Jangan Bingung! Inilah 5 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal!

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Jangan Bingung! Inilah 5 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal! – Memori tinggal sedikit tapi masih ingin banyak mengakses aplikasi? Pilihan kesal dan pasrah bukan solusi yang terbaik. Sebagian orang masih banyak yang belum tahu cara yang tepat untuk bisa memakai aplikasi banyak di ruang eksternal. Padahal ada cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yang bisa dimanfaatkan. Maka, inilah cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut:

Jangan Bingung! Inilah 5 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal!

1. Gunakan Aplikasi Pemindah

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Cara pertama ini sedikit membutuhkan bantuan dari pihak lain. Tentunya masih berkaitan dengan aplikasi pembantu. Sebenarnya terdapat dua trik umum dalam memindahkan aplikasi ke memori eksternal, salah satunya menggunakan aplikasi pembantu. Diantara aplikasi yang bisa membantu memindahkanya adalah Apps2SD. Namun, sebelum mengaksesnya, terlebih dahulu ponsel android nya ada yang harus dan tidak dimatikan.

Aplikasi lain yang bisa diakses adalah Link To SD Card. Namun, diperlukan mematikan ponsel androidnya, setelah itu baru bisa dipindahkan aplikasi berikut data ke memori eksternal. Hal tadi, hanya bisa pada pemindahan satu aplikasi. Ada juga, yang tanpa mematikan android terlebih dahulu, caranya dengan menggunakan move to SD Card yang kerjanya sama dengan Link to SD Card.

2. Pindahkan Lewat USB Debugging

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Opsi lain yang bisa dicoba adalah memindahkan aplikasi ke memori eksternal lewat USB Debugging. Bantuan Ini merupakan fitur pengembang. Istilah ini bisa disebut dengan Developer Options. Namun, saat menggunakan USB Debugging, ternyata memiliki kelemahan, yakni tidak bisa terakses hanya menggunakan android saja. Diperlukan perangkat lain untuk membantunya. Bisa dikata, harus lewat laptop sebagai medianya.

Adapun langkah-langkahnya adalah pertama dengan mengaktifkan developer options dengan menge-tab sebanyak tujuh kali di build number. Maka, USB Debugging bisa langsung diaktifkan. Pastikan sudah aktif lalu sambungkan android dan laptop dengan USB yang sudah ada. Terakhir, aplikasi yang yang diinginkan bisa segera dipindahkan ke memori eksternal.

3. Ubahlah Dengan Pengaturan

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternall yang ketiga adalah bisa melalui pengaturan. Sayangnya, hanya pada android dengan jenis OS Android 9 Pie. Jadi, tidak bisa digunakan pada selain jenis android tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah, pertama kali yang dilakukan adalah membuka pengaturan di android, biasanya sudah bawaan dari HP nya.

Kedua  pilihlah aplikasi yang mau dipindahkan ke memori eksternal dengan mengkliknya. Setelah itu, klik pada menu ganti penyimpanan. Ketiga, setelah diklik pada menu tersebut pilih memori eksternal atau istilahnya di android adalah SD Card. Cara ini agar aplikasi bisa langsung pindah di SD card dan tinggal ditunggu beberapa saat untuk menyelesaikan proses pemindahannya.

4. SD Card Jadikan Penyimpanan Utama

Opsi lain yang bisa digunakan adalah menggunakan memori eksternal sebagai penyimpanan utama menggantikan memori internal. Berikut cara yang bisa dicoba, pertama, SD Card yang akan dijadikan pindahan dipastikan sudah terdeteksi di HP. Jika belum terdeteksi, ulang kembali pemasangannya dan bisa dihapus data yang tidak penting. Fokus pada fitur pengaturan dan memilih ikon penyimpanan.

Selanjutnya, pengguna bisa mengklik menu bagian atas yang ada logo garis tiga horizontal ataupun titik tiga yang vertikal.  Lalu setel pengaturan penyimpanan dan memilih media SD Card. Ubahlah format yang semula eksternal menjadi internal. Pastikan pula format itu berhasil diklik internal. Jangan gegabah membatalkan sebelum proses mengubah format internal tadi selesai. Setelah selesai transfer aplikasi bisa dilakukan.

5. Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal, Pindahkan Langsung Lewat File Manager

Setelah banyak tahu memindahkan aplikasi ke memori eksternal baik melalui bantuan perangkat atau aplikasi lain, kali ini bisa juga dengan cara memindahkan langsung lewat file manager. Caranya sangat mudah tentunya. Pertama mengaktifkan android yang menjadi perangkatnya. Carilah aplikasi yang ada di memori internal untuk dipindahkan. Selanjutnya klik.

Langkah berikutnya adalah arahkan pada titik vertikal tiga yang ada ikon pindahkan atau garis tiga yang mendatar. Tempatkan pada wadah yang telah tersedia yakni berupa SD Card. Alasannya memori eksternal tersebut menjadi hilir dari pemindahan aplikasi. Langsung saja pilih SD Card sebagai media penyimpanan dan proses pemindahan akan berlangsung. Pastikan sudah berhasil sampai selesai.

Itulah lima cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Banyak opsi yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kapasitas ponsel. Pastikan ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan berurutan. Hal ini dilakukan supaya proses pemindahan bisa sukses.

Baca Juga : Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *