21 Cara Membuat Link Google Meet Melalui HP, PC atau Laptop

Cara Membuat Link Google Meet Dengan Mudah Melalui HP, PC atau Laptop Tebaru 2022

Cara Membuat Link Google Meet Dengan Mudah Melalui HP, PC atau Laptop Tebaru 2022 – Rapat online merupakan hal efektif ketika hendak menjalankan rapat, seminar, hingga banyak kegiatan. Salah satu cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Apa Itu Google Meet?

Pandemi merupakan salah satu fenomena yang menyebabkan masyarakat melek akan kemajuan teknologi yang tengah berkembang saat ini, sebut saja teknologi komunikasi dan informasi yang semakin berkembang dan banyak digunakan sebagai salah satu teknologi alternatif yang murah dan efisien.

Pandemi covid-19 menyebabkan semua umat manusia harus saling menjaga jarak dan berjauh-jauhan demi menghindari penularan penyakit yang kian membesar ini. Dengan demikian segala kegiatan aktif masyarakat dilakukan secara daring atau dalam jaringan.

Banyak perusahaan dan instansi pendidikan yang menggunakan zoom atau googl meets sebagai media komunikasi dan media pembelajaran yang mudah untuk diakses. Google meet juga menyebabkan manusia semakin paham akan kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dari rumah dengan menggunakan hp atau laptop.

Namun apakah google meet efektif digunakan untuk proses pembelajaran? Jawabannya mungkin sangat bervariasi karena pada masa pandemi keberadaan google meet banyak menuai pro dan kontra di tengah masyarakat mengenai pendidikan.

Bagaimana respons masyarakat? Anggap saja masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah tentunya akan sangat tidak menerima adanya pembelajaran menggunakan platform ini pasalnya, kuota yang dibutuhkan melebihi biaya pembelajaran offline atau luring.

Namun jika kita lihat kembali dari sisi kesehatan, memang seharusnya negara ini harus memanfaatkan teknologi untuk menghindari penyebaran pandemi dan untuk melancarkan proses belajar mengajar.

Jadi google meet merupakan platform yang tepat digunakan untuk melakukan diskusi atau belajar secara daring dengan mudah dan efisien.

Kelebihan dan Manfaat Google Meet

Khususnya pada saat pandemi manfaat dan kelebihan google meet sangat dirasakan pengguna-penggunanya. Apa saja kelebihan dan manfaatnya? Simak penjelasan berikut!

1. Bisa Digunakan Untuk Komunikasi Jarak Jauh

Google meet bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi audio visual dalam jarak yang sangat jauh. Komunikasi yang ditampilkan sangat jelas dan sesuai realteam, komunikasi menggunakan google meet juga memberikan kamu kemudahan seperti gampang melakukan presentasi atau menjelaskan sesuatu. Jadi aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan saat melakukan presentasi secara online dengan client atau rekan kerja

2. Bisa berkomunikasi Dengan Banyak User

Dalam satu link meet amu bisa berkomunikasi dengan banyak user tanpa batasan. Jadi google meet sangat cocok digunakan untuk rapat atau pembelajaran secara daring. Jika kamu meet lebih dari 2 orang kamu bisa menjadi operator yang mengatur jalannya meets tersebut, misalnya mute-unmute audio atau sebagainya

3. Ukuran Ringan

Jika dibandingkan dengan aplikasi zoom, google meet jauh lebih ringan dalam pengguna ruangan dan penggunaan data seluler. Google meet merupakan aplikasi bawaan google sehingga mampu melakukan kinerja tanpa harus banyak menghabiskan kuota dan penyimpanan perangkat kamu.

4. Bisa Digunakan Tanpa akun dan Install Aplikasi

Google meet bisa kamu gunakan secara online atau web, kamu tidak perlu mengunduh untuk menjalankan aplikasi ini. Hal yang harus kamu sediakan untuk mencoba aplikasi ini adalah akun google yang nantinya bisa menjadi username kamu saat meets. Tapi? Apakah bisa digunakan tanpa akun? Jawabannya sangat bisa, kamu bisa menggunakan akun tamu (Guest) untuk join meet melalui link atau web.

5. Mudah Digunakan

Fitur yang tersedia di google meet sangat mudah untuk digunakan dan sudah ada petunjuknya secara langsung di google. Jika kamu mendapatkan undangan untuk memasuki meet kamu hanya perlu klik link yang diberikan atau memasukkan passkode. Maka secara langsung kamu akan join di meet tersebut

6. Cocok Digunakan Untuk Rapat Online Intern

Bagi kamu yang akan membahas strategi bisnis atau yang lainnya, meets online menggunakan google meet merupakan solusi yang sangat tepat. Menggunakan google meet memungkinkan kamu untuk mengizinkan peserta meets yang kamu setujui dengan demikian tidak sembarang orang bisa masuk ke rapat penting kamu.

7. Hemat dan Efisien

Biaya yang dikeluarkan jika menggunakan google meet adalah sangat amat sedikit kamu hanya perlu menyiapkan kuota barang 1GB kamu sudah bisa melakukan meet sepuasnya. Jika menggunakan google meet kamu juga akan menghemat waktu dan tenaga pasalnya, kamu bisa mengadakan rapat hanya dengan duduk manis sambil ngopi dari rumah.

8. Bisa Undang Banyak Teman dan Saling Berbagi Fitur

Untuk mengizinkan semua anggota meets mengundang temannya, kamu bisa memberikan akses host yang kemudian akan memudahkan peserta lain untuk mengizinkan lebih banyak anggota yang masuk ke dalam meets.

Untuk mengundang teman kamu hanya perlu share link beserta pass kode link untuk masuk. Sesudah itu host akan memberikan izin masuk.

9. Terdapat Versi Gratis

Jika kamu pengguna google meets pemula kamu bisa mencoba menggunakan versi free, kamu bisa langsung akses google meet free di google atau browser kesayangan kamu. Perbedaan google meet free dan berbayar terletak pada fitur yang tersedia, secara umum fitur yang tersedia di google meet pro lebih banyak dan kompleks.

Namun jika kamu hanya memanfaatkan meets untuk pertemuan biasa atau pembelajaran di kelas, kamu bisa menggunakan google meet free terlebih dahulu.

10. Kualitas Video dan Audio Jelas

Kualitas output google meets sangat memuaskan, kamu bisa belajar mendengarkan materi guru atau dosen dengan jelas seperti belajar di kelas secara offline. Pada kualitas gambar atau video pada google meets sangat bergantung pada koneksi yang kamu punya. Jika koneksi perangkat kamu sangat renda mungkin saja gambar orang di google agak buram dan hanya suara yang jelas terdengar. Oleh karena itu sebelum memulai meets usahakan jaringan atau koneksi kamu stabil.

11. Terintegrasi dan Sinkron Dengan Layanan Google

Keunggulan utama aplikasi ini adalah langsung sinkron dan terintegrasi dengan layanan besar yaitu google, banyak sekali kelebihan google meet dibandingkan aplikasi perpesanan lainnya  seperti Google Hangouts, Facebook Messenger, WhatsApp, Viber, dan Telegram.

Google Meet menyertakan tools yang komprehensif untuk produktivitas dan interaktivitas. Misalnya, fitur share screen untuk presentasi dokumen, spreadsheet, presentasi, atau tab browser kepada peserta.

Kekurangan Google Meet

Aplikasi perpesanan ini meskipun mempunyai banyak sekali kelebihan dan menawarkan banyak kemudahan. Namun, masih ada kekurangan yang dirasakan pengguna dalam hal meets menggunakan aplikasi ini. Berikut penjelasannya!

1. Fitur Masih Sedikit

Kemajuan teknologi menuntut manusia untuk bekerja dan berkomunikasi dalam kurun waktu yang singkat. Google meet masih belum bisa menjawab tantangan ini, fitur yang tersedia di platform ini jarang di update dan sudah mulai kalah dengan aplikasi meet lainnya seperti zoom dan sebagainya.

2. Membebani Sistem Perangkat

Bagi kamu yang menggunakan windows sebagai OS tentunya sangat berat jika menggunakan platform ini karena, platform ini hanya dapat diakses melalui browser web untuk sistem operasi desktop seperti Windows, macOS, dan Chrome OS.

Kualitas user experience google meets masih bergantung pada kemampuan hardware dari perangkat tertentu. Yang menyebabkan platform ini banyak menghabiskan daya kerja hardware.

3. Memerlukan Perangkat Dengan Spesifikasi Besar

Jika kamu menggunakan perangkat dengan RAM yang sangat kecil sangat tidak disarankan menggunakan platform google meets untuk mengadakan pertemuan atau rapat secara online. Perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah jika menggunakan platform ini akan membuat sistem hardware kamu berat dan terganggu.

Cara Daftar Akun Google Meet

Untuk akses yang lebih mudah dan nyaman kamu harus membuat sebuah akun yang nantinya akan menjadi identitas kamu di google meet. Intinya sebelum membuat link google meet, harus punya akun dulu. Bagaimana cara membuat akun google meet? Ikuti langkah berikut!

  • Langkah pertama masuk ke browser kamu.
  • Ketikkan google meet di pencarian browser.
  • Kemudian langsung masuk ke halaman utama google meet.
  • Kemudian masukkan akun yang ingin kamu gunakan.
  • Klik “Buat akun”
  • Ketikkan alamat email dan sandi dengan benar.
  • Ketik ulang kata sandi untuk konfirmasi dan klik berikutnya.
  • Setelah itu kamu langsung pergi ke email dan cek apakah ada kode OTP yang diberikan pihak google meet.
  • Jika sudah masukkan kembali kode OTP yang telah kamu dapat untuk membuat akun
  • Kemudian klik tombol verifikasi.
  • Kemudian masukkan data pribadi kamu seperti nama lengkap dan jenis kelamin dan klik berikutnya.
  • Kemudian akan muncul halaman persyaratan dan klik setujui lalu next.
  • Jika sudah kamu bisa menggunakan google meet untuk rapat.
  • Setelah masuk link rapat segera ganti username google meet kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Buat Link Google Meets di HP

Kamu bisa menggunakan dan membuat link google meet dengan mudah di hp. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama kamu bisa mengunduh aplikasi google meet di play store atau app store serta kamu bisa juga menggunakan googele meet versi web.
  • Setelah kamu install atau masuk ke halaman utama google meet, segera login menggunakan akun yang kamu punya.
  • Klik icon + (Tambahkan)
  • Kemudian klik New Video Call.
  • Salin tautan dan kamu bisa langsung membagikannya ke semua media sosial atau partisipan yang ingin kamu udang.

Cara Buat Link Google Meet di PC atau Laptop

Selain menggunakan hp kamu bisa menggunakan dan membuat link google meet dengan menggunakan PC atau Laptop. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama kamu bisa mengunduh aplikasi google meet atau kamu bisa juga menggunakan google meet versi web.
  • Login menggunakan akun yang kamu punya
  • Kemudian klik tombol Mulai Rapat.
  • Kemudian Akan muncul notifikasi “Allow Meet to use your camera and microphone” dan klik ijinkan (allow)
  • Setelah itu akan muncul notifikasi Your Meetings Ready dan di bawahnya akan muncul pilihan“Share this meeting link with others you want in the meeting” klik copy link dan bagikan link dengan orang lain
  • Selain dengan copy link kamu bisa membagikan link dengan membuka dropdown menu Meeting details. Lalu buka opsi Details dan tekan Copy joining info.
  • Bagikan ke semua teman atau partisipan yang ingin kamu udang.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Soal di Google Form Terbaru 2022

Penutup : Demikian penjelasan mengenai platform perpesanan yaitu google meet. Yang perlu kamu perhatikan sebelum menginstall atau menggunakan google meet adalah spesifikasi perangkat yang kamu gunakan. Jika perangkat yang kamu gunakan mempunyai spesifikasi yang rendah sebaiknya kamu menggunakan platform lain untuk rapat atau pembelajaran agar nantinya tidak membebani hardware perangkat kamu.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin