19 Cara Melaporkan Penipuan Online Ke Bank BTPN

Cara Melaporkan Penipuan Online Ke Bank BTPN – Dewasa ini penipuan dengan modus hadiah, giveaway, doorprize, atau pemenang undian di bank memang makin marak terjadi. banyak masyarakat yang melaporkan penipuan online kepada pihak berwenang seperti polisi dan bank BTPN tanpa mereka sadari itu merupakan kelalaian sendiri.

19 Cara Melaporkan Penipuan Online Ke Bank BTPN

Penyebab Terjadinya Penipuan Online

Apa yang menyebabkan terjadinya penipuan online? Berikut penjelasannya:

1. Kesadaran Pelaku

Yang pertama tentunya menyangkut iman dan kesadaran dari pelaku itu, penurunan ekonomi saat ini tentunya semakin membuat sebagian oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan sebuah kejahatan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Korban Kurang Waspada

Kedua adalah dari pihak korban, sebagian besar penipuan online terjadi karena lemahnya logika korban itu sendiri. Yang secara langsung merasa bahagia karena mendapat hadiah mobil atau uang dari sebuah bank, padahal hal itu belum pasti kebenarannya.

3. Kebocoran Data

Kebocoran data adalah manipulasi dan bocornya data pribadi yang akan menimbulkan korban. Pernahkah kamu mengunjungi sebuah link dan diminta memasukan data pribadi yang bersifat privasi? Hati-hati hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penipuan secara online.

Penipu pada umumnya akan mengumpulkan data kamu di media sosial sebelum melancarkan aksinya, oleh karena itu, pastikan selalu berhati-hati dalam input data di internet.

Di atas kamu sudah mengetahui penyebab secara umum adanya penipuan online.

Cara Mencegah Terjadinya Penipuan Online

Berikut kita akan bahas cara mencegah penipuan online:

1. Cek Sumber Yang Valid

Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan saat menerima pesan hadiah atau giveaway adalah dengan cek kebenaran di akun atau situs terkait. Pasalnya banyak yang menggunakan nama tokoh untuk menjadi senjata penipuan online agar lebih dipercaya.

2. Cek Apakah Pernah Ikut Giveaway Atau Undian Semacamnya

Jika kamu menerima pesan bahwa kamu sebagai pemenang giveaway sebaiknya kamu ingat-ingat kembali, apakah pernah ikut giveaway sebelumnya. Jika tidak berarti bisa dipastikan itu adalah penipuan!

3. Hindari Data Sembarangan

Era ini kerahasian data merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan! Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menyebar virus melalui link atau iklan yang mereka pasang dan banyak juga yang menggunakan form survei data untuk mengumpulkan data yang kemudian akan disalah gunakanan.

Ciri-Ciri Penipuan Secara Online

Lalu Bagaimana Ciri-Ciri Penipuan Secara Online? Penipuan online memiliki beberapa ciri yang mudah untuk kamu kenali dan mungkin pernah kamu temui. Berikut penjelasannya:

1. Pesan Singkat dan Tidak Jelas

Ciri yang paling umum penipuan secara online adalah pesan yang dikirim, biasanya pesan tersebut banyak menggunakan singkatan dan isi yang tidak jelas dengan iming-iming hadiah yang besar.

2. Tidak Ada Keterangan Resmi Dari Instansi Atau Orang Terkait

Pesan penipuan biasanya hanya mencamtumkan nama orang atau instansi saja tanpa ada embel-embel yang jelas dan bisa terpercaya.

3. Pesan Hanya Sekali

Terakhir adalah pesan dikirim hanya sekali dan pasti berisi narahubung yang harus kamu hubungi. Jika kamu penerima giveaway atau undian sah, kamu akan diumumkan di media sosial atau diundang langsung untuk mengambil hadiah dengan pemberitahuan berupa surat dari pos.

Sebagian masyarakat masih kebingungan untuk melaporkan kasus penipuan online ke polisi atau bank BTPN, apa itu BTPN? Merupakan bank hasil penggabungan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

Bank ini menangani berbagai macam penanganan tentang usaha mikro swasta dan UMKM. Kamu bisa mengajukan pelaporan ke call center di 1500 300 jika kamu menggunakan XL kamu bisa menghubungi 08176500300 sedangkan jika menggunakan kartu telkomsel bisa menghubungi 08116500300 atau bisa kirim dengan menggunakan gmail di  [email protected] atau [email protected]

Cara Daftar Akun Jenius Bank BTPN

Agar lebih memudahkan kamu dalam mengajukan pelaporan penipuan online di bank BTPN sebaiknya kamu Mendaftar Akun Jenius Bank BTPN. Berikut cara daftarnya:

  • Unduh Aplikasi Jenius di App Store atau Google Play Store
  • Siapkan data untuk registrasi seperti KTP atau Kartu keluarga
  • Masuk ke laman resmi bank BTPN
  • Masukkan data resmi sesuai dengan perintah di kolom yang tersedia
  • Gunakan photo KTP yang jelas saat scan
  • Pilih nama nama untuk @Cashtag dan juga untuk Kartu Debit Jenius
  • Buat sandi atau password akun kamu dengan menggunakan kombinasi dari angka, huruf, atau simbol
  • Setelah itu klik “Aktivasi sekarang” kamu bisa melakukan aktivasi dengan video call atau datang secara langsung ke bank BTPN terdekat
  • Jika kamu memilih langsung ke bank, disana juga akan diarahkan untuk aktivasi menggunakan video call juga.
  • Pastikan saat melakukan aktivasi akun jenius BTPN jaringan internet kamu stabil
  • Jika akun jenius kamu sudah aktif kamu bisa juga menggunakan kartu debit m-Card atau memesan pembuatan kartu debit x-Card dari aplikasi Jenius.

Cara-Cara Melaporkan Penipuan Online ke Bank BTPN

1. Cara Melaporkan Penipuan ke Bank BTPN

  • Jika kamu salah satu korban penipuan online sebaiknya simpan bukti percakapan antara kamu dan pelaku.
  • Simpan segala data yang kamu ketahui tentang pelaku misal, rekening atau situs website.
  • Siapkan data yang dibutuhkan untuk mengajukan pelaporan seperti KTP atau rekening.
  • Kamu bisa membawa semua bukti yang kamu ketahui ke BTPN terdekat.

2. Cara Melaporkan Rekening Penipuan Yang Menggunakan Bank BTPN

Untuk alur sangat mudah kok dalam melaporkan rekening penipuan yang menggunakan bank BTPN pada saat transaksi. Berikut langkahnya :

  • Siapkan data yang dibutuhkan untuk mengajukan pelaporan seperti KTP atau rekening.
  • Gunakan nomor telepon dan alamat email aktif saat melapor.
  • Simpan segala data yang kamu ketahui tentang pelaku misal, rekening atau situs website.
  • Simpan bukti percakapan lengkap dengan pelaku (WA, SMS).
  • Bukti kerugian yang kamu alami misal, transfer uang ke rekening.

3. Cara Blokir Rekening Penipuan di BTPN

Setelah kamu berhasil melaporkan pelaku, dan kamu memiliki pikiran untuk memblokir rekening pelaku penipuan online, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Hubungi call center resmi bank BTPN di 1500 300 untuk melaporkan
  • Simpan segala bentuk transaksi antara kamu dan penipu
  • Siapkan data penipu dengan lengkap seperti nama pemilik, nomor rekening, nomor telepon dan Email/lapak online.
  • Bawa ke bank BTPN terdekat
  • Di bank, lengkapi syarat yang ditentukan
  • Setelah itu serahkan syarat yang sudah kamu lengkapi ke petugas bank
  • Tunggu proses selesai
  • Jika pengajuan kamu diterima secara langsung bank BTPN akan memblokir akun penipu dan dana kamu akan dikembalikan

4. Cara Membekukan Rekening Pelaku Penipuan di Bank BTPN

Bagaimana sih cara membekukan rekening pelaku penipuan online di Bank BTPN? Simak cara berikut di bawah ini:

  • Yang pertama yang harus kamu perhatikan adalah bukti atau segala data yang kemungkinan dibutuhkan seperti Kartu identitas kamu (foto KTP), Nomor handphone kamu, Alamat email aktif kamu, Data pelaku penipuan (nama lengkap dan juga nomor rekening Bank BTPN yang ia gunakan), Bukti komunikasi dengan penipu (WhatsApp, SMS, atau lainnya), Bukti transfer atau pembayaran ke rekening Bank BTPN penipu
  • Kamu dapat membuat pelaporan dan pengaduan untuk kemudian diajukan ke customer BTPN 24 jam lewat [email protected] atau [email protected] atau dengan call center nomor 1500 300
  • Jika pengajuan kamu tidak terima kemungkinan data atau bukti yang kamu lampirkan masih belum bisa menguatkan kasus penipuan yang kamu alami.

Baca Juga: 20 Cara Transfer Dari BCA ke Rekening Jenius 2022

Sudah jelas bukan, bagaimana proses melaporkan, memblokir dan membekukan rekening penipuan online ke Bank BTPN. Caranya cukup simpel dan mudah.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin