10 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot Terbaru 2022 – Iphone merupakan salah satu merk smartphone yang diluncurkan oleh perusahaan Apple. Smartphone ini sangat terkenal dengan kualitasnya, terutama pada kestabilan sistem operasi, desain, dan merk dagang yang merajai semua smartphone saat ini. IOS merupakan nama sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple kemudian khusus ditanamkan pada Iphone. Performa IOS dikenal tidak lelet dan cepat, tetapi lemot atau ngelag selalu saja ada pada semua smartphone, tidak terkecuali Iphone itu sendiri.

 

Pengguna sering merasa kesal karena Iphone mereka sering lemot atau hang tiba-tiba, padahal di atas kertas, performa Iphone cukup mumpuni. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa Iphone bisa lemot dan bagaimana cara mengatasi Iphone lemot?Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot

Untuk menjawab pertanyaan ini, telah kami rangkum beberapa penyebab serta cara mengatasi Iphone yang lemot di bawah ini.

1. Bersihkan Cache Browser

Browser merupakan aplikasi untuk berselancar di internet dan mengakses banyak situs. Di Iphone sendiri, banyak aplikasi browser yang dapat diinstall di Appstore, seperti Chrome, Edge, UCBrowser, dan lain sebagainya. Satu kesamaan di antara semua browser tersebut adalah ketersediaan cache atau browsing histori.

Kegunaan fitur tersebut adalah mempermudah pengguna untuk mengakses situs yang pernah dibuka sebelumnya sehingga loading dapat lebih cepat dan menghemat data internet. Tetapi, cache ini mengambil banyak resource atau storage serta penggunaan RAM tinggi pada smartphone sehingga dapat membuat HP menjadi ngelag atau lemot. Di Iphone, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus cache, yang pertama adalah langsung di aplikasi browser.

Caranya yaitu masuk ke menu settings pada browser kemudian cari menu browsing histori dan delete. Pastikan untuk memilih opsi delete “All” agar semua histori terhapus. Kemudian cara kedua adalah dengan menu settings di Iphone. Masuk ke menu pengaturan Iphone kemudian cari menu aplikasi browser, contohnya Safari. Di dalamnya terdapat menu “Clear histori and website data” dan klik pada menu tersebut kemudian konfirmasi penghapusan histori dengan mengklik “Clear Histori and Data”.

2. Menghapus File Tidak Penting

Junk file atau berkas sampah merupakan file yang tidak penting dan tidak memiliki manfaat bagi sistem Anda. Karena itu, lebih baik file ini dibersihkan saja. Untuk membersihkannya, Anda harus menggunakan aplikasi khusus karena file ini sangat susah dicari di file manager bawaan IOS karena tersebar di seluruh storage dan tersembunyi.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah CCleaner. Selain aplikasi pihak ketiga, Anda juga bisa menghapus file sampah dari menu General yang ada di Settings Iphone. Setelah masuk ke “General”, cari opsi “Storage & iCloud Usage kemudian masuk ke menu Manage Storage.

Di sana, akan terlihat file-file yang dapat dipilih dan dihapus yang menurut Anda sudah tak layak pakai. Jika penyimpanan memory dan RAM lega, sistem akan berjalan lancar tanpa adanya lemot.

3. Nonaktifkan Background Apps

Dalam menjalankan aplikasi, sistem memerlukan storage RAM yang membuat penggunaan RAM terkikis sedikit demi sedikit. Aplikasi tetap memakan RAM meskipun aplikasi tersebut berjalan di latar belakang atau background. Sayangnya, tidak semua aplikasi dibutuhkan oleh pengguna, karena itu, lebih baik dinonaktifkan saja di latar belakang daripada memakan RAM yang mengakibatkan Iphone menjadi lemot.

Untuk menonaktifkannya sangat mudah dan bisa dilakukan di menu pengaturan Iphone. Setelah masuk ke Settings, masuk ke menu General kemudian pilih menu Background App Refresh. Di halaman selanjutnya akan tampil banyak daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk mematikannya, geser toggle disampingnya yang tadinya berwarna hijau menjadi abu-abu.

4. Menggunakan Aplikasi dan Fitur Bawaan IOS

Aplikasi serta fitur bawaan yang dihadirkan oleh IOS sudah terbukti hemat pemakaian RAM, daya baterai, dan efesien dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena itu, utamakan untuk menggunakan aplikasi bawaan Iphone dibanding menggunakan aplikasi lain, apalagi jika fungsinya sama saja.

Aplikasi yang dimaksud adalah navigasi, e-mail, browser, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi yang ramah source, penggunaan RAM dapat lebih ringan dan membuat Iphone Anda tidak mudah lemot atau hang.

5. Nonaktifkan Download Otomatis

Pada sistem operasi smartphone, termasuk IOS, sering kali terdapat aplikasi yang dapat memancing aplikasi lain untuk meng-install nya secara otomatis atau pun aplikasi terpercaya yang kerap mendownload file tertentu. Tentunya progres download ini dapat memakan tempat pada RAM yang cukup tinggi.

Untuk mengatasinya, Anda memerlukan akses ke Apple ID karena fitur tersebut dapat mengintegrasikan beberapa device Apple sehingga untuk melakukan sinkronisasi antara keduanya, kerap diperlukan proses download.Ini lah yang menyebabkan download otomatis pada Iphone terjadi.

Untuk mengatasinya sangat mudah yaitu mematikan fitur download otomatis yang ada di menu App dan iTunes dengan mengaksesnya di menu pengaturan. Setelah itu, arahkan ke “Stores” dan cari menu “Download Automatically” dan “User Cellular Data” untuk dimatikan.

6. Nonaktifkan Menu Siri

Jika Anda merasa bahwa Siri merupakan fitur yang tidak berguna, lebih baik dimatikan saja karena aplikasi ini berjalan di latar belakang dan menjadi penyebab Iphone lemot. Siri merupakan salah satu kecerdasan buatan (AI) yang dibuat oleh Apple untuk IOS dan MacOS yang mampu memberi kemudahan pada pengguna dalam mengoperasikan sistem operasi.

Tetapi fitur ini dapat dimatikan jika Anda adalah tipe orang yang tidak membutuhkan asisten AI seperti Siri. Caranya cukup mudah, yaitu buka menu Setting kemudian pergi ke General. Cari menu “Spotlight Search” lalu matikan opsi menu “Siri Sugestions”. Kembali lagi ke menu General kemudian cari menu Siri. Di dalamnya cari opsi “Hey, Siri” dan matikan menu tersebut.

7. Uninstall Aplikasi Tak Terpakai

Aplikasi yang terinstall akan memakan tempat penyimpanan Iphone yang membuatnya bisa menjadi lambat. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga dapat menghabiskan RAM yang membuatnya sempit dan mengakibatkan HP hang atau aplikasi sering keluar sendiri secara paksa. Karena itu, lebih baik untuk menghapus aplikasi tidak penting agar performa Iphone Anda semakin lancar.

Cara uninstall aplikasi di Iphone sangat mudah dan bisa dilakukan di menu utama secara langsung dengan menahan icon pada aplikasi yang ingin dihapus kemudian pilih opsi delete.

8. Nonaktifkan Visual FX

Di Iphone, terdapat fitur yang dikenal sebagai Visual FX. Kegunaan fitur ini adalah membuat tampilan Iphone Anda menjadi lebih bagus, baik dari segi animation dan lain sebagainya. Tetapi fitur ini membebani proses grafis pada smartphone yang membuatnya menjadi lemot. Apabila Anda tidak terlalu mementingkan estetika, lebih baik fitur ini dimatikan saja.

Cara untuk mematikannya sangat mudah, yaitu Anda pergi ke menu Settings pada Iphone kemudian cari menu “Accessibility”. Di dalamnya, cari menu Reduce Motion yang tadinya OFF menjadi ON.

9. Restart Iphone

Cara ini bisa dibilang salah satu cara ampuh dalam mengatasi Iphone lemot. Dengan melakukan restart, smartphone Anda akan lebih fresh karena penyimpanan RAM telah dibersihkan dan disegarkan kembali.

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk melakukan restart pada Iphone, salah satunya adalah menahan tombol power di samping smartphone sehingga muncul slide toggle untuk mematikan HP. Tunggu selama 30 detik sampai Iphone Anda mati. Selanjutnya setelah mati, hidupkan kembali dengan menekan dan tahan tombol power tadi.

10. Setelah Pabrik

Cara terakhir yang dapat dicoba untuk mengatasi Iphone lemot apabila cara restart sudah tidak dapat digunakan adalah reset atau mengembalikannya ke setingan pabrik. Dengan begitu, smartphone Anda akan kembali seperti awal beli sehingga cache aplikasi dan browser akan bersih kembali seperti baru. Dengan begitu, penyimpanan dan RAM untuk aplikasi dapat kembali kosong seperti semula.

Kekurangan dari cara ini adalah semua pengaturan yang telah disimpan akan kembali seperti semula. Untuk melakukan reset sangat mudah, yaitu masuk ke menu Settings kemudian menuju ke General. Cari opsi Reset dan pilih “Reset All Settings”. Secara otomatis, sistem akan memproses setelan pabrik hingga selesai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Kesimpulan : Meskipun IOS merupakan OS yang stabil, tetapi banyaknya penggunaan RAM dan aplikasi sangat penting untuk diperhatikan agar membuat kinerja Iphone tetap prima dan mengatasi Iphone lemot.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin