Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja? Update Fitur Pemakaian 2021

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja? Update Fitur Pemakaian 2021 – Sudah sekitar satu tahun ini terhitung sejak September 2021 Kemendikbud Ristek meluncurkan program kuota bantuan untuk membantu kegiatan belajar mengajar secara online. Mulai dari pendidikan tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi menjadi sasaran Kemendikbud Ristek dari program kuota bantuan ini. Tidak hanya untuk video conference, kuota Kemendikbud ini juga sangat membantu bagi para peserta didik maupun mahasiswa dalam browsing untuk mencari informasi mengenai materi tugas mereka. Lalu apa saja fitur pemakaian dari kuota kemendikbud ini. Mari kalian simak informasi mengenai Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa saja? Update Fitur Pemakaian 2021.

Pada periode oktober 2021 ini setidaknya ada 26,6 juta penerima yang akan disalurkan kuota bantuan oleh kemendikbud Ristek. Nadiem Makarim selaku Mendikbud Ristek menyatakan bahwa tujuan dari kuota bantuan periode 2021 ini juga demi mendukung kelancaran implementasi PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas yang akan dikombinasikan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau pembelajaran online seperti yang sudah berjalan sejak awal tahun 2020 kemarin.

Lalu apa fitur pemakaian yang diberikan kuota bantuan kemendikbud ini? Berikut ini beberapa situs dan aplikasi yang dapat diakses menggunakan kuota bantuan kemendikbud.

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja? Update Fitur Pemakaian 2021

  • Situs belajar
  1. Aminin

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Aminin merupakan aplikasi berbasi Android dan juga iOS untuk pembelajaran Al-Quran, yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya untuk belajar mengaji tanpa perlu keluar rumah.

  1. AyoBelajar

Ayobelajar ini adalah sebuah sistem manajemen sekolah yang berbasis mobile app dan juga web. AyoBelajar menawarkan solusi administrasi terpadu yang ditujukan kepada sekolah. AyoBelajar juga bisa diakses oleh para murid, guru bahkan orang tua dan juga karyawan sekolah.

  1. Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja, Cakap

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Cakap menawarkan pelatihan bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Indonesia dan juga Korea. Aplikasi Cakap dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Cakap di Google Play Store.

  1. Bahaso

Bahaso adalah salah satu aplikasi belajar bahasa karya anak bangsa. Bahaso menyediakan konten belajar bahasa untuk para pengguna yang berisi materi belajar bahasa komprehensif. Adapun tugas yang disediakan untuk pengguna guna meningkatkan kemampuan. Bahaso dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Bahaso di Google Play Store.

  1. Whatsapp

Whatsapp atau yang biasa disebut WA merupakan aplikasi milik perusahaan Facebook yang merupakan aplikasi perpesanan paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan di dunia. Pada masa pandemic WA sendiri sangat berguna dalam kegiatan belajar mengajar selain untuk komunikasi bagi para guru dan pelajar, tapi juga dapat digunakan untuk memberikan materi berupa Power Point atau pun dokumen lainnya.

  1. Duolingo

Duolingo ini merupakan platform edukasi bahasa paling popular di didunia dengan jumlah pengguna mencapai 500 juta pengguna. Pada saat ini duolingo menawarkan kursus dalam 28 bahasa. Aplikasi duolingo ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi duolingo di Google Play Store.

  1. Eduka System

Eduka System merupakan sebuah platform yang menyediakan latihan soal dari berbagai mata pelajaran berserta rangkuman lengkap dari kuis soal latihan untuk para pelajar. Aplikasi Eduka System ini sudah dapat anda unduh di Google Play Store.

  1. Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja, Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu produk dari Google yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran online. Produk Google yang satu ini sebetulnya sudah rilis sejak 2014 tapi baru semenjak pandemi Covid-19 aplikasi ini banyak digunakan dan menjadi popular di bidang pendidikan. Aplikasi Google Classroom dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Google Classroom di Google Play Store.

  1. Quipper

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Quipper merupakan platform E-learning yang didirikan pada tahun 2010 yang beroperasi di 4 negara yakni, Jepang, Meksiko, Filipina dan juga Indonesia. Dengan teknologi Quipper bertujuan untuk memperbaiki, menyediakan dan mendistribusikan pendidikan yang berkualitas. Aplikasi Quipper ini sudah dapat anda unduh di Google Play Store.

  1. Ruangguru

Ruangguru adalah sistem manajemen pembelajaran atau yang biasa disebut Learning Management System (LMS). Ruangguru pun menjadi platform pembelajaran dalam negeri dengan pengguna yang sangat banyak yakni, 22 juta pengguna. Harga les di ruangguru terbilang sangat murah dengan harga sekitar Rp. 1.000 an perharinya sudah bisa mendapatkan materi SD, SMP ataupun SMA di Ruangguru. Aplikasi Ruangguru ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Ruangguru di Google Play Store.

  1. Zoom

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Zoom dibuat untuk komunikasi jarak jauh berbasis video bersama. Zoom ini biasa digunakan untuk kepentingan rapat kerja, kegiatan belajar mengajar jarak jauh, seminar, bahkan interview kerja juga dapat dilakukan melalui zoom. Terutama saat pandemi Covid-19 zoom menjadi idaman para pengguna khususnya di bidang pendidikan. Aplikasi Zoom ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Zoom di Google Play Store, dan juga bisa digunakan pada perangkat laptop atau PC.

  1. Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja, Google Meet

Aplikasi Google Meet atau yang sering disebut Gmeet ini memiliki fungsi yang sama seperti pesaingnya Zoom. Aplikasi ini merupakan salah satu produk dari Google yang memiliki tujuan untuk memberikan layanan video conference kepada para pengguna, aplikasi ini juga sering menjadi pilihan bagi para pelajar, guru, dosen dan juga mahasiswa untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Aplikasi Google Meet ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Google Meet di Google Play Store.

  1. Edmodo

Edmodo juga menjadi salah satu platform pembelajaran online paling popular. Edmodo sendiri dikenal di Indonesia sudah cukup lama. Edmodo ini memeiliki berbagai fitur yang sangat berguna seperti, Parent Code, Award Badge, Polling, Assignment, Quiz, Grade Book dan juga Library. Aplikasi Edmodo ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Edmodo di Google Play Store.

  1. Microsoft Teams for Education

Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja

Microsoft Teams menyediakan pertemuan virtual secara gratis dengan parsipian sebanyak 300 orang. Aplikasi Microsoft Teams for Education ini dapat kalian unduh di App Store untuk pengguna iOS dan bagi kalian penguna Android dapat mengunduh aplikasi Microsoft Teams for Education di Google Play Store.

  1. Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja, LMS Kampus

Kuota kemendikbud juga memberikan layanan bagi penerima kuota bantuan untuk dapat mengakses Leaning Management System dari Kampus masing- masing demi kelancaran kegiatan kuliah online.

Ya itulah beberapa situs dan aplikasi yang dapat diakses menggunakan kuota bantuan dari kemendikbud ristek. Semoga informasi dari kami mengenai Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa saja? Update Fitur Pemakaian 2021 dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga : Cara Daftar Kuota Kemendikbud Peserta Didik dan Pengajar

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − twelve =