Tutorial Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak – Flashdisk OTG atau Flashdisk On The Go adalah jenis Flashdisk multifungsi yang memungkinkan perangkat USB seperti Android, Android atau lainnya dapat diinstal dengan mudah. Masalahnya, ketika kita menggunakannya di Android atau perangkat seluler lainnya, terkadang USB OTG sering bermasalah. Seperti Flashdisk tidak terbaca, Flashdisk terbaca namun data tidak muncul dan masih banyak keluhan lainnya.

Masalah ini lebih sering terjadi ketika diinstal pada perangkat ponsel pintar seperti Android atau OS. Lalu bagaimana cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak?

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Pada artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengupgrade Flashdisk OTG dengan mudah. Anda mungkin dapat menggunakan salah satu dari beberapa metode yang saya tulis. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki Flashdisk OTG, antara lain:

Metode 1: Periksa Kabel USB OTG

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG

Kita mulai dengan memeriksa kabel USB OTG terlebih dahulu untuk memastikan kabel USB baik-baik saja. Ini adalah cara termudah untuk digunakan untuk memastikan USB OTG yang Anda miliki.

  • Siapkan HP lain. Untuk memastikan USB OTG Anda baik-baik saja, maka periksa menggunakan ponsel lain. Kamu bisa pinjam HP teman kamu atau HP kamu yang lain yang support USB OTG
  • Hubungkan perangkat ke telepon. Anda menghubungkan USB OTG ke perangkat seluler lainnya. Jika masih tidak berfungsi, maka pastikan USB OTG Anda memang rusak.

Metode ini dapat memastikan bahwa USB OTG Anda baik-baik saja. Sehingga anda dapat mengetahui apakah Flashdisk OTG anda rusak atau tidak. Jika HP kamu masih bagus, tentunya Flashdisk OTG kamu baik-baik saja.

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG 2: Cek Flashdisk di Komputer

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG

Selain handphone, kamu juga bisa mengecek Flashdisk OTG kamu menggunakan komputer (PC). Metode nі juga sama dengan menggunakan metode pertama. Hanya jenis perangkat yang Anda gunakan yang berbeda.

  • Hubungkan Flashdisk ke komputer. Hubungkan Flashdisk OTG ke komputer ke bagian USB mana pun dari komputer yang Anda inginkan
  • Pastikan Flashdisk terbaca di komputer. Pastikan komputer dapat membaca Flashdisk OTG yang Anda instal
  • Periksa format Flashdisk. Setelah itu, Anda juga memeriksa format Flashdisk yang Anda instal. Pastikan format Flashdisk bertipe FAT atau FAT32. Jangan gunakan file sistem NTFS. Karena beberapa jenis ponsel tidak bisa membacanya

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui kondisi Flashdisk OTG yang kamu miliki, apakah bermasalah atau baik-baik saja.

Metode 3: Restart HP atau Komputer

Pada kondisi tertentu, handphone atau komputer sering mengalami error pada sistemnya. Jadi mungkin ada kesalahan saat membaca USB OTG yang Anda sambungkan ke komputer atau ke ponsel yang Anda gunakan.

  • Cabut Flashdisk OTG dari ponsel atau komputer Anda. Jika Flashdisk masih terpasang di komputer atau perangkat mobile yang Anda gunakan, maka segera cabut terlebih dahulu agar tidak mengacaukan sistem.
  • Hidupkan ulang komputer atau telepon. Kemudian, Anda me-restart telepon dengan mengklik tombol power, lalu pilih dan klik restart.
  • Tunggu hingga proses restart selesaiі. Proses restart akan berlangsung secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  • Sambungkan kembali Flashdisk OTG ke perangkat. Jika proses restart sudah selesai, silahkan sambungkan kembali Flashdisk OTG ke komputer atau perangkat mobile

Jika masalah teratasi dengan baik, maka Flashdisk OTG Anda akan dapat terhubung ke HP atau PC yang Anda gunakan. Tetapi jika tidak, Anda menggunakan metode lain.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 − one =