Cara Membuat Email Baru

Tak bisa dipungkiri bahwa email merupakan salah satu aplikasi surat elektronik yang memang harus dimiliki oleh semua orang, khususnya pengguna baik itu Android maupun iPhone. Maka dari itu bisa dipastikan bahwa hampir semua orang sudah mengetahui cara membuat email baru.

Mengingat bahwa saat Anda berurusan dengan sebuah instansi tertentu ataupun organisasi tertentu pastinya akan di minta alamat email untuk mengirimkan informasi kepada Anda.

Selain itu, jika handphone Anda tidak memiliki email sebagai akun Google, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak bisa mengakses beberapa aplikasi bawaan dari handphone Anda seperti aplikasi Play Store, App Store, Google dan beberapa aplikasi sejenis lainnya.

Maka dari itu jika hingga saat ini anda belum memiliki akun email, maka pastikan bahwa Anda segera membuat akun email dengan cara yang tepat seperti dibawah ini.

Sebenarnya membuat email bisa Anda lakukan baik menggunakan HP ataupun komputer atau laptop asalkan HP atau pendapat tersebut sudah terkoneksi dengan internet. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda menggunakan cara membuat email baru yang baik dan benar.

Cara membuat email di Hp dengan memanfaatkan menu setting

Cara Membuat Email Baru di Handphone

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat email baru dengan baik dan benar yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya Anda harus menghidupkan ponsel terlebih dahulu.
  • Kemudian Anda bisa langsung mencari menu setting atau peraturan
  • Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan scroll ke bawah hingga menemukan menu account atau akun. Selain itu, Anda juga bisa langsung menuliskan kata account pada kolom pencarian agar Anda tidak harus scroll terlebih dahulu.
  • Jika memang menu tersebut sudah Anda temukan, maka Anda harus mengklik menu tersebut dan dilanjutkan dengan memilih opsi Add account atau tambah akun.
  • Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu mencari icon Google dan mengkliknya sehingga muncul opsi sign in dan create a new account. Kemudian Anda harus memilih opsi create a new account.
  • Kemudian Anda bisa langsung mengisi nama depan dan nama belakang serta mengklik opsi next.
  • Ada juga bisa mengisi dengan baik dan benar tanggal lahir dan jenis kelamin serta kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi next.
  • Lalu jangan lupa juga untuk menuliskan nama email yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan nama Anda sebagai nama email atau bisa juga menggunakan nama samaran dan lain sebagainya.
  • Namun yang perlu Anda ingat bahwa apabila terdapat tulisan that username is taken try another, maka hal ini berarti bahwa orang lain sudah pernah menggunakan username tersebut sehingga Anda harus mengubah username tersebut atau bisa juga menyiasatinya dengan menambahkan angka ataupun titik pada username
  • Lakukan hal ini hingga tidak muncul tulisan that username is taken try another. Jika sudah bisa, maka Anda bisa langsung memilih opsi
  • Kemudian langkah berikutnya yaitu Anda harus menulis password untuk email Anda tersebut setidaknya terdapat minimal 8 karakter yang harus Anda kombinasikan antara huruf kecil, besar, angka dan juga karakter yang unik. Usahakan agar menggunakan kata sandi yang mudah untuk diingat.
  • Anda juga harus menuliskan kata sandi tadi pada kolom verifikasi atau konfirmasi yang ada pada bawah kolom password. Kemudian Anda bisa langsung memilih opsi next.
  • Nantinya Anda akan melihat tampilan HP anda dan muncul sebuah kotak Privacy and Terms, lalu Anda harus memilih opsi ‘I Agree’.
  • Setelah terdapat konfirmasi mengenai username dan password, maka Anda harus memilih opsi next.
  • Tunggulah beberapa saat karena aplikasi tersebut masih akan memproses data Anda dan kemudian setelah itu Anda akan mendapatkan sebuah pemberitahuan atau notifikasi yang memberikan informasi bahwa Anda sudah memiliki akun Gmail atau email.

Nah, itulah tadi cara membuat email baru yang bisa Anda lakukan dengan hanya bermodalkan HP dan menu setting saja. Cara di atas sangat mudah untuk dilakukan sehingga siapapun pasti bisa.

Cara membuat email dengan menggunakan laptop

Cara Membuat Email Baru di Laptop

Tak bisa dipungkiri bahwa membuat email memang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan laptop dibandingkan menggunakan HP. Jika Anda ingin menggunakan laptop untuk membuat email, maka cara membuat email baru yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Seperti biasa langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka dan menghidupkan laptop terlebih dahulu
  • Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa laptop tersebut sudah terhubung dengan koneksi internet. Usahakan agar koneksinya lancar, agar proses membuat email ini menjadi lebih cepat
  • Jika sudah, maka Anda bisa membuka aplikasi Google, Google Chrome ataupun Browser dan menuliskan alamat www.gmail.com pada kolom pencarian dan kemudian klik enter.
  • Tunggulah beberapa saat hingga tampilan laptop berubah dan aplikasi Gmail pun terbuka.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung klik opsi create an account, sehingga nantinya sebuah kotak akan terbuka dengan sendirinya.
  • Kemudian Anda akan disuguhkan dengan beberapa pertanyaan mengenai data diri Anda. Maka pastikan bahwa Anda mengisi data diri tersebut dengan lengkap, baik dan benar.
  • Pada salah satu pertanyaan tersebut terdapat sebuah pertanyaan mengenai username atau nama yang akan Anda gunakan untuk email tersebut. Kemudian isilah dengan nama yang Anda inginkan, baik itu nama pribadi atau nama samaran dan yang lainnya sesuai dengan keinginan.
  • Namun jika di bawah kolom username tersebut terdapat tulisan that username is taken try another, berarti nama tersebut sudah pernah digunakan oleh orang lain dan mengharuskan Anda untuk membuat username yang lain. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan sebuah angka ataupun tanda titik.
  • Pastikan bahwa Anda sudah mengisi semua kolom yang sudah disediakan dengan baik dan benar.
  • Jika Anda sudah merasa yakin dengan semua yang ada isi tersebut, maka Anda bisa melanjutkannya dengan memilih opsi next sehingga akan muncul agreement atau sebuah kotak persyaratan.
  • Bacalah kotak tersebut sehingga Anda paham, kemudian pilih opsi I agree, jika sudah maka akun email Anda sudah berhasil dibuat.

Demikianlah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun email baru, baik di laptop ataupun di HP dengan mudah. Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan cara yang baik dan benar sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas untuk menghindari berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Untuk mengecek apakah benar email Anda sudah bisa digunakan, maka Anda bisa membuka email dan mengirim pesan kepada teman-teman Anda. Jika berhasil dengan cara membuat email baru di atas maka bisa dipastikan bahwa akun email Anda sudah siap untuk digunakan. Perlu Anda ingat bahwa akses untuk membuka akun email baik itu password dan username tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada orang lain agar tidak digunakan untuk hal-hal yang kurang baik.

Baca Juga: Cara Membuka Blokir Email Gmail

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *