Cara Uninstall Chromium dengan Mudah

Cara Uninstall Chromium

Cara Uninstall Chromium dengan Mudah – Menghapus instalan browser Chromium dari PC atau laptop Kamu berbeda dengan menghapus instalan program lain seperti biasanya, karena Chromium adalah aplikasi open source bawaan. Namun, jika Kamu tidak tahu, jangan takut, karena Kamu akan mendapatkan jawaban tentang cara membersihkan Chromium di artikel ini.

Menurut Wikipedia, Chromium adalah browser gratis yang dibuat oleh Google. Kamu harus tahu bahwa browser ini juga mengambil sebagian besar data kode yang digunakan oleh Google Chrome. Oleh karena itu, wajar jika kedua browser tersebut memiliki beberapa kesamaan bahkan dalam logonya.

Chromium juga berbeda dari Google Chrome. Berikut perbedaan antara chromium dan google chrome yang harus Kamu tahu:

Chromium Google Chrome
Lisensi open source Lisensi freeware
Dikembangkan oleh komunitas browser open source Dikembangkan langsung oleh Google
Mempunyai banyak versi lain Hanya mempunyai 1 versi (Chrome)

 

Sebenarnya, Chromium sendiri bukan merupakan virus. Hanya saja, karena dikembangkan secara open-source, terdapat beberapa versi Chromium yang secara tidak sengaja berisi malware di dalamnya. Nah, Chromium yang berisi virus ini sudah pasti bukanlah Chromium versi resmi. Apakah Chromium berbahaya? Chromium Browser yang terkena virus tentu akan sangat berbahaya untuk komputer, sehingga penghapusannya sangat direkomendasikan.

Apakah Chromium boleh dihapus? Virus chromium memang tidak berbahaya, namun dapat memperlambat kinerja laptop Kamu karena berisi malware. Jika dibiarkan saja memang tidak akan berpengaruh apa-apa, namun akan sangat mengganggu nantinya jika terlalu lama dibiarkan saja. Sangat direkomendasikan jika memang tidak sengaja menginstall browser satu ini, sebaiknya Kamu segera menghapusnya saja.

Tentu Sebagian besar Chromium digunakan pengembang dari browser lainnya untuk menciptakan kembali browser yang mereka ciptakan sendiri. Banyak orang diluar sana yang menggunakan chromium sebagai pengembang browser lain, namun ada sisi negative dari chromium itu sendiri yang tidak disukai oleh beberapa orang, Berikut sebabnya.

Penyebab Browser Chromium Dihapus dari PC Atau Laptop

Karena tampilan chromium ini hampir sama dengan google chrome, maka sebagian orang banyak yang menyangka bahwa Browser Chromium tidak lain adalah virus yang meniru browser Google palsu. Cara kerja yang sering nyala sendiri juga menjadi salah satu sebab bagaimana browser chromium ini dianggap virus, yang sangat mengganggu kerja dan performa di PC ataupun Laptop.

Salah satu alasan lainnya adalah para pengguna Internet pasti akan lebih memilih menggunakan browser Google Chrome yang karena memang lebih cocok untuk menjelajahi dunia internet dibandingkan browser Chromium. Chromium sangat berguna jika Kamu ingin mengupgrade browser Kamu, tetapi tidak jika Kamu adalah penjelajah internet yang menggunakan browser secara normal.

Cara menghapus Chromium sebenarnya sama dengan cara menghapus program maupun aplikasi yang berada di Windows, namun sebagian orang tidak tahu dengan cara ini. Dibawah ini merupakan cara mengUninstall Chromium dari Operating System Windows 7, OS Windows 8, dan OS Windows 10 hingga bersih.

Cara Uninstall Chromium dari Windows

Cara Uninstall Chromium dari windows

Terdapat 2 langkah yang harus Kamu simak untuk bisa uninstall Browser Chromium ini di OS windows sampai bersih. Langkah pertama adalah metode uninstall biasa, setelah itu Kamu harus mendelete folder Browser Chromium untuk menghilangkannya dari PC atau Laptop Kamu secara tuntas dan permanen.

Cara Unsinstall browser chromium disini, Kamu wajib memastikan versi OS Windows yang Kamu sedang pakai. Simak ulasan lengkapnya sesuai dengan jenis windowsnya.

Uninstall Chromium di OS Windows 7.

Cara uninstall chromium di windows 7 adalah sebagai berikut:

  • Klik icon windows kemudian masuk ke Control Panel.
  • Klik Program and Feature yang terserdia di control panel.
  • Kemudian cari Chromium dilist aplikasi atau program yang tertera.
  • Kemudian, klik kanan dan klik Uninstall.

Uninstall Chromium di OS Windows 8

Berikut cara menguninstall Chromium di Windows 8:

  • Pertama pilih File Explorer kemudan klik Control Panel.
  • Cari Program dan Feature lalu klik.
  • Cari Chromium dari list aplikasi yang tertera.
  • Kemudian, klik kanan kemudian klik.

Uninstall Chromium di OS Windows 10.

Selanjutnya cara uninstall chromium di windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Klik icon Windows 10 kemudian klik Settings.
  • Pilihlah menu Apps lalu masuk ke menu Apps and features.
  • Selanjutnya carilah aplikasi Chromium, lalu klik Uninstall.

Cara Uninstall Chromium Secara Permanen

Cara Uninstall Chromium permanen

Bila Kamu telah menguninstall browser chromium dari OS Windows Kamu, maka langkah selanjutnya Kamu harus menghapus Browser Chromium ini dengan metode menghapus folder Browser Chromium di dalam informasi windows Kamu supaya Browser Chromium bisa dihapus permanen serta tidak muncul lagi.

Pada sesi ini bisa jadi berbeda caranya dengan sesi sebelumnya untuk tiap tipe windows yang terdapat. Oleh karena itu, pastikan Kamu menelusuri cara menghapus browser Chromium ini di OS Windows yang cocok dengan OS Windonws yang Kamu gunakan.

Metode Unsinstall Chromium di OS Windows 7

Cara uninstall chromium secara permanen di OS Windows 7 adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke Windows Explorer, kamu juga bisa menggunakan shortcut CTRL+E di keyboard.
  • Kemudian pilih dan klik Folder Option di menu Tools.
  • Klik view setelah itu ceklis pilihan Show Hidden F
  • Cari folder browser chromium di Drive( C:) ataupun Local Drive( C:).
  • Pilih User.
  • Pilih Folder Apps Data lalu klik Folder Local.
  • Temukan folder Chromium lalu hapus.
  • Bila folder tidak dapat dihapus, cek task manager ataupun dengan menekan shortcut CTRL+ALT+Delete bersamaan, setelah itu klik end task Chromium.

Metode Unsinstall Chromium di OS Windows 8

Cara uninstall chromium secara permanen untuk windows 8 adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke Windows Explorer kemudian klik folder User.
  • Pilih folder C: UsersNamaKomputerAppDataLocal( ubah Nama Komputer menjadi nama pc Kamu)
  • Buka tab menu dengan nama view setelah itu klik Option kemudian klik pilihan Change folder and search options.
  • Kemudian klik pilihan Show hidden files, folders and drivers.
  • Kembali menuju Local Folder, kemudian cari serta delete folder dengan nama

Metode Uninstall Chromium di OS Windows 10

Adapun cara uninstall chromium secara permanen di windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Open Windows Explorer kemudian klik drive( C).
  • Pilih folder User.
  • Pilih folder AppData kemudian pilih
  • Klik View Tab Menu setelah itu klik Option kemudian klik pilihan Change Folder and Search O
  • Kemudian klik View pada pilihan di Folder Option kemudian pada hidden files and folders klik pilihan Show hidden files dan klik folders and drivers.
  • Sehabis itu folder chromium akan timbul serta tidak akan muncul
  • Menuju lagi ke folder Local, dan kemudian cari serta hapus folder yang bernama chromium untuk mendelete browser chromium hingga permanen.

Saat ini chromium sudah sukses didelet dari pc atau laptop kamu secara permanen. Saat ini Kamu tidak butuh takut akan tersendat dengan browser chromuium yang kerap membuka sendiri.

Demikian artikel mengenai cara uninstall chromium dengan mudah hingga bersih. Metode ini telah teruji sukses untuk uninstall browser chromium di komputer maupun laptop serta tidak akan kembali lagi. Jika Kamu tidak sengaja menginstall chromium, sebaiknya dihapus saja ya, agar laptop atau PC Kamu tetap baik dan nantinya tidak akan berat saat dipakai untuk bekerja.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 6 =