Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Overheat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Overheat

Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Overheat Dengan Mudah – Jika Anda telah menggunakan laptop, anda mungkin sering memperhatikan contoh layar biru yang melambat atau acak, atau reboot. Ini dapat disebabkan oleh sejumlah masalah, tetapi kemungkinan besar bisa menjadi kasus laptop Anda terlalu panas. Berikut ini akan diulas cara mengatasi laptop overheat.

Karena laptop menjadi portabel, lebih ringkas, dan lebih ramping, komponen kini dipasang  ke dalam ukuran kecil. Ini bisa dikatakan sedikit ruang untuk aliran udara. Laptop yang tidak sering dirawat dan dibersihkan akan menjadi terlalu panas.

Tips Mudah Cara Mengatasi Laptop Overheat

Jika dibiarkan dan diabaikan, bahkan dapat menyebabkan kegagalan dam error pada perangkat keras anda. Berikut ini ada beberapa tips sederhana sebagai cara mengatasi laptop overheat untuk mencegah laptop Anda terlalu panas.

Gunakanlah laptop pada permukaan yang datar

Cara Mengatasi Laptop Overheat

Sebagian besar laptop memiliki ventilasi udara di bagian bawah atau di samping. Menempatkan laptop di permukaan yang datar atau tidak rata seperti bantal, tempat tidur atau di pangkuan dalam waktu lama akan menghambat aliran udara sehingga menyebabkan laptop menjadi terlalu panas.

Anda mungkin melihat laptop Anda memanas saat Anda menggunakannya seperti ini. Untuk mencegah hal ini terjadi salah satu cara mengatasi laptop overheat, yaitu angkat laptop menggunakan buku atau piring, untuk memastikan tidak ada ventilasi yang terhalang. Bahkan, pertimbangkan untuk membeli dudukan laptop atau dudukan pangkuan untuk mengangkat laptop Anda.

Cara Mengatasi Laptop Overheat, Investasikan pada bantalan pendingin laptop

Jika Anda memiliki ruangan ber-AC, sebaiknya gunakan laptop di sana. Jika ruangan tidak ber-AC, manfaatkan kipas langit-langit atau meja beserta alas pendingin laptop. Bantalan pendingin laptop memiliki kipas di dalamnya yang membantu mengalirkan udara dingin menjaga laptop Anda tetap dingin sepanjang waktu.

Ini juga salah satu cara mengatasi laptop overheat. Pendingin laptop akan membantu mendinginkan laptop dari bawah, mengurangi suhu komponen. Ini adalah perbaikan sementara untuk masalah ini, tetapi masih banyak yang harus dilakukan.

Melakukan pembersihan pada ventilasi secara teratur

Jika Anda telah menggunakan laptop, Anda akan tahu bahwa ada banyak debu yang terkumpul di sekitar ventilasi dan kipas. Ini mengurangi pendinginan dan membatasi aliran udara. Selain menggunakan pendingin laptop, bersihkan debu dengan menggunakan blower udara atau penyedot debu.

Cara mengatasi laptop overheat salah satunya adalah hembuskan udara secara perlahan melalui ventilasi pendingin di samping atau belakang laptop. Jika memungkinkan, baHwa laptop ke pusat layanan dan minta dilakukan perawatan. Tidak hanya laptop Anda akan berjalan lebih dingin, Anda mungkin merasa berjalan sedikit lebih cepat.

Cara Mengatasi Laptop Overheat, Pantau suhu laptop Anda

Ada beberapa program pemantauan suhu seperti Real Temp, GPU-Z, Speccy, HWMonitor dan Core Temp. Semuanya gratis dan dapat digunakan untuk melacak suhu laptop Anda. Pastikan suhu prosesor laptop Anda maksimal, sekitar tanda 65C dan GPU Anda beroperasi di bawah 80C. Ini dapat dianggap sebagai suhu yang aman untuk komponen ini.

Tweak kinerja lainnya untuk mengurangi suhu

Beberapa cara mendinginkan laptop Anda bisa dilakukan hanya dengan mengutak-atik beberapa pengaturan performa di laptop Anda. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan kinerja prosesor. Hampir tidak pernah menggunakan semua kinerja prosesor di laptop kami. Saat digunakan hanya browsing, chatting atau mendengarkan musik, prosesor bisa dibuat berjalan lebih lambat. Salah satu cara mengatasi laptop overheat adalah berikut ini.

Ini dapat dilakukan dengan masuk ke Opsi Daya, di bawah Panel Kontrol Windows. Klik pada mode Penghemat Daya atau buka Pengaturan Lanjutan di bawah salah satu paket daya yang ada. Buka pengaturan manajemen daya prosesor dan tetapkan nilai yang ideal untuk kebutuhan prosesor Anda. Bahkan penurunan kinerja 20-30 persen dapat mengurangi pemanasan secara drastis.

Pengaturan serupa mungkin tersedia untuk solusi grafis, tergantung pada perangkat keras apa yang Anda jalankan di laptop Anda. Beberapa kartu grafis dapat dimatikan seluruhnya saat tidak digunakan. Ini hanya beberapa cara mengatasi laptop overheat. Jika Anda memiliki lebih banyak tips dan saran, kirimkan kami baris di bagian komentar di bawah atau kirim komentar di halaman Facebook kami.

Penyebab Laptop Terlalu Panas atau Overheat 

Laptop bisa menjadi terlalu panas dan mengalami kerusakan jangka panjang ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Dan dengan banyaknya dari kita yang bekerja dan belajar dari rumah, menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk memastikan perangkat Anda bekerja dengan baik dan terlindungi dari kerusakan.

Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop kompak dan memiliki sedikit ruang untuk semua komponennya. Jadi, saat Anda mencoba dan menyelesaikan tugas yang membutuhkan banyak daya komputasi, seperti memuat video game atau streaming acara TV,suhu perangkat Anda dapat meningkat secara signifikan. Ada beberapa cara mengatasi laptop overheat.

Kipas internal akan mencoba mendinginkan semuanya, tetapi laptop Anda masih bisa menjadi terlalu panas dan mulai tidak berfungsi. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa laptop mungkin terlalu panas:

  • Ventilasi udara tertutup. Ini bisa terjadi ketika Anda meletakkan laptop di permukaan yang lembut atau tidak rata, seperti tempat tidur, bantal, atau pangkuan Anda, yang mengurangi aliran udara.
  • Debu, kotoran, rambut, dan kotoran dapat menghalangi kipas laptop Anda, menyebabkannya kesulitan untuk mendinginkan perangkat.
  • Ada masalah dengan perangkat keras internal, seperti baterai lama atau pasta termal yang membusuk, zat yang membantu mencegah komputer Anda kepanasan.

Bagaimana saya tahu jika laptop saya terlalu panas?

Suhu laptop tidak seharusnya melebihi 95 derajat Fahrenheit, menurut Hampshire College. Jadi ketika Anda merasa panas, bertindak cepat. Jika tidak, komputer Anda mungkin tidak hanya mengalami kerusakan permanen tetapi juga memicu kebakaran atau membakar Anda.Namun ada cara mengatasi laptop overheat untuk menghindarinya.

Tanda-tanda lain dari overheating termasuk yang berikut:

  • Laptop Anda membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk melakukan tugas-tugas dasar.
  • Aplikasi dan program membeku.
  • Aksesori laptop seperti mouse atau keyboard Anda berhenti merespons.
  • Laptop Anda tiba-tiba mati dan gagal dihidupkan kembali selama beberapa menit.
  • Muncul pesan error tak terduga yang memperingatkan bahwa laptop terlalu panas.

Kipas laptop yang keras adalah tanda mesin Anda mengalami overdrive saat mencoba untuk mendinginkan. Penyebabnya bisa bermacam-macam bisa karena penumpukan debu di kipas angin, atau bisa juga karena ventilasi udara tertutup, seperti jika Anda meletakkan laptop di pangkuan Anda atau permukaan yang lembut seperti tempat tidur Anda.

Bisa juga karena cara Anda menggunakan komputer atau laptop yang tidak tepat. Jika Anda memiliki perangkat lunak yang terus berjalan di latar belakang atau perangkat lunak yang menghabiskan banyak energi sistem Anda, seperti permainan video atau perangkat lunak pengeditan video, itu juga dapat menyebabkan kipas berputar dengan keras. Cara mengatasi laptop overheat bisa anda coba agar laptop lebih awet dan menghindari kerusakan pada laptop yang lebih cepat.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang Ternyata Ini, Simak Sampai Habis!

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − seven =