20 Cara Gadai Laptop dan HP di Pegadaian Beserta Syaratnya

Cara Gadai Laptop dan HP di Pegadaian Beserta Syaratnya – Beberapa waktu yang lalu, Pegadaian mulai membuka kesempatan untuk memperoleh pinjaman dengan agunan non-emas. Karena lembaga ini memang dikenal sebagai pemberi pinjaman dengan jaminan berupa emas baik perhiasan maupun batangan. Namun, kini mulai memperhatikan gaya hidup masyarakat.

Karena pada umumnya masyarakat pada masa ini memiliki telepon genggam yang berspesifikasi tinggi. Juga mempunyai perangkat laptop yang berkualitas baik.  Sehingga Pegadaian membuka kesempatan untuk mendapatkan uang pinjaman dengan memanfaatkan jaminan perangkat tersebut

Bagaimanakah cara gadai laptop HP dan HP di pegadaian beserta syaratnya? simak penjelasan di bawah ini.

Cara Gadai Laptop dan HP di Pegadaian Beserta Syaratnya

Syarat Gadai Laptop dan HP di Pegadaian

Pegadaian mensyaratkan beberapa ketentuan yang agak berbeda dibandingkan dengan jika nasabah ingin mengagunkan emas. Sebab kali ini yang akan dibawa sebagai jaminan adalah perangkat elektronik yang memiliki waktu serta umur pakai yang lebih terbatas dibandingkan emas.

Selain itu pula perangkat elektronik biasanya memiliki harga yang berbeda antara satu toko dengan yang lainnya. Terlebih lagi jika dibeli dengan jangka waktu yang lama dibandingkan dengan harga pada saat dirilis pertama kali.  Umumnya terjadi perbedaan harga dan signifikan.

Persyaratan Kelengkapan Barang Elektronik

Oleh karena itu syarat utama ketika akan menggadaikan perangkat elektronik berupa HP dan laptop adalah sebagai berikut:

  •  Unit harus lengkap dengan aksesoris yang dibawa dari pabrik
  •  Harus memiliki kardus lengkap
  •  Menyertakan kuitansi yang dapat dijadikan bukti harga dari laptop dan HP tersebut

Tanpa ketiganya maka Anda akan mengalami kesulitan menggadaikan laptop dan HP di Pegadaian. Sebab salah satu cara untuk menentukan pagu pinjaman adalah dengan melihat kondisi kelengkapannya. Besaran pinjaman yang akan diberikan oleh lembaga ini juga akan disesuaikan dengan harga perangkat tersebut pada saat membeli.

Oleh karenanya disarankan untuk tetap menyimpan seluruh aksesoris serta kardus yang digunakan untuk mengemas perangkat elektronik tersebut. Sebagai cara untuk berjaga-jaga seandainya membutuhkan uang cepat dan tidak memiliki agunan berupa emas batangan atau kendaraan.

Syarat Kelengkapan Identitas

Selain barang jaminan ada juga harus melengkapi beberapa syarat yang wajib dimiliki oleh pemohon. Ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Wajah berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki identitas resmi berupa e KTP atau SIM

Cara Menggadaikan HP dan Laptop Ke Pegadaian

Setelah Anda memastikan bahwa seluruh barang jaminan memiliki kelengkapan aksesoris dan kardus Maka selanjutnya adalah mengunjungi Kantor Pegadaian terdekat.

  1. Isilah dengan lengkap formulir pengajuan gadai yang disediakan pada kantor tersebut
  2. Selanjutnya serahkanlah barang jaminan lengkap dengan kwitansinya ke petugas penaksir
  3. Petugas penaksir akan melihat berapa perkiraan plafon pinjaman yang dapat diberikan
  4. Setelah selesai menaksir, maka Anda akan memperoleh besaran nominal pinjaman berdasarkan kwitansi tersebut
  5. Jika menyetujui nominal tersebut maka petugas kasir akan memproses secara administrasi permohonan gadai Anda
  6. Selanjutnya anda akan menandatangani surat bukti gadai rangkap 2
  7. Kemudian uang pinjaman dapat Anda terima secara tunai atau di transfer ke rekening atas nama pemohon sendiri

Keuntungan dan Kerugian Menggadaikan HP dan Laptop di Pegadaian

Anda wajib mempertimbangkan terlebih dahulu bahwa terdapat kerugian dan keuntungan ketika menggadaikan perangkat elektronik di Pegadaian. Sebab sudah jamak kedua alat ini dipergunakan sebagai media komunikasi serta untuk menerima berbagai macam pekerjaan secara online.

Keuntungan Menggadaikan HP dan Laptop

Ada banyak keuntungan  yang dapat anda peroleh ketika menggadaikan HP dan laptop di Pegadaian. Apa saja benefitnya? Simak penjelasan berikut ini

1. Prosesnya yang mudah dan cepat

Menggadaikan HP dan laptop di pegadaian termasuk pilihan yang bijaksana jika anda tidak memiliki waktu yang banyak.  Sebab prosesnya pun sangat cepat paling lama 1 sampai 1 jam bergantung pada konsumen yang datang di Kantor Pegadaian saat itu juga.  Sebab pengajuan Anda akan langsung diproses oleh penaksir gadai

2. Aman dan Diasuransikan

Pegadaian telah memberikan jaminan bahwa seluruh barang yang digadaikan di lembaga tersebut aman karena disimpan pada sistem pergudangan yang keamanannya sangat tinggi.  Selain itu pula seluruh barang akan diasuransikan baik untuk kebakaran hutan hilang.

3. Barang Jaminan

Untuk pengajuan produk pinjaman gadai non emas ini jaminannya pun sangat mudah yaitu dapat berupa HP dan laptop saja.  Selanjutnya anda akan memperoleh sejumlah uang yang sesuai dengan kualitas perangkat yang diajukan sebagai agunan. Mengapa dianggap mudah karena sebagian besar kini semua orang memiliki perangkat tersebut.

4. Waktu pinjaman yang fleksibel

Tenor pinjaman yang diberikan adalah 1 sampai 120 hari.  Namun Anda dapat melunasinya sewaktu-waktu tanpa terikat.  Jika di kemudian hari sudah memiliki dana sebesar pokok maka tidak menjadi masalah jika ingin melunasi nya begitu saja.  Beban biaya yang ditambahkan hanyalah sewa modal berdasarkan modal hari.

Jikapun pada akhir hari ke 120 Anda tidak dapat melunasinya, maka jangan merasa bingung. Sebab pemohon tetap dapat memperpanjang tenor pinjaman dengan hanya membayar biaya sewa modal dan administrasi.  Syaratnya adalah mengurangi pokok sesuai dengan penyusutan perangkat tersebut.

5. Cicilannya sangat ringan

Pinjaman Pegadaian dengan memanfaatkan HP dan laptop ini  menawarkan cicilan yang sangat ringan. Karena bunganya pun tidak besar dan dihitungnya per hari. Oleh karenanya Jika anda memiliki uang untuk menebusnya tidak perlu menunggu sampai batas akhir tenor pelunasan.

6. Tersedia bermacam fitur pembayaran

Pegadaian memiliki aplikasi Pegadaian digital yang membantu anda untuk memudahkan proses pembayaran sehingga sekarang tidak perlu lagi datang ke Kantor Pegadaian.  Cukup melakukan transaksi menggunakan aplikasi perbankan yang anda miliki dan sesuaikan dengan nomor rekening bukti gadai.

Pelunasannya mudah

Pelunasannya pun sangat mudah anda hanya perlu membawa uang sebesar pokok pinjaman ditambah dengan sewa modal dan biaya administrasi. Dalam waktu 15 menit HP dan laptop yang Anda gadaikan akan langsung dapat dibawa pulang.

Ada pula kantor cabang yang membutuhkan perjanjian terlebih untuk pelunasan dan pengambilan barang. Sehingga sebaiknya sabah membuat perjanjian sehari sebelumnya melalui media komunikasinya.

Kerugian Gadai HP dan Laptop di Pegadaian

Walaupun menggadaikan HP dan laptop di pegadaian terdapat beberapa kerugian yang harus Anda antisipasi sebelum mengajukan pinjaman tersebut. Terlebih lagi jika memang kedua perangkat tersebut digunakan untuk mencari nafkah dan alat komunikasi. Bagian yang harus ditindaklanjuti adalah sebagai berikut:

  • Jika ternyata HP dan laptop merupakan perangkat yang digunakan untuk bekerja tentu ini akan mengganggu ritme pekerjaan. Oleh karena itu pertimbangan untuk mengajukan pinjaman dengan cara menggadaikan kedua perangkat ini.
  • Jika ternyata HP digunakan sebagai alat komunikasi, maka akan berpotensi kehilangan kontak dari orang-orang yang mengenal Anda
  • Jika kondisi HP dan laptop sudah 1 tahun maka plafon pinjaman yang diberikan Tentu saja tidak terlalu tinggi.
  • Kondisi HP dan laptop juga mempengaruhi besaran pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian.  Semakin baik tentu akan semakin tinggi dan semakin terlihat kinerja nya menurun maka plafonnya akan semakin rendah.
  • Memastikan bahwa kinerja kedua perangkat alat elektronik itu masih dalam keadaan terbaiknya. Sebab petugas penafsir juga akan melihat sampai Bagaimana performa kedua perangkat tersebut pada kondisi normal.  sehingga semakin baik bentuk plafon pinjaman akan semakin besar.

Jenis Produk Pegadaian dengan Jaminan Laptop dan HP

Tersedia berbagai produk jaminan pegadaian emas yang difasilitasi oleh lembaga keuangan ini. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Tabel di bawah ini akan menjelaskan perbedaannya:

Gadai Non Emas Reguler

Produk ini memiliki jangka waktu maksimal tenor pinjaman adalah 120 hari.  Namun masa sewa modal dihitung 15 hari sekali.  Besarannya dikalkulasi dari pokok pinjaman.

Uang Pinjaman Sewa modal Biaya Administrasi
Rp50.000 – Rp500.000 1 persen Rp2.000
Rp500.000 – Rp 5 juta 1,2 persen Rp10.000 – Rp35.000
Rp5 juta- Rp20 juta 1,2 persen Rp50.000 – Rp100.000
>Rp 20 juta 1,2 persen Rp125.000

Gadai Non-Emas Prima

Produk ini menerapkan bunga 0%. Namun, batas pinjamannya hanyalah maksimal 60 hari. Selain itu terdapat aturan yang lain bahwa dalam satu keluarga hanya boleh sekali waktu memperoleh pinjaman periode.  Kendati tidak ada bunga namun tetap wajib membayar uang administrasi yang besarnya sebagai berikut:

  • Pokok  pinjaman Rp 50.000 – Rp 200.000,  besar biaya administrasinya Rp 2.000
  • Pokok pinjaman di atas Rp 200.000 – Rp 300.00,  besar biaya administrasinya Rp 3.000
  • Pokok  pinjaman di atas Rp 300.000 – Rp 400.000.  besar biaya administrasinya  Rp 4.000
  • Pokok pinjaman di atas Rp 400.000 – Rp 500.000, besar biaya administrasinya Rp 5.000

Gadai Non -Emas Harian

Produk pinjaman Pegadaian ini memiliki jangka waktu hanya berkisar 15, 30 dan 60 hari.  Namun,  semua sewa modalnya dihitung harian. Adapun tabel biaya perkiraan untuk besaran pinjaman serta bunga dan administrasi adalah sebagai berikut:

Uang Pinjaman Sewa modal Biaya Administrasi
Rp50.000 – Rp500.000 0,09 persen Rp2.000
Rp500.000 – Rp 5 juta 0,09 persen Rp10.000 – Rp35.000
Rp5 juta- Rp20 juta 0,09 persen Rp50.000 – Rp100.000
>Rp 20 juta 0,09 persen Rp125.000

Dengan melihat banyaknya produk pinjaman Pegadaian yang dapat Anda fungsikan sebagai cara gadai laptop dan HP di pegadaian besar syaratnya, maka sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mencicil pokok beserta sewa modalnya.

Baca Juga: 25 Cara Pinjam Uang di Pegadaian Terbaru 2022

Perhatikanlah pula keuntungan dan kerugian menggadaikan HP dan laptop terutama jika dimanfaatkan sebagai perangkat kerja. Sebab akan berpotensi kehilangan komunikasi serta berbagai dokumentasi pekerjaan yang bisa jadi sudah dilakukan dan tersimpan pada perangkat tersebut.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin