10 Cara Membatalkan Pesanan di Orami Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan di Orami Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan di Orami – Di zaman modern seperti saat ini, membeli barang-barang kebutuhan bisa melalui e-commerce. Banyak sekali e-commerce yang memang menyediakan berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah Orami. Marketplace ini sendiri merupakan situs yang menyediakan perlengkapan rumah tangga, kecantikan, kelengkapan bayi, dan Ibu hamil. Sama seperti beberapa e-commerce lainnya ada saja yang mencari cara membatalkan pesanan di Orami.

Pada mulanya, situs ini memiliki nama Bilna dan hanya menyediakan produk untuk kebutuhan bayi dan ibu hamil. Lambat laun, Bilna menambahkan beberapa kategori, seperti kecantikan dan kebutuhan rumah tangga. Tepat pada tahun 2016, situs ini berubah nama menjadi Orami. Menariknya, situs ini mengklaim bahwa sudah didukung oleh ratusan brand, dan beragam komunitas yang terdiri dari puluhan ribu ibu-ibu di seluruh Indonesia.

Untuk melakukan pembelanjaannya, kamu harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu. Ternyata, selain bisa melalui situs, kamu juga bisa melakukan pembelian melalui aplikasinya. Aplikasi Orami sendiri sudah tersedia di playstore.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membatalkan pesanan di Orami, kamu harus tau dulu bagaimana cara melakukan pesanan di sana. Cara yang dimaksudkan di sini adalah:

Cara Melakukan Pesanan di Orami

1. Melakukan Login Ke Akun Orami yang Dimiliki

Sebelum melakukan pemesanan, kamu harus login terlebih dahulu pada akun Orami yang dimiliki. Jika memang tidak memiliki akun, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dan nantinya login menggunakan akun yang sudah dibuat.

2. Mencari Produk yang Akan Dibeli

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari produk yang akan dibeli. Pilih produk yang memang benar-benar dibutuhkan pada saat itu juga.

3. Melakukan Pembelian

Jika barang yang diinginkan sudah sesuai, maka kamu bisa langsung mengklik “beli” dan mengikuti prosesnya. Namun, jika ternyata masih perlu berpikir, bisa masukan ke keranjang terlebih dahulu. Agar nantinya bisa dengan mudah mencarinya kembali.

4. Melengkapi Alamat Pengiriman

Biasanya, kamu akan diminta untuk melengkapi alamat pengiriman, berupa nama, nomor telepon, alamat lengkap dan lain sebagainya. Selain itu juga akan diminta untuk memilih metode pengiriman dan memilih metode pembayaran.

Untuk memproses pesanan, klik proses pesanan dan catat nomor pesanan kamu dan lakukanlah pembayaran jika memang memilih pembayaran melalui transfer bank. Namun, jika memilih metode pembayaran kartu kredit dan sejenisnya, maka akan terproses secara otomatis.

Cara Membatalkan Pesanan di Orami

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mencari cara membatalkan pesanan di Orami. Seperti misalnya paket dikemas terlalu lama, ada kesalahan dalam pemesanan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara membatalkan pesanan.

1. Mengklik Pesanan Saya

Cara untuk melakukan pembatalan yang pertama adalah dengan mengklik pesanan saya. Tentunya, kamu harus masuk ke akun yang dimiliki untuk melihat pesanannya.

2. Batalkan Pesanan

Jika sudah mengklik pesanan saya, akan muncul beberapa pesanan yang sudah dilakukan. Kamu bisa mengklik salah satu pesanan yang akan dibatalkan. Biasanya, akan ada kolom yang menunjukkan status dari pesanan tersebut. Jika statusnya masih pending atau belum melakukan pembayaran, maka bisa langsung melakukan pembatalan.

Dalam cara membatalkan pesanan di Orami ini, kamu akan diminta untuk memberikan alasan mengapa melakukan pembatalan. Beberapa alasan tersebut biasanya karena salah melakukan pemesanan, ingin menambah pesanan, dan lain sebagainya. Klik salah satu alasan dan tunggu proses pembatalan selesai.

Beberapa Ketentuan Pembatalan Pesanan di Orami

Untuk bisa disetujui proses pembatalan pesanan, tentu harus sesuai dengan ketentuan dari Orami itu sendiri. Jika ternyata mau membatalkan pesanan, tetapi tidak memenuhi ketentuannya, maka tidak akan disetujui.

1. Pesanan Belum Dibayar

Ketentuan pertama agar proses pembatalan bisa disetujui oleh pihak Orami adalah pesanan belum dibayar. Biasanya, ketika pesanan belum dibayar, maka akan ada di bagian menunggu pesanan dibayar. Nah, selain bisa membatalkan pesanan, kamu juga bisa langsung menambah atau mengubah pesanannya.

2. Melakukan Kesalahan Pemesanan

Cara membatalkan pesanan di Orami memang sangat mudah, seperti melakukan pembatalan di beberapa e-commerce lain. Tapi memang harus memperhatikan beberapa halnya terlebih dahulu. Jika memang ada kesalahan dalam pemesanan, seperti misal ingin memesan warna atau ukuran lain, kamu bisa mengajukan pembatalan. Asalkan memang pesanan tersebut belum dibayar.

Proses penyetujuan pembatalan pesanan tidak memakan waktu lama. Jika memang sudah sesuai dengan ketentuan, maka uang pengembalian akan segera masuk ke nomor rekening yang kamu gunakan untuk proses pembayaran sebelumnya.

3. Pembayaran Belum Terverifikasi

Ketentuan lain yang bisa terjadi ketika ingin membatalkan pesanan adalah pembayarannya belum terverifikasi. Jika pembayaran belum terverifikasi, maka akan ada email pengajuan pembatalan yang muncul. Jika ternyata sudah melakukan pembayaran dan masih pada tahap pending, maka akan lebih baik menghubungi pihak customer service secara langsung.

Ketika memang ingin melanjutkan pembelian, bisa menyampaikan langsung kepada customer service. Jika ingin membatalkan pun bisa langsung disampaikan. Sebab, pada posisi ini, pesanan kamu belum terkonfirmasi dan belum dikirim. Jadi, kemungkinan besar bisa dibatalkan. Cara membatalkan pesanan di Orami memang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

4. Pesanan Tidak Sesuai dengan Ketentuan Orami

Terakhir, pembatalan bisa dilakukan jika memang pesanan kamu tidak sesuai syarat dan ketentuan pihak Orami. Biasanya memang nanti akan ada tinjauan mengenai pesanan seperti ini. Namun, memang untuk pesanan seperti ini sangat jarang ditemukan. Sebab, sangat langka dan tidak bisa sembarangan dibatalkan begitu saja.

Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar di Orami

Ada banyak pertanyaan yang muncul, salah satunya adalah bagaimana cara membatalkan pesanan yang sudah dibayar? Jawabannya tentu saja tidak bisa. Pihak Orami sendiri menuliskan dengan tegas di dalam FAQ bahwa pesanan yang sudah dibayar tidak bisa dibatalkan, sebab sudah masuk pada tahap pengiriman.

Dengan begitu, cara membatalkan pesanan di Orami hanya bisa dibatalkan jika pesanan masih dalam tahap proses pembayaran, dan pembayaran tidak terverifikasi. Namun, jika pesanan tidak terverifikasi, maka kamu harus menghubungi pihak customer service secara langsung.

Bagaimana Proses Pengembalian Dana Pembatalan Pesanan di Orami?

Jika sudah melakukan pembatalan pesanan, maka akan ada pengembalian dana yang dilakukan oleh pihak Orami. Pengembalian dana sendiri hanya akan terjadi jika memang pesanan yang dibatalkan sudah disetujui.

Dana pengembalian sendiri akan kamu terima sesuai dengan metode pembayaran yang saat itu digunakan ketika melakukan pemesanan. Jangka waktu pengembaliannya sendiri tergantung pada metode pembayaran yang dilakukan. Untuk jangka waktu otomatis biasanya hanya metode pembayaran virtual account, OVO, dan transfer bank. Sementara, untuk metode pembayaran lainnya jangka waktunya mencapai 14 hari kerja.

Baca Juga: 10 Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak Terbaru 2022

Demikianlah beberapa hal mengenai cara membatalkan pesanan di Orami. Orami sendiri merupakan salah satu e-commerce yang sudah ada sejak dulu. Di mana, untuk melakukan pemesanan di sini harus menjadi member terlebih dahulu.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin