Setting APN XL Agar Internet Stabil

Setting APN XL

Setting APN XL – Kebutuhan masyarakat akan jaringan internet saat ini telah menjadi suatu keharusan. Ini karena banyak sektor yang telah terhubung dengan internet. Provider internet, seperti halnya jaringan XL yang tak selamanya mulus, untuk mengatasinya perlu Setting APN XL.

Gangguan jaringan internet pada provider XL merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. Salah satu penyebab adanya gangguan bisa jadi karena Acces Point Names atau yang sering disebut APN yang belum diatur.

APN sendiri merupakan jembatan yang mengubungkan internet pad smartphone dengan jaringan internet publik. Maka dengan melakukan Setting APN XL, internet pun akan kembali lancar digunakan.

Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika kamu mengatahui terlebih dahulu berbagai hal yang menjadi penyebab jaringan internet lemot. Di antara yang menyebabkan jaringan internet memiliki koneksi buruk dan lemot adalah berikut.

Penyebab Jaringan Provider Lemot

Meskipun kamu bisa menggunakan internet tanpa  terlebih dahulu mengatur jaringannya. Memang pada dasarnya sudah terkoneksi secara otomatis. Namun ada kala terjadi gangguan secara tiba-tiba, seperti halnya jaringan internet menjadi lemot.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang menjadikan koneksi internet menjadi lemot. Namun kamu jangan khawatir saat hal ini terjadi. Sebab gangguan internet yang lemot bisa diatasi dengan cara yang mudah dan bisa kamu lakukan perbaikannya sendiri.

Gangguan Teknis di Jaringan Pusat

Penyebab utama yang bisa jadi menjadi pemicu koneksi internet kamu lemot adalah gangguan teknis di pusat. Jika yang terjadi demikian, Setting APN XL bisa jadi sia-sia. Saat hal ini tejadi, biasanya pihak provider akan memberitahukannya.

Adapun terjadinya kerusakan teknis merupakan hal yang lumrah terjadi. Kamu pun hanya bisa menunggu sampai jaringan diperbaiki. Jangan khawatir, sebab ketika jaringan kembali normal, pihak provider pun akan menumukan jika jaringannya sudah normal.

Cache pada Ponsel yang Tidak Dibersihkan

Jika jaringan internetmu tiba-tiba saja lemot, itu bisa jadi karena banyaknya cache di aplikasi ponsel kamu. Cache sendiri merupakan sampah yang harus kamu bersihkan. Kamu bisa menghapus secara manual atau otomatis dengan aplikasi penghapus cache.

History Browser yang Menumpuk

Jika cache pada ponsel sudah kamu bersihkan, namun koneksi internet masih saja lemot. Barangkali itu karena adanya riwayat pencarian di browser kamu. Oleh karenanya cek history di browser lalu pilih hapus data penjelajahan sebelum lanjut ke APN XL.

Pengaturan APN yang Tidak Sesuai

Salah satu faktor yang menjadikan koneksi jaringan internet lemot adalah Setting APN XL yang tidak sesuai dengan jenis jaringan yang tersedia. Bisa dibilang jika suatu daerah hanya tersedia layanan jaringan 3G tapi di ponsel APN jaringannya adalah 4G.

Jika yang terjadi demikian, kamu pun harus memperbarui APN XL di ponsel kamu. Kamu bisa mengaturnya dengan berbagai cara berikut.

Cara Setting APN XL di Ponsel

Setiap provider memiliki cara aktivasi APN yang berbeda, termasuk provider XL. Pengaturan APN bisa membuat smarphone menangkap jaringan terbaik di lokasi kamu berada. Adapun jaringan yang disediakan XL adalah default, 3G, 4G, dan unlimited turbo.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu settings atau pengaturan. Kemudian pilih menu network dan internet, lalu klik mobile network. Pilih menu advance dan atur opsi APN. Pada menu APN ini kamu bisa menambah APN.

Cara Setting APN XL Default

Setting APN XL
Setting APN XL

Pengaturan default bisa kamu lakukan dengan cara mengisi data APN, akan tetapi tidak perlu terisi semua. Menu yang perlu kamu isi di antaranya adalah nama yang bisa kamu isi dengan XL GPRS. Isi Setting APN XL dengan internet. MCC 510, dan MNC 11.

Pada menu autentikasi isi PAP, atur tipe APN default, supl. Untuk protokol jelajah APN isi dengan Ipv 4. Kemudian pilih nonaktif APN. Maka, APN default pun bisa kamu terapkan di jaringan internet ponsel kamu.

Cara Settings APN XL 4G

Setting APN XL

Bagi kamu yang sudah menggunakan jaringan 4G dan mengalami internet yang tidak stabil. Kamu bisa mengatasinya dengan mengatur APN ke jenis LTE. Pengaturan APN ke LTE ini tentunya menjadikan koneksinya lebih baik daripada default.

Selanjutnya, kamu bisa mengatur menu-menu pada APN. Isi nama dengan XL 4G, pada APN isi dengan situs.  Untuk proxy adalah 202.152.240.50 dan port adalah 80. Jaringan 4G pun bisa terkoneksi dengan baik.

Cara Settings APN 3G

Setting APN XL

Ingin koneksi internet di ponsel kamu lebih cepat, tapi koneksi di ponsel belum memfasilitasi sinyal 4G. Jangan khawatir, kamu bisa mengaturnya ke sinyal 3G. Untuk mendapatkan koneksi ini, kamu bisa mengaturnya mengisi data pada Setting APN XL.

Pada bagian nama isi dengan XL 3G, lalu atur APN menjadi xlunlimited. Atur proxy 202.152.240.50 dan port 808080, serta server 8.8.8.8. Dengan demikian jaringan 3G di ponsel kamu pun sudah mulai aktif.

Cara Settings APN Unlimited Turbo

Tidak hanya bisa mengatur ke mode APN default, 4G, dan 3G. Kamu pun bisa mengaturnya ke mode unlimited turbo. Atur namanya XL Unlimited. Lalu untuk APN atur wap1.xl.co.id. Proxy adalah 202.153.129.73, port 80, dan server diatur 8.8.8.8.

Setelah APN diatur jangan lupa untuk menyimpan APN dengan cara klik menu titik tiga di bagian pojok kanan atas. Pilih simpan dan APN pun sudah diperbarui. Agar pengaturan menjadi maksimal, kamu pun juga harus mengatur ponsel menjadi prima.

Cara untuk menjadikan ponsel kembali prima sangat mudah. Tinggal lakukan restart pada ponsel kamu agar pada Setting APN XL yang baru saja kamu perbarui bisa segera terkoneksi dengan baik.

Selain dengan melakukan restart ponsel, kamu bisa mengaturnya dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Aktifkan kurang lebih 2 menit agar ponsel kamu kembali prima dan jaringan internetnya menjadi stabil.

Namun jika kedua cara optimasi itu belum juga bisa mengembalikan koneksi internet kamu stabil. Kamu bisa melakukan pemindahan kartu sim XL. Caranya dengan terlebih dahulu menonaktifkan ponsel kamu dengan cara menekan tombol power.

Lalu, pindahkan kartu sim XL kamu ke slot sim yang lainnya. Misal jika sebelumnya ada di slot sim satu, tinggal kamu pindah ke slot sim 2. Jika sudah, maka kembali nyalakan ponsel kamu.

Saat ponsel sudah menyala kembali, tunggu beberapa saat. Kemudian lakukan pada Setting APN XL pada jaringan data yang digunakan. Tentunya kamu juga harus mengatur penggunaan data internet yang misal semula menggunakan sim satu menjadi sim dua.

Namun, jika berbagai cara di atas belum juga berhasil, kamu pun bisa menghubungi pihak XL. Caranya dengan menghubungi layanan customer service di 123.

Itulah info mengenai Setting APN XL Agar Internet Stabil yang bisa jadi solusi kamu saat mengalami kendala jaringan dari provider XL. Jangan panik, lakukan langkah demi langkah secara cepat agar kendalamu segera teratasi dengan mudah. Baca juga : setting APN Tri untuk melihatnya bila menggunakan kartu tersebut.

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + six =