metroandalas.co.id – Whatsapp adalah salah satu media komunikasi yang sangat familiat bagi pengguna gadget. Whatsapp sendiri juga memiliki layanan di mana Anda bisa tahu cara membuat link whatsapp untuk menyebarkan pesan ke lebih banyak orang.
Dengan perluasan aplikasi pesan instan yang terkenal, ada peningkatan kebutuhan untuk dapat berkomunikasi dengan cepat dengan perusahaan melalui itu. Banyak pengguna hanya membutuhkan informasi atau bantuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan merek.
Maka dari itu, Anda perlu tahu bagaimana cara membuat link whatsapp, yang dapat menjangkau pesan ke lebih banyak orang. Perusahaan Anda harus memastikan bahwa audiens target Anda dapat menghubungi Anda tanpa repot, melalui WhatsApp.
Inilah mengapa Anda perlu membuat tautan yang mengalihkan ke obrolan dengan perusahaan Anda. Karena mustahil untuk mengirim pesan secara manual kepada lebih dari seribu umat pengguna whatsapp.
Cara Membuat Link Whatsapp
Pada dasarnya link ini merupakan suatu tautan yang bisa Anda klik untuk mengobrol untuk disisipkan di situs web Anda atau di dalam posting di Facebook, Instagram, atau halaman media sosial lainnya yang digunakan oleh merek tersebut.
Sehingga calon pelanggan Anda dapat dialihkan ke obrolan WhatsApp, dan memulai percakapan dengan Anda. Susunan cara membuat link whatsapp dapat berupa — https://wa.me/ <number> — di mana <number> mengacu pada nomor telepon bisnis lengkap dan dalam format internasionalnya.
Jangan sertakan angka nol, tanda kurung, atau tanda hubung saat menambahkan angka dalam format internasional.
- Contoh: jika nomor Anda +39 34567879 link WhatsApp akan menjadi https://wa.me/3934567879.
Pada titik ini, satu klik saja sudah cukup untuk segera mulai mengobrol, meskipun nomor telepon sebelumnya tidak tersimpan di buku telepon pelanggan. Jadi, Anda langsung bisa memulai obrolan setelah itu.
Cara Menyesuaikan Tautan WhatsApp
Seperti yang telah kita lihat, cara membuat link whatsapp yang mengalihkan ke obrolan WhatsApp sama sekali tidak rumit. Masalahnya adalah tidak mudah untuk memantau dengan tepat dari mana percakapan ini dihasilkan.
Misalnya, jika kami ingin mengetahui dari halaman produk mana pelanggan potensial menghubungi kami, maka perlu menambahkan pesan yang sudah diisi sebelumnya, untuk memiliki elemen yang menjadi dasar percakapan sebelumnya. Untuk melakukan ini, kita harus memilih:
1) Menambahkan pesan yang sudah diisi sebelumnya di tautan WhatsApp
Ini adalah metode yang cepat dan mudah, cukup gunakan parameter teks di dalam URL WhatsApp, dan masukkan teks yang Anda inginkan sebagai pesan yang sudah diisi sebelumnya.
Dengan mengklik tautan, pengguna dapat memulai percakapan menggunakan pesan yang telah diisi sebelumnya, yang akan memberikan informasi penting kepada tim penjualan atau layanan tentang niat mereka dan membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
2 Menambahkan pesan yang telah diisi sebelumnya dengan Google Pengelola Tag
Ini adalah metode yang memerlukan tingkat keahlian teknis tertentu, tetapi memungkinkan pelacakan percakapan yang lebih akurat. Pelacakan obrolan WhatsApp membuka jalan ke wawasan yang sangat menarik, memungkinkan untuk menggambarkan minat pengguna mengenai produk atau layanan tertentu yang ditawarkan.
Buat Tautan WhatsApp Online
Bagi mereka yang tidak terlalu paham teknologi, dimungkinkan untuk membuat cara membuat link whatsapp melalui beberapa situs yang menawarkan kemungkinan untuk melakukannya secara online, hanya dengan memasukkan nomor telepon.
Situs web pertama yang dapat Anda andalkan untuk membuat tautan WhatsApp adalah WA.link , yang memungkinkan Anda menyesuaikan pesan yang telah diisi sebelumnya dengan mudah, melalui antarmuka yang ramah pengguna dan intuitif.
Selanjutnya, dalam versi Premium, situs WA.link akan memungkinkan untuk memantau statistik dari setiap tautan yang dibuat di platform. Atau, Admin menyarankan WhatsHash , yang menawarkan solusi langsung untuk menghasilkan tautan WhatsApp, juga di sini dengan kemungkinan menyiapkan pesan yang sudah diisi sebelumnya.
Situs yang baru saja disebutkan akan memungkinkan Anda untuk membuat, dengan cara yang sangat mudah dan mandiri, tautan yang dapat Anda integrasikan di dalam situs web Anda (seperti yang akan kita lihat di paragraf berikutnya), atau dalam postingan di Facebook, Instagram, atau jejaring sosial lainnya.
Bagaimana Mengintegrasikan WhatsApp di Situs Web?
Agar pengguna situs web Anda dapat memulai obrolan dengan tim penjualan atau dukungan pelanggan Anda, Anda perlu memastikan bahwa cara membuat link whatsapp yang dibuat sebelumnya terintegrasi dengan baik di dalam halaman web.
Tipsnya, untuk secara drastis meningkatkan kemungkinan lalu lintas yang dihasilkan akan dikonversi menjadi obrolan, Anda harus memastikan bahwa tautan WhatsApp muncul di semua halaman situs web Anda.
Solusi pertama untuk mengintegrasikan tautan WhatsApp di situs web Anda adalah dengan menyalin tautan di dalam halaman web, dan memberi pengguna kemungkinan untuk mengeklik ketika dia ingin memulai percakapan.
Solusi ini, bagaimanapun, sangat mendasar dan secara grafis tidak menarik. Untuk alasan ini, alternatif yang valid adalah membuat tombol yang berisi tautan untuk membuka obrolan WhatsApp.
Cukup menyematkan tautan WhatsApp di dalam gambar, misalnya ikon WhatsApp itu sendiri, untuk mendorong pengunjung Anda memulai percakapan dengan Anda. Terakhir, untuk solusi yang lebih profesional, sebaiknya pasang widget obrolan, yang dimuat di semua halaman situs web, yang muncul sebagai elemen tetap saat menggulir halaman.
Dengan demikian, widget obrolan akan muncul di setiap halaman situs web Anda yang dilihat pengguna Anda, sehingga mereka dapat mulai berkomunikasi dengan Anda kapan saja, di mana pun mereka berada.
Lalu bagaimana menambahkan tautan WhatsApp untuk iklan Facebook, misalnya? Pandemi baru-baru ini telah mendorong banyak perusahaan untuk memasuki dunia digital, mencari cara untuk memperluas komunikasi online mereka , terutama dengan berfokus pada saluran sosial, terutama Facebook.
Banyak yang mulai mengambil langkah pertama, membuat iklan bersponsor untuk menawarkan produk atau layanan mereka melalui media sosial Zuckerberg yang terkenal. Ini, bagaimanapun, telah secara eksponensial meningkatkan persaingan dalam platform.
Pengiklan yang paling berani harus berusaha keras untuk menemukan solusi baru, yang dapat mengurangi kenaikan biaya iklan. Salah satu solusi yang mereka temukan adalah membuat iklan yang tertaut ke WhatsApp dengan satu klik.
Untuk membuatnya, Anda harus memiliki akun WhatsApp Business atau mengintegrasikan API WhatsApp Business ke akun yang sudah ada. Di sini Anda memiliki dua alternatif:
1) Buat iklan dengan tujuan Lalu Lintas, Konversi Situs Web, atau Pesan
Dalam hal ini, setelah Anda membuat iklan baru dengan salah satu tujuan ini, Anda memilih “Klik untuk mengirim pesan” sebagai jenis iklan. Kemudian di bagian “Messaging app”, pilih WhatsApp.
2) Buat iklan dengan tujuan Jangkauan, Kesadaran merek, Interaksi, atau penayangan Video
Di sini, di string “Tautan”, masukkan URL situs web Anda, dan sebagai ajakan bertindak pilih “Kirim pesan WhatsApp”. Di menu tarik-turun, pilih halaman Anda dengan nomor WhatsApp yang ditautkan.
Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus memilih audiens target, penentuan posisi, anggaran, dan format iklan, kemudian setelah Anda mengklik “Terbitkan” iklan Anda akan dianalisis untuk disetujui oleh Facebook.
Itulah cara membuat link whatsapp yang bisa Anda coba untuk memudahkan promosi sekaligus hal lainnya yang memang perlu menjangkau audiens lebih banyak. Semoga membantu!
Baca Juga : Cara Mengetahui Kontak Whatsapp Diblokir atau Tidak