Cara Mengaktifkan GPS Android Jarak Jauh Dengan Mudah, Tanpa Root

Cara Mengaktifkan GPS Android

Cara Mengaktifkan GPS Android Jarak Jauh Dengan Mudah, Tanpa Root – Android menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya untuk membuka, mengedit, dan mengirim data kapan pun dalam waktu yang singkat. Hal ini membuat android menjadi perangkat yang nyaman dan aman untuk menyimpan berbagai file, terlebih lagi dengan semakin besarnya ruang penyimpanan yang ditawarkan. Dengan banyaknya data yang tersimpan, sudah sepatutnya pengguna android mengetahui cara mengaktifkan GPS android jarak jauh guna mengantisipasi hilangnya ponsel termasuk data di dalamnya.

GPS atau Global Positioning System merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang digunakan untuk menginformasikan lokasi pengguna. Saat ini hampir semua handphone sudah dilengkapi dengan system GPS di dalamnya. Hal ini berguna untuk mengetahui lokasi, cuaca, dan bahkan waktu. Untuk mengaktifkan GPS ini tidak diperlukan penggunaan aplikasi tambahan atau me-root perangkat android. Berikut adalah 5 langkah cara mengaktifkan GPS android jarak jauh dengan mudah tanpa root:

Cara Mengaktifkan GPS Android Jarak Jauh Dengan Mudah, Tanpa Root

1. Kenali Fitur Lokasi Pada Android

Cara Mengaktifkan GPS Android

Pengguna android wajib mengetahui fitur lokasi yang disediakan android. Selain merekam lokasi akurat perangkat, fitur lokasi android juga dapat menyimpan jejak lokasi dan memberikan rekomendasi lokasi sekitar. Selain GPS, IP address juga turut merekam lokasi perangkat, namun fitur lokasi GPS menyediakan akurasi yang lebih tinggi. Fitur ini dapat diakses di menu Setting/Pengaturan, lalu cari “Lokasi”. Pada beberapa ponsel, menu lokasi dapat ditemukan di bagian setelan privasi.

2. Aktifkan Setelan Lokasi Pada Android

Cara Mengaktifkan GPS Android

Untuk mengaktifkan GPS android jarak jauh, pengguna perangkat perlu mengaktifkan setelan lokasi pada perangkat. Dengan demikian, lokasi perangkat dapat terdeteksi. Setelan lokasi terdapat di menu setting utama maupun Setting setiap aplikasi di handphone. Untuk setelan lokasi pada android pilih setelan lokasi di menu Setting. Sedangkan menu lokasi pada aplikasi cukup diaktifkan saat membuka/mengakses aplikasi saja.

3. Hubungkan Perangkat Android dengan Perangkat Lain

Menghubungkan perangkat android dengan perangkat lain dapat memudahkan pengguna untuk mengaktifkan GPS android jarak jauh. Cara ini dapat dilakukan dengan aplikasi maupun melalui situs. Di Play Store telah tersedia beberapa aplikasi Device Manager yang memudahkan pengguna dengan lebih dari satu perangkat untuk dapat mengelola perangkatnya dengan ringkas. Pengelolaan perangkat ini termasuk dengan pengecekan lokasi masing-masing perangkat.

4. Hubungkan Akun Google di Perangkat Android

Menghubungkan akun Google pada perangkat android juga memudahkan pengaktifan GPS android jarak jauh. Sistem lokasi Google yang juga berbasis GPS, dapat menyimpan jejak lokasi perangkat dan dapat  meng-update lokasi secara otomatis. Terlebih lagi, dengan akun Google yang terhubung dalam perangkat, aktivitas website dan aplikasi  juga dapat turut merekam lokasi dan menyimpannya dalam akun Google dalam perangkat. Sehingga, jika perangkat tidak ada pada pengguna, pengguna masih dapat mengaktifkan GPS jarak jauh melalui catatan lokasi pada akun Google.

5. Cara Mengaktifkan GPS Android, Aktifkan Layanan Darurat Pada Android

Layanan darurat tersedia pada semua perangkat handphone. Fitur ini dapat mengirimkan lokasi pengguna pada jarak jauh saat melakukan panggilan atau sms darurat kepada petugas tanggap darurat yang dihubungi. Layanan darurat dapat diaktifkan melalui menu Setting/pengaturan di ponsel android. Buka menu Setting/pengaturan, kemudian cari lokasi. Pada bagian lokasi cari “Layanan Darurat”, jika sudah ditemukan dapat segera diaktifkan.

Jika 5 langkah cara mengaktifkan GPS android jarak jauh di atas sudah dilakukan, maka GPS perangkat android sudah aktif secara otomatis. Perangkat android dapat terdeteksi meskipun dalam jarak jauh. Sinkronisasi akun Google dan perangkat lain yang terhubung juga dapat meningkatkan akurasi lokasi GPS.

Baca Juga : Cara Mengubah Lokasi GPS Mudah Menggunakan Layanan Maps Google

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − eight =