15 Cara Membuat Google Form Terbaru 2022

Cara Membuat Google FormJika di ingat Kembali. Dulu, orang-orang sebelumnya memanfaatkan Google Spreadsheet sebagai acuan untuk menginput data atau memasukan data-data berbentuk fisik dan ditransformasi ke bentuk digital agar lebih praktis dan efisiensi dalam hal waktu serta penyimpanan. Namun, seiring berkembangnya zaman kemudian hadirlah  inovasi-inovasi keluaran Google terbaru. Seperti halnya Google form salah satu pengembang fitur dari Google

Google Form adalah suatu layanan milik Google membantu pengguna untuk membuat suatu survey kuesioner, formulir, atau lainnya dengan metode berbasis online atau digital. Jadi tak heran jika banyak orang untuk memanfaatkan pelayanan yang di tawarkan google ini. Dengan catatan Google form bisa di akses oleh siapapun yang mempunyai Account Google. 

Google drive menjadi salah satu penyimpanan, dimana formulir yang telah di buat oleh pengguna. Jadi kamu nantinya bisa langsung membagikan atau share kepada orang-orang tujuan kamu dan meminta mereka semua untuk mengisinya. Biasanya semua hasil akhir tanggapan dari responden akan di input melalui excel dan di save di Google Drive.

Satu hal lagi sebagai catatan bahwa platform Google Form ini di sediakan secara gratis alias tak berbayar sama sekali. Untuk isi dan fitur di dalamnya sebenarnya cukup sama seperti Layanan Google lainnya. Di dalam fitur Google Form kamu juga dapat mendesign dan menyesuaikan kebutuhan kamu. Lantaran hadirnya Google Form ini Juga membantu para Guru atau Pekerja kantoran untuk memenuhi kebutuhan tugas mereka dalam hubungan administrasi atau lainnya. 

Berbagai Cara Membuat Google Form?

1. Cara Membuat Google Form Mudah dan Praktis Melalui Google Drive

Sebelum masuk ke segmen selanjutnya mengenai cara membuat Google form, disini pastikan terlebih dahulu agar teman-teman sudah memiliki Akun Google ya.

  • Buka Google Drive, jika teman-teman menggunakan PC bisa langsung search di website dengan keyword google drive. 
  • Lalu klik opsi “new” persis sebalah kiri di bawah tulisan dan logo Google Drive.
  • Kemudian akan keluar beberapa pilihan. Tekan Google form. 
  • Otomatis kamu bisa membuat google form sesuka hati sesuai kebutuhan kamu.

2. Cara Membuat Google Form langsung melalui Link Google

Berikut ini adalah cara membuat Google form langsung melalui link google, diantaranya yakni : 

  • Masuk ke dalam akun google form atau kamu bisa langsung klik link tersebut https://docs.google.com/forms/u/0/
  • Setelah berhasil masuk kamu dapat melihat di halaman utama berbagai macam jenis template form maupun blank kosong. Kamu bisa menggunakan 2 opsi : menggunakan form template yang sudah ada atau form kosong.
  • Kemudian secara otomatis kamu akan masuk ke dalam laman selanjutnya dimana kamu bisa langsung membuat form atau kuisioner.

Berikutnya kamu dapat mengikuti beberapa langkah yang akan kami jabarkan agar teman-teman memahami secara baik fitur ataupun toolsnya : 

  • Menentukan tujuan pembuatan formulir atau kuisioner, disini teman-teman dapat memberikan judul,isi, dan tujuan form tersebut dibuat agar audience pun mengerti apa yang kamu instruksikan. 
  • Selanjutnya buatlah list daftar pertanyaan yang akan di sajikan kepada audience terkait pembahasan yang di angkut. Dalam hal ini ada beberapa macam jawaban yang teman-teman bisa gunakan. Contohnya seperti : jawaban pendek, Panjang no limit batas kata, pilihan ganda (a,b,c,d,e), checkbox atau tandang centang ceklis, waktu beserta jam, mengunggah file atau dokumen, etc 
  • Kamu bisa meng-klik ikon bersimbol “+” artinya ialah untuk mulai menambahkan pertanyaan baru “new question” 
  • Tentukan apakah pertanyaan yang kamu buat bersifat wajib atau tidak yang dimana audience atau responden harus menjawab pertanyaan tersebut dan tidak boleh di lewati. 
  • Untuk tools selanjutnya sebenarnya optional, kamu bisa menambahkan gambar ke dalam sebuah pertanyaan untuk lebih memberikan detail lebih terhadap pertanyaan.
  • Kamu juga dapat membagikan section pertanyaan sesuai dengan keperluan.
  • Jika dirasa semua hal sudah clear dan complete kamu dapat melihat formulir kamu dengan klik opsi “preview” jika ada kekurangan kamu bisa lakukan edit sebelum benar benar tahap akhir 
  • Selanjutnya untuk tahap final tekan “send” dan selesai. 

Cara diatas merupakan suatu metode berbeda dengan hasil yang sama saja, hanya saja perbedaan terletak pada pengaplikasian awal saja. 

Mengapa kamu harus menggunakan Media Google Form ?

1. Menerima Langsung Jawaban Responden

Keunggulan pertama ialah kamu bisa mendapatkan jawaban secara cepat dengan menggunakan Google Form ini. Kamu dapat membagikan ke berbagai kanal serta mengumpulkan jawaban dengan cepat juga. Jika kamu berada dalam lingkungan akademis dan membutuhkan kuis atau survey dan ujian dadakan kamu bisa mengakses google form sebagai solusi. 

2. Tampilan Design Menarik serta Dapat di Design

Kamu bisa membuat tampilan form kamu lebih menarik mata audience dengan tools dan fitur yang disediakan serta ada beberapa template juga disediakan di Google Form. 

3. Pertanyaan yang beragam

Tersedianya macam bentuk pertanyaan ini menjadikan salah satu keunggulan paling terbaik dari Google Form. Kamu bisa memulai menuliskan bentuk macam pertanyaan dimana fitur tersebut sudah menyediakan. 

4. Analisis Data Akurat

Terakhir kamu bisa menganalisis dari sajian data sehingga menjadi lebih mudah. 

Baca Juga: Cara Melihat Hasil Google Form

Demikian terkait petunjuk bagaimana cara membuat Google Form. Semoga cara tersebut dapat membantu teman-teman semua. Sekian dan terimakasih telah membaca.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin