Cara Daftar UMKM 

Cara Daftar UMKM 

Cara Daftar UMKM Bagi sebagian orang daftar UMKM merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan mereka terkendala masalah teknis sehingga seringkali untuk mengembangkan bisnisnya menjadi terhambat. Tentu saja mereka yang mengalami masalah demikian membutuhkan referensi terkait cara daftar UMKM yang benar.

Anda untuk memulai pendaftaran,  pertama harus mendapatkan izin usaha mikro dan kecil dari OSS. Caranya Anda bisa akses di oss.go.id. ini menjadi syarat utama untuk melegalisasi bisnis Anda.

OSS ini adalah lembaga yang bergerak di bidang perizinan industri termasuk juga bisnis atau perdagangan. Apabila anda tidak memperoleh izin dari OSS, maka usaha anda akan sulit untuk registrasi dengan program apapun, misalnya program bantuan pemerintah untuk UMKM.

Apabila Anda sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari OSS, maka Anda bisa lebih leluasa mengembangkan bisnis. Lalu bagaimana sih sebenarnya cara mendaftar UMKM?

Cara Daftar UMKM Online Mudah

Syarat Daftar UMKM

Cara Daftar UMKM 

Untuk mendaftar UMKM tentu Anda harus memenuhi syarat-syarat nya terlebih dahulu. Dibawah ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar UMKM:

  • Bagi WNI diwajibkan untuk mempunyai KTP.
  • Selain itu pendaftar harus mempunyai nomor induk kependudukan (NIK) yang masih berlaku.
  • Sedang menjalani usaha yang jelas seperti bisnis makanan, fashion dan lain sebagainya.
  • Tidak sedang berprofesi sebagai PNS, TNI ataupun Polri.
  • Sudah mempunyai IUMK.
  • Pengusaha yang memiliki alamat usaha yang berbeda ada dengan domisilinya (pengusaha yang mempunyai KTP, diharuskan untuk memiliki surat keterangan usaha (SKU).

Langkah-langkah Daftar UMKM

Cara Daftar UMKM 

Setelah anda memenuhi syarat-syarat di atas, maka Anda sudah bisa melakukan pendaftaran UMKM, bagaimana caranya? Di bawah ini langkah-langkah yang bisa  Anda ikuti sebagai cara daftar UMKM:

  • Registrasi akun dengan cara login ke portal https://oss.go.id/portal/
  • Klik “Perizinan Berusaha” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya, klik opsi “Perseorangan”.
  • Bagi usaha mikro perseorangan tekan tombol “Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Mikro dan untuk bisnis kecil perorangan pilih tombol “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil.”
  • Masukkan informasi pada kolom yang disediakan setelah memilih tombol formulir pada profil.
  • Apabila data yang diminta sudah anda lengkapi selanjutnya klik opsi “Simpan” dan “Lanjutkan”.
  • Langkah selanjutnya Anda harus melengkapi formulir data usaha. Lanjutkan dengan menekan “Tombol Tambah Usaha.”
  • Setelah itu Anda bisa langsung melengkapi beberapa data yang diminta.
  • Apabila sudah lengkap klik “Simpan”
  • Apabila usaha yang anda tekuni lebih dari satu, klik “Tambah Usaha” lagi untuk menambahkan.
  • Berikutnya laman akan memberikan sebuah formulir yang memuat komitmen prasarana usaha.
  • Jika sudah tampil, klik “Selanjutnya”
  • Halaman ini akan memperlihatkan data NIP dan izin usaha anda yang sudah didaftarkan.
  • Apabila anda sudah yakin semua draf benar maka selanjutnya anda tentang setiap kotak disclaimer.
  • Selanjutnya klik “Ya” untuk menutup proses pengajuan NIB.
  • Kemudian yang terakhir cetak izin usaha anda dalam bentuk QR Code melalui preview izin bisnis QR yang didapatkan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk daftar UMKM secara online. Mudah bukan?

Cara Mengembangkan UMKM dengan Cepat

Setelah Anda mengetahui cara daftar UMKM, tentu dalam membuka usaha pasti Anda ingin usaha Anda terus berkembang, apalagi usaha yang sudah mendapatkan izin sebagai UMKM. Anda membutuhkan beberapa upaya sekaligus wadah untuk progres perkembangan UMKM Anda.

Apabila Anda hanya mendaftarkan usaha, tanpa melakukan upaya pengembangan, tentu sangat disayangkan. Karena usaha Anda ini sudah mendapatkan legalisasi khusus dari pemerintah yang pastinya akan memudahkan Anda dalam memperluas jaringan bisnis.

Jika merasa kesulitan untuk mengembangkannya, tentu saja tidak perlu khawatir. Beberapa cara mengembangkan UMKM di bawah ini bisa anda ikuti agar usaha Anda cepat mengalami progresi yang bagus:

Fokus pada Penjualan

Cara Daftar UMKM 

Bisnis baru yang sudah mendapatkan izin dari OSS tentu saja keinginan untuk mengembangkan lebih maksimal merupakan energi utamanya bisnis. Tak heran, kalau Anda membutuhkan waktu dan energi yang besar untuk memfokuskan strategi pada penjualan.

Untuk itulah, apabila Anda ingin progres yang cepat, tentu saja Anda harus mengorbankan sepertiga waktu anda untuk dialokasikan dalam meningkatkan penjualan. Terlebih sekarang pasar sudah dipenuhi dengan produk hebat sekaligus customer service profesional. Tetapi Kalau Anda memiliki kemauan menjual produk yang hebat juga maka bisa bersaing di pasaran.

Untuk itu, perbanyak terobsesi dengan penjualan agar kedepannya Anda bisa melihat seberapa cepat bisnis yang dikembangkan ini tumbuh. Jadi, carilah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Lakukan Ekspansi

Apabila anda merintis bisnis dari toko offline tentu cara untuk mengembangkan bisnis tersebut adalah dengan membuka cabang bisnis ke lokasi lain. Pastikan sebelum membuka cabang anda melihat progresi yang baik di toko pertama dan apabila memang dapat menangani pembukaan toko lain dan bisa mengontrol tentu sangat disarankan untuk membuka cabang bisnis.

Tidak sembarang dalam membuka cabang bisnis Anda. Dalam upaya ini, pastikan Anda menemukan lokasi yang paling strategis untuk membuka pasar baru bisnis Anda.

Diversifikasi Bisnis Anda

Sangat disayangkan apabila anda sudah mengetahui cara daftar UMKM tetapi belum mengetahui cara mengembangkan bisnis dengan upaya diversifikasi. Sebab, diversifikasi bisnis merupakan salah satu cara hebat untuk mengembangkan bisnis.

Sebelum memulai bisnis tentu Anda harus mempunyai beberapa ide tentang alternatif produk atau layanan UMKM Anda tentu saja sebagai pelengkap penawaran bisnis yang Anda jalani saat ini. Sebab, dengan adanya alternatif produk atau layanan dalam bisnis ketertarikan dan loyalitas pelanggan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Fenomena tersebut dikarenakan adanya alternatif produk atau layanan dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi pelanggan atau calon pelanggan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan aliran pendapatan baru yang lebih banyak lagi.

Fokus pada Pemasaran

Tanpa melakukan pemasaran tentu bisnis Anda bisa dikatakan sebagai bisnis yang mati. Karena apa? tanpa pemasaran bagaimana caranya publik tahu mengenai usaha yang Anda buka.

Untuk itulah, tak heran kalau pemasaran ini menjadi jantung atau hal penting dalam bidang bisnis. Apabila Anda sudah menerapkan strategi pemasaran yang mapan, bisnis dengan progres yang bagus akan Anda lihat kedepannya.

Dapatkan Dukungan Keuangan

Mengetahui cara mendapatkan dukungan keuangan juga tidak kalah pentingnya dengan mengetahui cara daftar UMKM. Sebab, apabila Anda mengembangkan UMKM tanpa dukungan keuangan tentu pengembangan usaha Anda menjadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari dukungan keuangan. Sekarang ini sudah banyak orang yang ingin menanam modal karena dengan begitu mereka hanya tinggal duduk manis dan menerima komisi dari Anda.

Jadi Anda bisa menggunakan strategi penawaran yang tepat untuk menarik minat mereka dalam upaya mencari penanam modal bisnis UMKM Anda ini. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan dukungan keuangan yang mapan untuk bisnis Anda.

Itulah pembaca beberapa cara daftar UMKM sekaligus cara untuk mengembangkan UMKM yang bisa Anda terapkan. Gampang bukan? Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga : Cara Daftar Gofood untuk Restoran

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *