunakan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan situs Ezgif. Selain mudah digunakan, Ezgif ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur penting yang cukup lengkap untuk menunjang proses kompresi video Anda.

Jika Anda ingin melakukan kompresi video dengan menggunakan situs Ezgif, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Dengan menggunakan browser dari perangkat yang Anda miliki, silakan buka situs resmi dari Ezgif.
  • Setelah terbuka silakan pilih video yang akan dikompres dengan menekan tombol Browse File.
  • Setelah itu silakan amsukkan pengaturan resoles video yang diinginkan. Jika sudah, silakan Anda tekan tombol Resize dan kemudian tunggu hingga proses kompresi tersebut selesai dilakukan.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung mengunduh video hasil kompresi tersebut ke perangkat yang Anda miliki.

Kompres Video Online Dengan Situs Clipchamp

Pilihan lain yang bisa digunakan untuk mengompres video secara online adalah ClipChamp yang menawarkan kemampuan mengompres file video berukuran besar secara lebih efektif dan efisien.

Dengan menggunakan ClipChamp, memungkinkan Anda untuk bisa melakukan kompresi video secara cepat dan kemudian menyimpan video tersebut di perangkat yang Anda miliki ataupun membagikannya secara langsung ke media sosial yang Anda miliki.

Untuk menggunakan ClipChamp, caranya pun relatif cukup mudah dan Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Kunjungi situs clipchamp lewat browser yang ada di perangkat Anda. Kemudian login ataupun register ke dalam platform tersebut (terdapat pilihan paket free hingga berbayar yang bisa Anda pilih).
  • Setelah berhasil masuk, Anda pun bisa mengunggah video yang akan dikompres ke Dashboard ClipChamp Utilities.
  • Kemudian silakan Anda bisa pilih pengaturan yang tersedia dan juga direkomendasikan. Jika sudah, silakan Anda bisa klik Mulai untuk menginisiasi proses kompresi video Anda.
  • Tunggu beberapa saat dan setelah proses kompresi selesai dilakukan, maka Anda bisa mengunduh video tersebut ataupun membagikannya ke media sosial yang dimiliki.

Demikianlah beberapa cara kompres video online secara mudah yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya beberapa langkah mudah yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin mencari cara mengompres video secara mudah dan juga praktis.

5/5 - (127 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 + fourteen =