Semua Tentang Kuota Nasional Telkomsel

Semua Tentang Kuota Nasional Telkomsel – Kuota nasional Telkomsel adalah paket data yang bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia tanpa batas otoritas aktivasi. Hal ini penting untuk dipahami mengingat Telkomsel juga menyediakan jenis paket lokal, di mana pemanfaatannya hanya berlaku di tempat Anda melakukan aktivasi. Untungnya, pembagian antara paket lokal dan nasional hanya terjadi pada kartu yang berumur kurang dari 6 bulan.

Ketahui Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel

Pahami dulu pengertiannya

Telkomsel selalu hadir dengan terobosan baru yang akan memudahkan aktivitas digital pelanggan, baik itu dalam bentuk audio, video, maupun pesan teks. Misalnya dengan membuat pembagian antara kuota nasional Telkomsel dan paket lokal bagi kartu yang berumur kurang dari enam bulan. Barangkali, hal tersebut dimaksudkan untuk meraih loyalitas pelanggan.

Dalam hal itu, siapa pun kemungkinan besar akan cenderung menyukai paket nasional atau reguler dibandingkan paket lokal karena tidak adanya batasan wilayah. Selama masih berada di jangkauan Indonesia, Anda dapat menggunakan kuota reguler secara bebas. Sementara di sisi lain, kuota lokal terbatas di tempat pelanggan melakukan aktivasi.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan aktivasi di Pulau Jawa, maka kuota lokal hanya dapat diberdayakan di wilayah ini. Itu artinya, saat bepergian ke luar pulau, Anda tidak bisa lagi menggunakannya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sumber daya internet akan diambil dari paket reguler, WiFi bila tersedia, atau justru pulsa konvensional.

Bagaimana jika ketiga alternatif di atas tidak tersedia? Artinya, Anda tidak dapat mengakses internet dan kuota lokal jadi berakhir sia-sia hingga batas waktu yang telah ditentukan. Bukankah jika demikian, maka akan lebih baik untuk berlangganan kuota nasional Telkomsel?

Jenis paketnya

Paket nasional mempunyai beberapa varian lagi, baik dari segi masa aktif, kegunaan, maupun tarifnya. Untuk masa aktif sendiri, terbagi ke dalam tiga kelompok yakni bulanan, mingguan, dan harian. Sementara tarifnya pun tidak kalah beragam, baik itu ribuan, puluhan ribu, dan bahkan ratusan ribu.

Adapun kegunaannya meliputi manfaat spesifik seperti untuk streaming film atau bermain gim saja, atau justru jauh lebih luas di mana mampu mengakomodir seluruh kebutuhan aktivitas Anda di internet. Apa pun itu, setiap manfaat dan masa aktif akan dikenai tarif berbeda. Semakin lama durasi pemakaiannya dan semakin luas manfaatnya, tentu akan semakin membutuhkan biaya yang besar.

Pertimbangan cara berlangganannya

Ada dua cara utama bagaimana Anda dapat berlangganan kuota nasional Telkomsel, yaitu melalui aplikasi dan kode USDD. Jika menggunakan aplikasi, maka pelanggan harus mengunduh MyTelkomsel terlebih dahulu melalui situs resmi seperti Apple Store dan Play Store. Sementara jika ingin memakai kode USDD, Anda tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan.

Apa pun pilihan Anda, masing-masing dari keduanya menawarkan keunggulan tersendiri. Bila kode USDD menawarkan mode hemat dari ruang perangkat Anda, maka aplikasi justru memberikan skema pendaftaran ringkas dan mudah.

Ketika menggunakan kode USDD *363#, pelanggan memang tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi. Dengan kata lain, cara ini cocok untuk mereka yang ruang penyimpanan ponselnya terbatas. Hanya saja, prosesnya cukup panjang di mana Anda harus menjalankan beberapa instruksi perintah.

Di sisi lain, mengunduh MyTelkomsel akan sedikit membebani memori internal dan RAM perangkat Anda. Apalagi, sering kali butuh update berulang kali demi menjaga kinerja aplikasi tetap optimal. Namun demikian, skema pembelian kuota nasional Telkomsel jadi sangat ringkas, hanya perlu beberapa sentuhan.

Dimulai dari pendaftaran yang hanya membutuhkan nomor telepon, kemudian Anda akan dibawa ke halaman antarmuka. Pada bagian menu utama telah tersedia sejumlah pilihan kuota dengan masa aktif dan tarif yang bervariasi. Tidak hanya itu, metode pembayarannya pun beragam.

Apabila memakai kode USDD *363# untuk membeli kuota nasional Telkomsel, maka Anda hanya bisa membayar dengan pulsa. Berbeda halnya dengan aplikasi MyTelkomsel yang menyediakan metode payment lewat dompet digital dan pulsa sekaligus.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu repot mengisi ulang pulsa dan masa aktif kartu akan otomatis bertambah setiap kali melakukan transaksi lewat MyTelkomsel, terlepas apa pun jenis transaksinya.

Tips Hemat Kuota Nasional Telkomsel yang Layak Dicoba

Gunakan MyTelkomsel.

Selain skemanya jadi ringkas dan mudah, aplikasi satu ini menawarkan beberapa keunggulan lain. Misalnya, ada potongan harga pada setiap tarif per paket. Jika berbelanja kuota nasional Telkomsel lewat kode USDD *363# Anda akan memperoleh harga Rp 59.000, maka di sini justru diberikan potongan sehingga menjadi Rp 57.000 saja.

Belum lagi, jika melakukan pembayaran lewat dompet digital, tersedia promo cashback yang bisa Anda nikmati. Nantinya cashback tersebut dapat digunakan untuk membayar lagi saat konsumen kembali bertransaksi.

Tidak hanya itu, ada pula fitur Daily Check-in yang memungkinkan Anda memperoleh kuota gratis sebesar 7,5GB serta beberapa voucher belanja di marketplace hanya dengan masuk ke aplikasi MyTelkomsel setiap hari.

Aktifkan fitur Penghemat Data pada perangkat Anda.

Fitur ini memungkinkan adanya pembatasan penggunaan kuota nasional Telkomsel di latar belakang. Artinya, data server akan mencegah beberapa aplikasi menerima atau mengirim data di latar belakang sampai Anda sendiri yang sengaja melakukan komputasi tertentu.

Bagaimanapun juga, sebuah aplikasi mungkin saja bisa mengakses data di latar belakang, tetapi dengan aktifnya fitur Penghemat Data maka intensitasnya bisa diminimalkan. Namun, pada waktu bersamaan, Anda tidak bisa mengaktifkan teknologi Hotspot, serta tidak akan menerima notifikasi pop up dari aplikasi mana pun selain dari yang dikecualikan.

Jangan hidupkan sambungan data setiap saat

Hanya aktifkan sambungan data ketika memang sedang ingin terhubung dengan internet. Selain menghemat kuota, cara ini juga akan menekan pemakaian daya baterai. Dengan begitu, daya baterai dan kuota Anda akan relatif lebih awet.

Kuota Nasional Telkomsel, Beli paket Combo Sakti.

Kuota nasional Telkomsel satu ini menyediakan beragam kebutuhan mulai dari internet, SMS, hingga telepon. Tidak hanya kuota untuk mengakses internet, tetapi konsumen juga akan diberikan satu paket pembelian bersama kuota telepon dan SMS. Cocok bagi mereka yang lebih butuh komunikasi personal tanpa bantuan jaringan internet.

Rajin membersihkan cache bagi pengguna Android.

Barangkali Anda menemukan masalah dalam hal borosnya pemakaian RAM dan memori internal. Cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, jangan biarkan perangkat Anda menumpuk cache, rutinlah membersihkannya bahkan jika memungkinkan lakukan beberapa hari sekali.

Selain itu, tutup aplikasi yang Anda gunakan dengan menekan tombol keluar, jangan biarkan tab terbuka begitu saja. Pasalnya, tab yang terbuka tetap akan mengonsumsi sumber daya baik itu baterai maupun kuota nasional Telkomsel jika meski Anda tidak melakukan navigasi secara langsung di dalamnya.

Pemakaian kuota nasional Telkomsel ternyata bisa dihemat hingga sedemikian rupa. Kuncinya terletak pada kemauan Anda untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Baca Juga : Kuota Murah Telkomsel, Segera Cek Daftar Harganya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22