Bagaimana Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Bagaimana Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh – Touch screen Iphone yang sedang mengalami kerusakan atau tidak dapat disentuh dapat terjadi oleh banyak hal. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas pengguna.  Banyak pengguna Iphone yang memiliki kendala yang sama yaitu layar sentuh yang tidak responsif bahkan sampai tidak bisa disentuh. Bagaimana menangani Bagaimna Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh.

Dalam mengatasi berbagai masalah pada Iphone dapat dikatakan sulit ataupun mudah tergantung dari masalah apa yang sedang terjadi . Bahkan bisa dikatakan tidak ada solusi yang benar-benar dapat menyelesaikan masalah dengan sempurna.

Alasan Layar Iphone Tidak Responsif




Jatuh

Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Alasan utama layar sentuh menjadi tidak responsif adalah karena telah dijatuhkan atau dijatuhkan beberapa kali. Jika kerusakan terjadi dikarenakan Iphone anda terjatuh maka kemungkinan besar perangkat keraslah yang mengalami kerusakan. Ada beberapa aplikasi yang ketika anda menjalankannya hal itu membuat layar menjadi tidak berfungsi atau bahkan layar menghitam tanpa bisa merespon appaun.

Aplikasi

Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Anda dapat mematikan beberapa fungsi daripada aplikasi yang diinstal sehingga aplikasi berhenti bekerja dan dapat menyebabkan kesalahan pada aplikasi. Untuk memperbaikinya, Anda dapat membuka layar beranda dan mencoba memulai ulang iPhone Anda.  Jika itu tidak membantu, Copot pemasangan aplikasi yang dimaksud, dan pasang kembali. Jika ini juga tidak membantu, Anda dapat mencoba mematikan Wi-Fi atau data Seluler dan mencoba menggunakan aplikasi tersebut.

Ini boleh saja untuk aplikasi yang tidak memerlukan internet, tetapi jika aplikasi yang memberikan masalah layar memerlukan internet, maka satu-satunya langkah yang diharapkan adalah menghubungi pengembang, menjelaskan masalahnya, dan meminta mereka untuk menyelesaikannya.

Ketika masalah terjadi pada aplikasi yang digunakan, maka anda dapat menghubungi pihak pembuat aplikasi untuk menanyakan terkait masalah yang terjadi pada aplikasi. Anda akan menemukan tautan untuk Situs Web Pengembang. Ketuk itu dan hubungi mereka menggunakan halaman Hubungi Kami di situs web.

Ketika anda telah menemukan aplikasi penyebab layar menjadi tidak bisa disentuh atau kurang responsif anda dapat menghapus aplikasi tersebut atau bahkan mengganti dengan aplikasi yang lebih baik. Jika Iphone anda mengalami sebuah masalah, membanting Iphone bukan jalan terbaiknya terutama masalah pada layar sentuh yang disebabkan oleh beberapa aplikasi. Akan dijelaskan beberapa cara untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaikin Masalah Touch Screen Iphone

Pastikan iPhone Anda Tidak Basah. Jika Anda yakin perangkat Anda telah lama terendam air atau hujan, segera keringkan. Pertama-tama, coba bersihkan layar sentuh dengan kain kering. Bahkan jika mulai menjadi sedikit responsif, pasang dan matikan ponsel Anda. Beralih ketika Anda yakin itu mungkin kering. Catatan: Jangan pernah mencolokkan iPhone basah (atau perangkat apa pun) ke pengisi daya, komputer, atau sumber daya eksternal apa pun.

Restart iPhone

Cara Mengatasi Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh

Ketika layar Iphone tidak dapat disentuh anda dapat merestart Iphone anda. Setelah ponsel restart, pastikan layar sentuh iPhone Anda berjalan normal kembali.  Selesai? Belum, karena masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar error tidak kembali lagi. Langkah-langkah berikut harus dilakukan setelah restart:

  • Hapus semua aplikasi yang tidak Anda butuhkan atau sudah lama tidak digunakan. Langkah ini tidak hanya mengosongkan memori tetapi juga membuat iPhone berjalan lebih lancar. Caranya: tekan dan tahan aplikasi yang ingin dihapus > pilih tombol ‘X’ > Hapus
  • Dengan melakukan update aplikasi pada update yang terbaru. Jika aplikasi belum diperbarui dalam hal sofware maka kemungkinan aplikasi tersebut dapat mengkonsumsi batrai secara berlebih sehingga performa Iphone menjadi menurun. Caranya: Buka App Store > Perbarui > Perbarui Semua. Atau Anda juga dapat melakukan pengaturan pembaruan otomatis.
  • Perbarui perangkat lunak dengan selalu memeriksa apakah ada versi iOS yang lebih baru di iPhone Anda.
  • Bersihkan iPhone dari file sampah dan cache secara teratur agar perangkat tetap berjalan dengan lancar.

Hard Reset iPhone

Jika langkah soft reset di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu hard reset pada iPhone atau mengembalikan perangkat ke pengaturan semula. Dan kembalikan ke mode pemulihan.

Melakukan Factory Reset

Penyebab layar sentuh mengalami kerusakan seperti tidak dapat disentuh atau tidak responsif dapat juga terjadi dikarenakan sedang terdapat masalah pada sistem operasi , bila hal tersebut terjadi maka perlu dilakukannya factory reset pada Iphone.

Penyebab lainnya juga dikarenakan terdapat virus yang masuk ke dalam sistem operasi Iphone yang berasal dari beberapa aplikasi yang diinstal atau terdapat masalah pada software. Dengan melakukan factory reset semua sistem operasi dan software Iphone Anda akan seperti baru kembali.

Ketika anda melakukan hard reset anda perlu melakukan pendangan terlebih dahulu terhadap data-data anda diantaranya foto, kontak, musik, sms beserta file lainnya yang tidak termasuk pada memori eksternal. Maka dari itu disarankan untuk anda selalu membackup data anda supaya file-file penting anda dapat terselamatkan.

Metode DFU

Metode DFU dijadikan jalan terakhir ketika semua cara telah dicoba, akan tetapi metode tersebut tidak disarankan. Jika anda masih ingin menggunakan metode DFU dalam mengatasi Berikut caranya:

  • DFU adalah singkatan dari Pembaruan Firmware Perangkat. Metode tersebut adalah langkah terakhir dalam perbaikan Iphone. Jika iPhone Anda masih mengalami masalah layar sentuh setelah mencoba mode DFU, maka Anda dapat yakin bahwa itu terkait dengan perangkat keras.
  • DFU membersihkan secara total perangkat pada Iphone sekaligus melakukan penginstalanl ulang pada seluruh perangkat lunak Iphone. Semua data Anda akan hilang. Ketika melakukan DFU pastikan data anda telah di backup sehingga tidak menyebabkan anda kehilangan data-data anda.

Update / Downgrade iOS

Bisa jadi penyebab layar iPhone tidak responsif adalah karena iOS di iPhone Anda. Jika masalah terjadi setelah pembaruan iOS, maka Anda harus melakukan proses downgrade iOS. Ketika telah selesai melakukan downgrade maka anda perlu menunggu untuk melakukan update iOs selanjutnya. Anda dapat menelusuri berbagai forum online untuk melihat apakah ada pengguna lain yang mengalami masalah yang sama.

Matikan Semalam

Jika proses restart masih tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba mematikan iPhone dalam semalam. Pastikan selama iPhone mati, Anda tidak melakukan apa pun pada iPhone Anda. Biarlah.

Dengan mematikan Iphone membuat sistem Iphone beristirahat dan berhenti bekerja untuk beberapa waktu. Walaupun kemungkinannya kecil, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Cara Mengatasi Layar Iphone Tidak Bisa Disentuh, Lakukan Kalibrasi Layar Perangkat

Terlepas dari masalah perangkat keras, layar sentuh yang tidak berfungsi atau kesalahan dapat disebabkan oleh pengaturan ponsel cerdas yang tidak tepat. Ini dapat disebabkan oleh virus atau kerusakan perangkat lunak.

Perlu dicatat bahwa dalam melakukan ini dimaksudkan agar layar ponsel cerdas Anda berfungsi tetapi tidak akurat. Untuk mengatasinya kita dapat mereset perangkat Kalibrasi, kemudian melakukan pengaturan kalibrasi secara manual.

Mengganti Layar Sentuh dengan yang Baru

Jika langkah-langkah di atas tidak ada yang berhasil memperbaiki masalah pada layar sentuh, maka bisa dipastikan ada beberapa komponen pada layar sentuh tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mengatasi  Touch Screen Iphone Tidak Bisa Disentuh, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Merekam Layar di Smartphone Android

5/5 - (2482 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *