4 Cara Restart Iphone dengan Mudah Terbaru 2022

Cara Restart Iphone dengan Mudah Terbaru 2022 – Kehadiran Iphone di pasar smartphone cukup memberikan dampak yang besar bagi para pengguna. Jika dibandingkan dengan smartphone Android, Iphone dengan IOS-nya lebih elegan dan sangat stabil. Meski begitu, kedua OS ini memiliki banyak perbedaan yang membuat pengguna bingung apabila berpindah dari Android atau OS lain ke IOS. Salah satu masalah yang terkadang belum dimengerti adalah bagaimana cara restart Iphone dengan baik dan benar.

Cara Restart Iphone dengan Mudah Terbaru 2022

Tentang Iphone

Iphone merupakan brand atau merk smartphone yang diluncurkan oleh Apple Inc. dan telah menjadi salah satu smartphone paling disukai di dunia. Tidak hanya menawarkan sistem operasi yang bagus disertai dengan spesifikasi yang mumpuni, Iphone memiliki pasarnya sendiri dan itu sangat besar dengan merk dagang ternama. Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone ini? Semua orang ingin.

Ponsel Iphone generasi pertama rilis pada tanggal 9 Januari 2007 dan langsung menjadi salah satu smartphone paling terbaik. Sejak saat ini, Apple rutin untuk merilis smartphone baru dan update IOS di setiap tahunnya. Daya tarik utama selain merk yang terkenal, khususnya di Eropa dan Amerika, smartphone Iphone juga memiliki kualitas terbaik, harga stabil, dan ekosistem device canggih. Dari segi visual atau estetika juga cukup kekinian dan nyaman digunakan.

Cara Restart Iphone dengan Mudah

Meski Iphone terkenal dengan OS yang begitu stabil dengan spesifikasi kelas atas, tetapi tidak jarang pengguna merasa kurang nyaman karena permasalahan sistem yang kerap terjadi. Ketika hal itu datang, tidak ada pilihan selain me-restart Iphone Anda untuk menyegarkan kembali sistem yang telah berjalan. Tetapi untuk masih bingung bagaimana cara restart Iphone dengan benar, bisa mengikuti cara restart ulang Iphone yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Restart Iphone Melalui Tombol Ketika Error

Cara pertama yaitu me-restart Iphone melalui tombol khusus apabila handphone dalam keadaan error. Kondisi error yang dimaksud adalah ketika smartphone crash dan tidak dapat bergerak atau tiba-tiba hang. Cara ini bisa diterapkan di berbagai variant Iphone seperti Iphone X, 11, 12, dan 13. Caranya sebagai berikut;

  1. Untuk restart, tahan salah satu tombol volume yang ada di samping Iphone, tekan bersamaan dengan tombol on/off.
  2. Tahan sampai ikon geser daya mati telah muncul di layar.
  3. Geser untuk mematikan daya.
  4. Iphone Anda akan mati dalam 30 detik.
  5. Untuk menghidupkannya, tekan tombol on.

2. Restart Iphone Dengan Tombol Ketika Darurat (Crash)

Selanjutnya adalah cara yang bisa diterapkan pada smartphone Iphone ketika handphone Anda mengalami crash atau hang sehingga tidak dapat bergerak sedikit pun. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah me-restart. Caranya sangat mudah dan bisa diterapkan pada Iphone variant 4 sampai dengan SE rilisan tahun 2020. Cukup ikuti langkah berikut;

  1. Tahan tombol on/off sekitar 5 atau beberapa detik.
  2. Kemudian tunggu sampai perangkat Anda mati dalam 30 detik.
  3. Diamkan Iphone Anda melakukan restart otomatis.
  4. Kemudian tunggu Iphone menyala kembali secara otomatis.

3. Restart Iphone Melalui Menu Settings

Setiap smartphone memiliki menu settings yang di dalamnya terdapat pengaturan sistem, termasuk mengatur restart atau shut down sistem. Menu settings Iphone memiliki pengaturan yang dapat mengatur restart sistem. Anda bisa menggunakan menu ini apabila tombol fisik Iphone Anda rusak. Cara ini bisa diterapkan di seluruh jenis Iphone. Langkah-langkahnya sebagai berikut;

  1. Buka menu Settings pada Iphone menggunakan menu atas atau shortcut lainnya.
  2. Pilih menu “General” yang biasanya berada paling atas kemudian arahkan ke “Accesiblity”.
  3. Ubah modenya menjadi ON.
  4. Selanjutnya pilih Apply apabila Anda ditanya untuk mengatur untuk restart HP.
  5. Restart akan berlangsung secara otomatis dan menunggu hidup kembali.

4. Restart Iphone Melalui Sistem

Terakhir adalah langkah restart Iphone yang paling umum diterapkan, khususnya pada Iphone variant 4 sampai dengan SE 2020. Caranya sangat mudah, yaitu;

  1. Mengklik tombol On/Off atau tahan sampai memunculkan menu geser untuk mematikan daya.
  2. Setelah perintah geser muncul, geser bar sampai sistem mati.
  3. Kemudian tunggu hingga 30 detik agar perangkat benar-benar mati secara keseluruhan.
  4. Setelah mati, Anda bisa menghidupkannya kembali dengan mengklik tombol on/off.

Kesimpulan : Restart merupakan salah satu metode yang paling banyak dan mudah digunakan untuk mengatasi error pada sistem Iphone. Cara restart Iphone di atas bisa Anda terapkan di semua variant Iphone, bahkan merk lain. Pada umumnya, restart memang sangat diperlukan untuk OS HP untuk me-refresh dirinya sehingga RAM lebih lega.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan eSIM di Iphone

Ketika RAM lebih kosong, sistem akan berjalan optimal tanpa ada kendala sedikit pun. Walaupun HP yang digunakan termasuk high end smartphone dengan RAM lebih dari 8 GB, rasanya restart harus tetap dilakukan setidaknya 1 minggu sekali sebagai tindak maintenance.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin