Cara Mengubah MP4 menjadi MP3 Tanpa Aplikasi Tetapi Secara Online

Cara Mengubah MP4 menjadi MP3

Cara Mengubah MP4 menjadi MP3 Tanpa Aplikasi Tetapi Secara Online – Video memiliki berbagai format seperti MKV, MPG dan juga MP4. Format MP4 bisa diubah dalam format MP3 menggunakan aplikasi video converter maupun secara online. Cara mengubah MP4 menjadi MP3 tanpa aplikasi yaitu menggunakan situs-situs online yang banyak ditemukan di internet.

File video dalam format MP4 tidak bisa diputar di aplikasi pemutar musik yang ada di Hp. Video tersebut baru bisa diputar jika sudah dirubah ke format MP3 yang kompatibel ke aplikasi pemutar musik. Cara merubah video format MP4 ke format MP3 menggunakan situs online sebagai berikut:

Cara Mengubah MP4 menjadi MP3 Tanpa Aplikasi Tetapi Secara Online

1. Menyiapkan Video MP4 yang Akan Dirubah

File video yang akan dirubah harus disiapkan terlebih dahulu dan dicari lokasi penyimpanannya untuk mempermudah proses pengunggahan video. Pastikan pengguna mengingat nama file dan lokasinya, agar video tidak tertukar. Pengguna bisa menaruh file tersebut dalam folder khusus atau diluar folder untuk mempermudah.

2. Membuka Situs Video Converter Online

Cara Mengubah MP4 menjadi MP3

Pada cara mengubah MP4 menjadi MP3 tanpa aplikasi selanjutnya  yaitu dengan memanfaatkan situs-situs yang ada di internet. Situs tersebut bisa dicari dengan cara mengetikkan keyword “convert video” maka akan muncul berbagai situs yang bisa digunakan untuk merubah format video. Klik link situs maka situs tersebut akan terbuka dan bisa langsung digunakan.

Situs-situs online yang bisa digunakan yaitu CloudConvert, Convertio, FreeConvert dan lain-lain. Fitur-fitur tambahan dalam situs tersebut bisa digunakan saat sudah mendaftar menggunakan email. Pastikan memilih situs yang gratis dan tidak perlu mendaftar jika hanya ingin mengconvert MP4 ke MP3 saja.

 

Pengguna juga bisa menggunakan situs YTMP3, Savefromnet dan Planetlagu jika video yang akan dirubah ke MP3 harus diunduh terlebih dahulu. Video tidak perlu diunduh, hanya perlu menyalin link URL dari video tersebut. Beberapa situs bahkan hanya perlu mengetikkan kata kunci saja maka video yang dimaksud akan muncul.

3. Cara Mengubah MP4 menjadi MP3, Mengunggah Video ke Situs Web

Situs web yang sudah terbuka akan menampilkan beberapa opsi pilihan pekerjaan. Beberapa situs tidak hanya bisa mengconvert MP4 ke MP3 saja, tetapi juga bisa merubah file dalam format lain. Pengguna hanya perlu memilih convert MP4 ke MP3 saja tanpa fitur lain.

Video yang ingin dirubah formatnya harus di unggah terlebih dahulu. Klik tulisan pilih file, maka akan muncul beberapa pilihan lokasi video yang akan di unggah. Tunggu sampai video terunggah 100% baru video tersebut bisa dirubah ke MP3

4. Mulai Convert Video

Cara Mengubah MP4 menjadi MP3

 

Video yang sudah terunggah 100% bisa langsung diubah formatnya. Pengguna hanya perlu mengklik tulisan “mulai” yang ada di bawah kolom unggahan, maka situs tersebut akan mulai mengconvert video. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan download video untuk bisa mengunduh MP3.

Waktu yang diperlukan untuk mengubah MP4 ke MP3 tergantung dari besar kecilnya file video yang diunggah. File yang memiliki ukuran lebih besar akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam prosesnya. Kecepatan internet juga harus diperhatikan, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat.

5. Mengunduh Hasil MP3

Situs akan menampilkan tulisan download file MP3 jika memang proses download sudah selesai. Klik tulisan tersebut, maka file MP3 hasil konversi akan terunduh. Lamanya proses mengunduh bergantung pada ukuran file dan kecepatan sinyal internet.

File yang sudah terunduh bisa langsung diputar menggunakan pemutar MP3. Nama file tersebut tidak berubah dan hanya diberi tambahan jenis format terbaru. File yang tidak bisa diputar kemungkinan terjadi kesalahan saat proses pengunduhan.

Itulah cara mengubah MP4 menjadi MP3 tanpa aplikasi, tapi menggunakan situs online yang tergolong lebih mudah jika dibandingkan menggunakan aplikasi. Situs web bahkan bisa langsung mengconvert video dari YouTube tanpa harus mengunduh dulu video tersebut. Pengguna tidak perlu menghabiskan banyak kuota, karena harus mengunduh dua kali.

Baca Juga : 5 Aplikasi Perekam Layar PC.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *