15 Contoh Surat Kuasa

15 Contoh Surat Kuasa dan Jenis-Jenisnya 2021 – Terkadang kita membutuhkan surat kuasa untuk mengurus beberapa urusan kita. Terutama masalah dokumen dan urusan lain. Karena kita kadang tidak bisa mengurusnya sendiri, dengan alasan sakit, dll. Kita akan bahas ada 15 contoh surat kuasa dan jejenis-jenisnya 2021 ini.

Surat kuasa mempunyai fungsi untuk memberikan kuasa kepada orang lain atau pihak lain yang sudah dipercaya untuk mewakili orang yang memberikan kuasa. Karena terkadang kita sendiri tidak mampu atau tidak bisa mengurus setiap pekerjaan arau mendatangi suatu undangan.

Makanya dengan alasan itulah terciptalah surat kuasa. Sama halnya kita memberikan kuasa kita atau hak kita untuk dikerjakan oleh orang atau pihak yang telah kita percayai. Dengan begitu orang yang kita percayai bisa mewakili kita untuk mengurus suatu pekerjaan atau mendatangi undangan.

Setidaknya ada 15 contoh surat kuasa dan jenis-jenisnya 2021 saat ini.tapi sebelum kita mempelajarinya. Kita perlu tahu juga hal-hal mengenai surat kuasa. Termasuk fungsi dari surat kuasa ini menjadi bukti yang tertulis yang menunjukkan penerima surat kuasa bisa melakukan kewajiban atau menerima hak sesuai dengan isi dari surat kuasa yang ia bawa.

Agar bisa lebih mengenal surat kuasa ada beberapa ciri khusus surat kuasa diantaranya selalu akan tercantum dalam kop surat bertuliskan “surat kuasa”. Surat kuasa juga selalu menggunakan bahasa yang baku dan mudah dipahami.

Selain itu dalam surat kuasa ada bagian khusus yang tidak dimiliki jenis surat lainnya. Yaitu surat kuasa memberikan pernyataan pemberian kuasa atas seseorang atau pihak lain untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu sesuai isi surat kuasa tersebut.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

15 Contoh Surat Kuasa

Untuk surat kuasa sendiri memiliki beberapa jenis secara umum. Yang pertama yaitu surat kuasa perorangan. Sesuai dengan namanya surat kuasa perorangan ini merupakan surat kuasa yang dibuat seseorang untuk diberikan pada orang lain yang telah dipercaya untuk mengurus suatu urusan pribadi.

Yang kedua adalah surat Surat kuasa kedinasan. Yaitu surat kuasa yang dibuat oleh pimpinan maupun pejabat dalam suatu instansi atau perusahaan yang diberikan pada bawahannya untuk mengerjakan urusan instansi atau perusahaan tersebut.

Yang terakhir adalah surat kuasa istimewa / khusus. Yaitu surat kuasa yang dibuat oleh perorangan atau instansi yang ditujukan pada pengacara untuk menyelesaikan urusan pihak pemberi kuasa yang berhubungan dengan permasalahan hukum atau pengadilan.

Contoh Surat Kuasa

Itulah jenis surat kuasa secara umum. Dari 3 jenis surat kuasa ini akan kami tuliskan 15 contoh surat kuasa dan jenis-jenisnya 2021 diantaranya :

Contoh surat kuasa perorangan

  • Surat Kuasa Pengambilan BPKB
  • Surat Kuasa Pengambilan Ijazah
  • Surat Kuasa Pengambilan Uang
  • Surat Kuasa Perpanjangan STNK
  • Surat Kuasa Ahli Waris

Contoh surat kuasa kedinasan

  • Surat Kuasa BANK
  • Surat Kuasa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
  • Surat Kuasa dari sebuah PT
  • Surat Kuasa Dinas Sekolah
  • Surat Kuasa Dinas Pemerintah Daerah

Contoh surat kuasa istimewa / khusus

  • Surat Kuasa Pembelian Tanah
  • Surat Kuasa Khusus Perdata
  • Surat Kuasa Penjualan Tanah
  • Surat Kuasa Penyelesaian Hukum UU ITE
  • Surat Kuasa Pengambilan Pasport

Demikian itulah 15 contoh surat kuasa dan jenis-jenisnya 2021. Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh surat kuasa yang bisa kita buat. Semua tergantung penyesuaian dari kebutuhan kita. Yang terpenting saat kita akan membuat surat kuasa kita perlu memperhatikan beberapa hal.

Unsur dari Surat Kuasa

Kita perlu mengetahui unsur dari surat kuasa agar pembuatan surat kuasa kita benar. Secara umum surat kuasa hanya terdiri dari 3 unsur saja. Yaitu kop surat, isi surat kuasa dan penutup. Bagian kop surat sendiri berisi tentang identitas dari surat kuasa tersebut.

Dengan kop surat ini akan menjadikan surat kuasa tersebut resmi dan bisa diterima.kop surat sendiri terdiri dari judul secara umum dituliskan “surat kuasa”. Bila surat kuasa tersebut dibuat oleh instansi maka perlu dituliskan nomor surat dan nama instansi atau perusahaan pembuat surat kuasa.

Yang berikutnya unsur surat kuasa adalah isi surat. Isi surat kuasa ini merupakan inti dari surat kuasa yang kita buat. Yang harus ada dalam isi surat kuasa adalah identitas dari pemberi kuasa dengan lengkap dari nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan( NIK ), alamat, dan tempat tanggal lahir. Serta bila perlu pekerjaan juga dicantumkan.

Yang harus ada dalam isi surat kuasa adalah identitas lengkap penerima kuasa yang terakhir adalah bentuk pernyataan surat kuasa tersebut. Isi pernyataan harus jelas dan mudah dipahami jangan sampai menimbulkan kerancuan dan multi tafsir.

Dalam isi surat kuasa bila perlu cantumkan konsekuensi yang jelas agar penerima surat kuasa tidak menyalahkan gunakan amanat yang telah diberikan melalui surat kuasa. Itulah isi surat kuasa yang secara umum digunakan.

Adapun yang terakhir adalah penutup. Untuk bagian yang satu ini ada 2 hal yang perlu ada yaitu penutupan yang berkaitan dengan isi dari surat kuasa tersebut. Dan yang kedua adalah tanda tangan dari kedua pihak dan jangan dilupakan perlu ada materai 10.000 di bagian pemberi kuasa agar lebih kuat secara hukum.

Hal Penting Dalam Pembuatan Surat Kuasa

Itulah unsur surat kuasa yang perlu kita perhatikan dan perlu kita cantumkan dalam surat kuasa yang kita buat. Selain memperhatikan unsur pembuatan surat kuasa kita juga perlu juga memperhatikan 2 hal penting berikut.

Yang pertama adalah kita harus memilih orang atau pihak yang terpercaya untuk menjadi penerima kuasa. Karena surat kuasa ini dibuat biasanya untuk mengurus hal yang sangat penting, termasuk berhubungan dengan pemberkasan dan dokumen, dll. Sehingga sangat penting memilih yang terpercaya.

Usahakan penerima kuasa adalah orang atau pihak yang memang sudah sangat kita kenal dan memang dianggap mampu menjalankan kuasa tersebut. Sehingga bisa menghindari dari segala hal yang tidak diinginkan dan juga menghindari penyalahgunaan tanggung jawab.

Dan yang kedua adalah bila perlu bukan hanya mengandalkan surat kuasa semata. Perlu juga membawa dokumen atau berkas pendukung surat kuasa tersebut. Seperti surat keterangan dari RT / RW setempat sehingga bisa memperkuat surat kuasa tersebut.

Sebagai tambahan jangan melupakan untuk menempelkan materai 10.000 di bagian tanda tangan pemberi kuasa. Karena terkadang hal ini dilupakan padahal merupakan salah satu bagian penting dalam surat kuasa. Bila bermaterai maka akan laku di mata hukum.

Kenapa kita perlu memperhatikan pembuatan surat kuasa? Karena surat kuasa ini biasanya berisikan tanggung jawab yang besar. Pengurusan dokumen, pekerjaan penting, dll. Yang bahkan sangat berkaitan erat dengan bab hukum.

Makanya bila tidak diperhatikan jangan sampai orang atau pihak yang diberi kuasa menyalah gunakan tanggung jawab besar tersebut. Sehingga akan sangat merugikan pihak pemberi kuasa. Inilah hal yang perlu dijaga oleh pihak pemberi kuasa.

Sebagai pihak penerima kuasa pun harus bisa menjaga kepercayaannya sebaik mungkin, jangan sampai menyalah gunakan kepercayaan orang lain untuk menjatuhkan bahkan merugikan pihak pemberi kuasa.

Demikian artikel kami tentang 15 contoh surat kuasa dan jenis-jenisnya 2021. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga : Cara Download Scribd 2021.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *