10 Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak – Membatalkan pesanan di bukalapak Terbaru 2022 Baik Yang Sudah Dibayar Atau Belum Dibayar. Dahulu saat perkembangan internet belum sepesat sekarang ini mobilitas apapun masih bergantung pada diri sendiri misal membeli suatu barang seperti pakaian, alat rumah tangga dan peralatan pertukangan yang dilakukan membeli secara offline.

Kini semakin pesat nya teknologi memudahkan seseorang dalam memesan suatu barang. Khususnya secara online dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone. Adalah toko online bukalapak yang menyediakan berbagai barang apapun yang dibutuhkan.

Pilih barang apapun dan dimanapun berada hanya tinggal klik tak perlu harus mengantri, berdesakan, dan kerepotan. Karena dengan satu kali klik barang yang diinginkan dapat langsung diantarkan ke rumah dengan selamat dan aman. Tetapi apakah Anda tahu bagaimana cara untuk membatalkan pesanan di bukalapak dengan runtut dan benar.

Sebelum mengetahui cara membatalkan pesanan perlu diketahui perihal toko online bukalapak terlebih dahulu.

Apa itu Bukalapak?

Bukalapak adalah situs belanja online yang menyediakan berbagai barang yang Anda butuhkan baik grosir maupun eceran. Siapapun diijinkan untuk buka toko online di marketplace satu ini. Untuk bukalapak sendiri memiliki pangsa pasar pada Usaha Kecil Menengah (UKM).

Belanja online di bukalapak akan terasa mengasyikkan hingga lupa waktu disebabkan barang yang ditawarkan terasa sangat murah dan komplit. Disini disamping barang nya yang bagus ada juga berbagai fitur yang akan memudahkan dalam berbelanja.

Terkadang saat berbelanja online yang menjadi kekecewaan adalah pertama ongkirnya yang dirasa malah memberatkan sebagian pelanggan. Memang kebanyakan konsumen memiliki uang lebih bila order barang di sebuah situs belanja online namun alangkah bahagianya bila mendapatkan gratis ongkir.

Yang kedua saat ingin membatalkan pesanan di bukalapak seringkali bingung bagaimana cara membatalkan yang benar sedangkan biasanya seseorang yang baru saja mempelajari belanja online belum paham betul dengan cara nya.

Ok. Tinggalkan dulu perihal metode atau cara pembatalan barang di bukalapak. Ada yang lebih penting diketahui dari pada pembatalan barang. Apa itu? Yang ditonjolkan pada setiap situs belanja online.

Kelebihan Bukalapak

Di dalam bukalapak memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah kelengkapan produk yang dimiliki oleh bukalapak. Anda akan menemukan apapun disini sesuai dengan kebutuhan apa yang diinginkan. Tampilan muka bukalapak memiliki fitur seperti map yang akan mengarahkan pembeli kepada barang yang dibutuhkan.

Ada juga fitur untuk membatalkan pesanan di bukalapak jadi tak perlu khawatir apabila barang tidak jadi dibeli bisa di cancel dengan fitur ini.

Lalu untuk katalog informasi sangat komplit mulai dari barang kelas sport, elektronik, furniture, laptop dan smartphone. Bukalapak ini sudah banyak yang tahu untuk kategori alat sepeda dan aksesorisnya tersedia lebih lengkap dari toko online lainnya.

Bukan hanya sepeda saja fashion anak, pria maupun wanita dewasa juga ada dan jangan lupakan juga produk otomotif yang berada di fitur bukamobil.

Discount menarik. Disamping kelengkapan produk yang ada di situs ini. Bukalapak juga tidak receh dalam memberikan discount yang istimewa yang dapat anda cek di halaman promo. Disana banyak sekali discount yang jangan sampai ditinggalkan sebab memiliki masa berlaku yang bervariasi. Dua diantaranya adalah smartphone dan tiket kereta.

Untuk caranya terbilang simple Anda hanya harus memasukkan kode voucher sesuai barang atau produk yang dibutuhkan. Tetapi ada cara untuk membatalkan pesanan di bukalapak dengan berbagai keunggulannya.

Virtual produk. Di bukalapak ini juga menyediakan virtual produk seperti e-voucher dan tiket, mulai dari tiket pesawat, tiket kereta, pulsa, paket data, tagihan listrik, token listrik, angsuran kredit, air PDAM, kartu prakerja hingga voucher game. Bagaimana dengan harganya? Pasti sangat terjangkau karena disini serba murah, hemat di dompet dan cocok dikantong.

Tak terpikirkan toko online lain disini memiliki fitur pembayaran zakat yang bisa dibayarkan dengan mudah tidak usah repot menghitung sendiri berapa zakat yang harus dibayarkan karena ada bantuan kalkulator zakat.

Aman dan terpercaya. Saat belanja online di bukalapak terjadinya penipuan kemungkinan sangat kecil karena sudah ada jaminan 100%. Saat sudah terlanjur membeli barang dan ingin membatalkan pesanan di bukalapak tidak perlu khawatir karena memang ada fitur nya sendiri.

Namun bila pembeli ingin memesan barang dan tidak sampai di rumah dengan selamat akan ada jaminan uang kembali 100%. Walau sudah dijamin masih ada juga keraguan dari pembeli sehingga lebih memilih membeli secara offline.

Sistem pembayaran mudah. Di bukalapak tak perlu khawatir soal bagaimana cara membayar. Karena disini memiliki layanan bayar yang beragam seperti bukadompet adalah layanan bayar secara virtual yang bisa ditransfer suatu waktu dan dapat digunakan untuk membayar barang dengan metode bayar online.

Bukan itu saja masih ada metode bayar yang lain diantaranya adalah instant payment melalui BCA KlikPay, Mandiri E-Cash, dan CIMB Clicks, lalu yang terakhir yang paling dicari seseorang dengan cara bayar secara cicilan melalui Kredivo. Untuk cara membatalkan pesanan di bukalapak sudah tersedia di dalam fitur aplikasinya.

Kelemahan Bukalapak

Berikut ini adalah kelemahan menggunakan toko online bukalapak, diantaranya adalah :

1. Kolom komentar atau diskusi tidak disediakan oleh karenanya bila ingin mengetahui barang sudah dikirim atau belum harus melalui pihak penjual.

2. Penjual menerapkan banyak syarat lalu untuk pengiriman barang juga hanya tertentu saja tidak bekerja sama dengan banyak jasa pengirim lainnya.

3. Saat menanyakan sesuatu tanggapan CS nya kurang ramah itu pun tidak langsung dibalas tetapi menunggu beberapa hari terlebih dahulu. Seperti contoh akan menanyakan membatalkan pesanan di bukalapak tetapi mungkin itu bagian prosedur dari perusahaan.

Beberapa Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak Baik Yang Sudah Dibayar atau Belum

Untuk bagaimana cara membatalkan pesanan yang pertama adalah :

1. Sebelum Pembayaran

  • Masuk ke aplikasi atau website
  • Klik halaman pembelian
  • Lanjut klik batalkan orderan
  • Akan muncul form pernyataan lalu isikan alasan membatalkan orderan dan klik konfirmasi
  • Orderan yang tidak jadi dibeli berhasil dibatalkan
  • Pembelian yang tidak jadi dibeli tadi akan sukses di cancel apabila tidak jadi melakukan pembayaran lalu akan di informasikan melalui email.
  • Anda tinggal menunggu balasan yang akan masuk di Email.

2. Setelah Pembayaran

Kalau point satu tadi sebelum pembayaran di bawah ini adalah setelah pembayaran membatalkan pesanan di bukalapak :

  • Masuk ke aplikasi atau website
  • Klik halaman pembelian
  • Lanjut klik batalkan orderan
  • Akan muncul form pernyataan lalu isikan alasan membatalkan orderan
  • Untuk cara ini harus menunggu respon dari penjual
  • Membatalkan disini seperti membuat pengajuan kepada penjual. Penjual boleh menerima atau menolak pembatalan berdasarkan alasan yang diajukan oleh pembeli.

Belanja di bukalapak memang memiliki banyak pilihan dan keuntungan namun banyak juga kekurangannya seperti membatalkan pesanan di bukalapak sedikit mengecewakan namun semua pilihan belanja online ada di tangan Anda.

Untuk opsi pembatalan pesanan dapat kamu akses melalui bukalapak desktopmobile web, sampai aplikasi Android dan iOS. jadi jangan terlalu khawatir saat melakukan proses pembatalan harus lewat apa.

Syarat dan ketentuan Proses Pembatalan Transaksi di Bukalapak

Perlu kamu tahu, sebelum membatalkan proses beli, ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus kamu ketahui:

1. Macam transaksi yang bisa dibatalkan merupakan semua transaksi proses beli barang di Bukalapak. Namun ada pengecualian yaitu pada kategori  voucher dan tiket, beberapa produk virtual meliputi (pulsa, data, vocer game, pembelian token listri, BPJS dan lainnya).

2. Selain itu kita sebagai pembeli cuma dapat melakukan proses pembatalan hanya sekali. Ketika proses pembatalan transaksi ditolak, maka  pembeli tidak akan dapat meminta proses pembatalan transaksi tersebut.

3. Namun ketika terdapat sebuah permintaan proses pembatalan transaksi (ketika sudah melakukan pembayaran) di acc oleh penjual, maka secara otomatis pesanan tersebut akan dibatalkan. Selain itu total uang yang sudah dibayar akan dikembalikan dengan menggunakan metode pembayaran yang sudah digunakan.  Contoh: ketika anda melakukan transaksi menggunakan limit kredit, maka akan dikembalikan menggunakan metode transaksi pembayaran tersebut.

Baca Juga: 14 Cara Membatalkan Pesanan di JD.ID Anti Ribet

Artikel ini hanya untuk membantu membandingkan antara toko satu dengan yang lain karena walau bagaimanapun kebijakan masing – masing perusahaan selalu berbeda.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin