Tips Mengatasi Launcher Yang Berhenti di Android

Mengatasi Launcher Yang Berhenti

Tips Mengatasi Launcher Yang Berhenti di Android – Di jaman modern seperti saat ini, Anda telah bisa menemukan berbagai macam produk teknologi yang canggih, salah satunya adalah smartphone atau ponsel pintar yang saat ini menjadi perangkat yang paling populer di seluruh dunia. Kepopuleran smartphone berbasis Android merupakan hal yang sangat wajar sebab perangkat berukuran mungil ini memang telah bisa digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari sebagai alat komunikasi, sebagai sarana hiburan, bahkan digunakan untuk menunjang produktivitas.

Smartphone Android memang memiliki kelebihan yang sangat banyak, namun demikian smartphone merupakan sebuah perangkat elektronik yang tentu saja tetap bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang terkadang dialami oleh para pengguna smartphone Android adalah launcher yang tiba-tiba berhenti. Padahal perlu Anda ketahui bahwa launcher memiliki peran yang begitu penting untuk memaksimalkan kinerja pada smartphone Android, pada kesempatan kali ini akan kami berikan tips mengatasi launcher yang berhenti di Android.

Tips Mengatasi Launcher Yang Berhenti di Android

Restart Smartphone

Mengatasi Launcher Yang Berhenti

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk atasi launcher yang berhenti di Android adalah dengan melakukan restart atau reboot terlebih dahulu, cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Setelah melakukan restart atau reboot smartphone, maka secara otomatis Anda juga akan merefresh sistem sehingga launcher juga akan berjalan kembali dengan normal.

Hapus Data Aplikasi

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk atasi launcher yang berhenti di Android adalah dengan menghapus data aplikasi. Perlu Anda ketahui bahwa dengan menghapus data aplikasi, maka semua pengaturan, history, bookmark, dan file cache akan hilang sehingga tampilan Android Anda akan kembali seperti baru, Anda bisa melakukan hal ini melalui menu pengaturan.

Kurangi Penggunaan Aplikasi Yang Berlebihan

Mengatasi Launcher Yang Berhenti

Cara ketiga yang juga bisa Anda lakukan untuk atasi launcher yang berhenti di Android adalah dengan mengurangi penggunaan aplikasi yang berlebihan, hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan akan membuat RAM menjadi penuh yang mana akan bisa berdampak pada launcher yang macet atau berhenti sehingga alangkah baiknya apabila Anda mengurangi penggunaan aplikasi.

Mengganti Dengan Launcher Lain

Untuk mengatasi launcher yang berhenti di perangkat Android, Anda juga bisa menggantinya dengan launcher lain. Anda tidak perlu khawatir karena telah tersedia banyak sekali launcher buatan pihak ketiga yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store, alangkah baiknya apabila Anda memilih launcher yang ringan seperti misalnya Nova Launcher sehingga tidak memberatkan smartphone.

Mengatasi Launcher Yang Berhenti, Update Firmware

Mengatasi Launcher Yang Berhenti

Apabila keempat hal di atas masih belum bisa mengatasi masalah launcher yang berhenti di Android, maka Anda harus melakukan update firmware. Pasalnya launcher yang berhenti bisa saja disebabkan oleh adanya bug yang dimiliki oleh sistem lama, maka dari itulah Anda harus melakukan update firmware. Untuk melakukan update firmware, Anda harus terkoneksi dengan internet.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah launcher yang berhenti di Android, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa tips di atas.

Baca Juga : Tips Mengatasi Notifikasi Yang Tidak Muncul di Android

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *