8 Cara Membuat Soal di Google Form Terbaru 2022

Cara Membuat Soal di Google Form – Sistem yang dilakukan pemerintah mengenai pembelajaran jarak jauh atau dikenal virtual daring online. Sangatlah sulit untuk merubah kebiasaan-kebiasaan lama dan mengharuskan mengeluarkan kebijakan baru. Rasanya kita harus di tuntut untuk cepat menyesuaikan diri di masa pandemik ini. Virtual daring online menjadi salah satu solusi yang sangat efisien dan efektif.

Akan tetapi akan terlalu sulit jika ada satu atau dua pertanyaan yang tidak mudah dipahami ditambah dengan kecepatan koneksi yang terhambat menjadi faktor lainnya. Dikarenakan peraturan yg berlaku dari pemerintah mengharuskan untuk mengurangi kerumunan, menjadikan lautan manusia untuk tetap berada dalam rumah.

Maka muncul beberapa insight baru atas terjadinya corona virus ini. Dari berbagai sisi kita bisa menarik kesimpulan, selain itu kita memiliki effort besar untuk berkeinginan tinggi untuk belajar hal baru secara terus menerus. Teknologi yang semakin canggih sangat mempengaruhi kebutuhan manusia sudah seperti menjadi bagian asupan sehari-hari. Maka dari itu segala hal yang berbentuk internet harus dikuasai oleh pelajar saat ini bagaimana cara mengimplementasikannya dengan secara benar dan akurat.

Sehingga hadirlah Google Form dimana sebagai media untuk membantu tugas pelajar serta guru. Fungsi dari aplikasi itu sendiri yaitu digunakan sebagai media menyalin soal ujian dan nantinya akan di transformasikan ke dalam bentuk digital. Hal ini menjadi faktor utama penting agar guru mengetahui cara menggunakan dan membuat soal dalam situs Google form ini.

Sebenarnya sebelum pandemik datang, Google form sudah digunakan oleh beberapa orang sebagai tempat mengisi kuesioner, survey, atau penelitian terhadap sesuatu tertentu. Maka seiring kebutuhan kondisi seseorang Google form juga sering digunakan para guru sebagai alternatif untuk membuat soal.

Soal cara dan penerapannya sebenarnya tak jauh berbeda, tetapi ada beberapa hal yang memang harus kamu ketahui lebih jelas lagi.

Lalu bagaimana cara membuat soal di Google Form. Berikut petunjuk dan beberapa cara yang sudah kami rangkum terkait membuat soal di Google Form.

Cara Membuat Soal di Google Form Terbaru 2022

Cara Membuat Soal di Google Form

Google Form ini bisa dengan mudah dan praktis kamu gunakan untuk membuat soal. Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan dan ketahui terkait membuat soal pada situs Google form untuk ujian atau sekedar tugas dari sekolah. Di antaranya ialah :

  1. Hal pertama pastikan kamu memiliki akun google. Kemudian masuk ke dalam situ Google form atau kamu bisa mengunjungi situs docs.google.com/forms
  2. Setelah berhasil masuk ke dalam laman utaman situs tersebut, kamu dapat menentukan template yang ingin digunakan. Yang sudah tersedia atau yang blank (kosong)
  3. Berikutnya, tekan tanda simbol (+) untuk membuat sebuah soal
  4. Pada Judul kolom yang kosong “untitled form” kamu bisa menuliskan terkait soal ujian yang akan diujikan.
  5. Selanjutnya, kamu bisa langsung menuliskan soal terkait ujian yang di tentukan.
  6. Kemudian masukan beberapa opsi jawaban, disini kamu harus sudah mengatur setting Google form ke dalam format multipel choice untuk memperhatikan pengaturannya.
  7. Untuk soal – soal berikutnya kamu bisa langsung menambahkan dengan menekan (+) icon tersebut. Dan tulis Kembali soal selanjutnya berserta jawabannya secara berulang hingga selesai.
  8. Jika dirasa semua soal sudah terkumpul dan clear kamu dapat langsung menyimpannya.

Mudah bukan untuk membuat soal di google form. Jika anda sudah merasa lihai, anda dapat mencoba membuat kunci jawabannya.

Cara Membuat Kunci Jawaban pada soal Google Form

Pasti kalian bertanya-tanya, Bagaimana dengan kunci jawaban atas soal yang sudah dibuat? Apakah Google form menyediakan fiturnya. Wah, tentu saja. Kamu dapat membuat kunci jawaban atas soal yang sebelumnya kamu telah buat. Berikut petunjuk terkait membuat kunci jawaban pada Google Form:

  1. Buat pertanyaan dan langsung isikan opsi jawaban atas pertanyaan tersebut.
  2. Kemudian tekan kunci jawaban atau “key answer” pada bagian kiri persis bawah pertanyaan.
  3. Klik jawaban yang dirasa benar pada soal tersebut.
  4. Kamu bisa memasukan berapa nilai poin dari pertanyaan tersebut, klik pada bagian kanan di atas pertanyaan.
  5. Berikutnya, kamu bisa menambahkan beberapa masukan jawaban atas pertanyaan tersebut

Berikut diatas adalah beberapa metode petunjuk terkait pembuatan soal dan kunci jawaban pada situs Google form.

Mengingat begitu banyak fitur beserta tool yang disediakan pada Google Form. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan perihal seputar platform tersebut. Diantaranya yakni :

Pertanyaan Seputar Google Form

1. Bagaimana cara kita membagikan Link Google Form tersebut?

Cara tersebut sangat mudah sekali. Jika teman-teman sudah selesai membuat sebuah formulir pada media Google Form. Teman-teman bisa langsung men-share atau membagikannya melewati tautan yang sudah di salinan atau copy. Maka siapapun yang mendapat link URL tersebut dapat mengaksesnya. Kamu dapat menceklis kotak “shorten URL” untuk membuat link URL kamu menjadi lebih ringkas. Setelah copy kamu tinggal share deh ke beberapa media sosial kamu seperti : Grup WhatsApp, Telegram ataupun platform lain. Kamu juga bisa menyematkan ke website kamu untuk link tersebut sesuai kebutuhan kondisi kamu.

2. Apakah bisa memberikan batas waktu terhadap pengerjaan soal di Google Form?

Hal ini tentu saja dapat di lakukan. Cara ini juga guna membuat siswa agar fokus pada pertanyaan dan tidak banyak menunda, bukankah rasanya sama seperti saat dikelas juga menegangkan. Caranya cukup mudah pada lama Google form, pilih ikon kolom, kemudian pilih Add-on. Kamu bisa mencari opsi “Form Limiter” dan unduh. Setelah itu izinkan untuk dapat memunculkan skrip tersebut ke dalam akun Google kamu. Maka secara otomatis kamu bisa dapat memproses pada menu pengaturan untuk memasukan batas yang ditentukan jika waktu habis soal akan tertutup secara otomatis.

Demikian diantara mengenai perihal situs Google Form yang harus teman-teman ketahui terutama untuk para guru, mahasiswa, atau lainnya. Harapannya hal ini bisa memberikan manfaat kepada kalian semua.

Baca Juga: Cara Melihat Hasil Google Form

Mudah kok sebenarnya cara membuat soal di google form, selagi kita mau mencoba mengikuti cara di atas, pasti bisa.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin