Telegram: Aplikasi Chating dan Fitur-Fitur yang Menarik

Telegram

Siapa yang tidak kenal dengan Telegram? Pesaing WA ini memiliki banyak hal menarik yang sebagian tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lain. Review kali ini kami akan sedikit membandingkan Telegram dan WA untuk membantu Anda dalam menilai kelebihan apa saja yang dihadirkan oleh aplikasi chating terbaik ini.

Berikut ini adalah pembahasan tentang apa itu Telegram dan fitur apa yang ditawarkan.

Apa Itu Telegram?

Telegram adalah aplikasi chatting atau pesan berbasis cloud multiplatform karena mendukung Android, IOS, Windows Phone, Linux, OS X, Ubuntu OS, dan masih banyak lainnya.

Aplikasi ini perdana rilis pada bulan Agustus 2013 dan dikembangkan oleh perusahaan Telegram Messenger LLP. Aplikasi ini mirip seperti WhatsApp yang memiliki fungsi utama untuk mengirim pesan text melalui jaringan internet.

Fitur Menarik Telegram

  • Gratis dan Cepat

Telegram merupakan aplikasi gratis dan selamanya akan terus gratis. Aplikasi ini tidak membutuhkan biaya sepeserpun dari pengguna dan tidak menampilkan iklan tambahan. Sama seperti WA, Telegram adalah aplikasi gratis. Tidak hanya gratis, aplikasi ini juga mampu mengirim pesan dengan cepat karena berbasis cloud yang memiliki fitur cache management.

  • Ringan, Efesien, dan Sinkronisasi

Dari segi size aplikasi, Telegram lebih ringan dua kali lipat dibanding WA dan efesien karena tidak memerlukan performa smartphone yang tinggi. Aplikasi ini juga tidak menggunakan storage berlebih karena semua data tersimpan di cloud yang diakses menggunakan internet. Telegram juga memiliki fitur sinkronisasi yang dapat menghubungkan akun ke berbagai device yang digunakan.

  • Upload File Besar

Fitur yang sangat bermanfaat untuk Anda yang sering mengirim file besar tanpa e-mail. Berbeda dengan WA yang hanya mampu mengirim file dengan batas size 16 MB saja, Telegram bisa mengirim maksimal 1.5 GB per filenya dengan dukungan banyak format, baik itu file zip, doc, mp3, PDF, dan lain sebagainya.

  • Channel

Fitur yang tidak dimiliki oleh WA, yaitu broadcasting atau penyiaran yang ditampung dalam channel dan dimiliki oleh Telegram. Dengan begitu, Telegram dapat menangani broadcasting dalam aplikasinya.

  • Bot

Bot merupakan akun yang terdapat dalam aplikasi ini yang memiliki AI (Artificial Intellegence) atau kecerdasan buatan untuk melakukan berbagai hal dalam aplikasi, seperti game, broadcasting, dan berbagai macam aktivitas internet.

  • Lebih Interaktif

Ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan dalam aplikasi ini. Semuanya umum berada di aplikasi sejenis seperti WA tetapi ada juga yang tidak terdapat dalam WA dan ada di sosial media seperti FB. Anda dapat membuat grup tampak lebih hidup menggunakan fitur-fitur yang disediakan seperti mentions, hashtag, reply, forwards, dan lainnya. Tidak sampai di situ, aplikasi ini juga mendukung chat stickers dan Anda dapat membuat stickers sendiri langsung di Aplikasinya.

  • Keamanan Super Power!

Berbicara tentang keamanan aplikasi, Anda tidak perlu khawatir tentang berbagai macam hal yang bikin pusing, seperti penyadapan atau hacking karena terdapat fitur Two-Step Verification dan Server Proxy. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menjunjung tinggi penjagaan privacy pengguna dengan memberikan fitur lock chat di mana Anda dapat mengunci chat supaya tidak dilihat oleh sembarangan orang.

Apabila ada pesan yang salah kirim, Anda dapat menghapusnya segera sebelum dibaca oleh orang lain. Selain Lock Chat, terdapat juga fitur Secret Chat di mana pengguna dapat mengirim pesan secara rahasia dengan end-to-end ecryption sehingga tidak akan ada pihak lain yang “menguping” percakapan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 5 =