3 Cara Daftar MyPertamina untuk Pertalite, Gampang Banget

Cara Daftar MyPertamina untuk Pertalite

Cara Daftar MyPertamina untuk Pertalite – PT Pertamina (Persero) saat ini sedang melakukan uji coba registrasi kendaraan roda empat di 50 kota/kabupaten di 27 negara bagian melalui aplikasi MyPertamina. Hal ini dimaksudkan agar penjualan minyak tanah bersubsidi (BBM), termasuk solar dan pertalite, lebih tepat pada sasaran penggunanya.

Pendaftaran MyPertamina dapat dilakukan secara online melalui website MyPertamina. Namun, jika Kamu kesulitan mengakses website MyPertamina, Kamu bisa mendaftar di POS SPBU terdekat. SPBU tertentu memiliki klinik (tempat penjualan) untuk mendaftar.

“Ya nanti bagi yang tidak bisa melakukan pendaftaran bisa langsung datang ke SPBU terdekat dan akan dilayani,” ujar Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga beberapa waktu lalu.

Ketika Kamu mendaftarkan kendaraan Kamu dengan MyPertamina di SPBU setempat, Kamu akan menerima kode QR yang dapat Kamu gunakan untuk membeli bahan bakar tambahan. Bahan bakar tembahan tersebut antara lain seperti Pertalite dan Solar setelah menerima kode QR dari karyawan selling point MyPertamina,

Kamu dapat melaminasi kode QR dan menempelkannya di kendaraan yang terdaftar. Selain itu kamu dapat membeli pertalite dan solar hanya dengan menunjukkannya. Menurut info, pendataan STNK melalui aplikasi MyPertamina juga dilakukan untuk memudahkan pendistribusian solar dan pertalite yang tepat sasaran.

Hingga akhir pekan lalu, 170.000 kendaraan telah terdaftar aplikasi MyPertamina di 13 wilayah selama tahap pengujian awal. “Uji STNK melalui aplikasi MyPertamina masih dalam proses, dengan lebih dari 170.000 kendaraan sudah terdaftar,” kata Irto.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran MyPertamina

Alfian Nasution, Presiden Direktur Pertamina Patra Niaga, mengatakan inisiatif tersebut dilakukan untuk membuat rekor awal untuk mendapatkan data yang valid agar penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran.

Data dari pengguna yang terdaftar dan menerima kode QR ini adalah bagian dari kumpulan dari data penyaluran subsidi tepat seperti Pertalite dan Solar, sehingga pemilihan subsidi bisa lebih terarah dan melihat subsidi yang lebih dipilih oleh pengguna tersebut.

Tidak hanya itu, Alfian tidak meminta pihaknya untuk menggunakan aplikasi MyPertamina secara publik, melainkan hanya melalui pendaftaran yang akan dibuka pada 1 Juli mendatang. Ia pun mengaku memintanya.

Untuk mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id, Kamu harus menyiapkan persyaratan dan beberapa dokumen sebagai berikut:

  • KTP
  • STNK Kendaraan
  • Foto kendaraan
  • Alamat email
  • Dokumen pendukung lainnya. Jika semua kondisi terpenuhi, pengguna umum cukup mengonfirmasi “Daftar Sekarang”.

Cara-Cara Daftar MyPertamina Untuk Pertalite

1. Cara Daftar MyPertamina Secara Online

Bagi yang bisa mendaftar secara perorangan melalui handphone atau komputer bisa langsung mengunjungi halaman website https://subsidepat.mypertamina.id/ untuk mulai melakukan pendaftaran BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar.

Langkah atau cara pendaftaran MyPertamina yang dikutip dari situs resmi MyPertamina adalah sebagai berikut:

  1. Buka website subsiditepat.mypertamina.id atau scan QR code pendaftaran. Di halaman beranda pendaftaran, centang kotak untuk mengonfirmasi bahwa Kamu memahami pernyataan tersebut.
  2. Kemudian klik Daftar Sekarang.
  3. Masukkan data pribadi Kamu sesuai dengan ID Kamu di kolom yang disediakan dan unggah foto ID Kamu dan foto diri Kamu.
  4. Masukkan kata sandi untuk mengubah data.
  5. Tuliskan kata sandi ini dan ingatlah dengan benar.
  6. Jika sudah dimasukkan dengan benar, klik Berikutnya.
  7. Lengkapi detail kontak dan alamat Kamu. Jika kemungkinan data yang kau masukkan sudah benar, klik Berikutnya. Silakan pilih jenis subsidi.
  8. Pilih jenis pelanggan. Pada kolom data kendaraan, unggah foto STNK Kamu dan foto kendaraan serta plat nomor Kamu. Perlu kamu pastikan bahwa foto yang di unggah jelas dan sesuai dengan contoh yang ditentukan.
  9. Masukkan data pengguna kendaraan yang terdaftar. Data kendaraan, dan pengguna kendaraan bisa berlipat ganda atau lebih dari satu, tergantung jumlah kendaraan yang Kamu miliki. Untuk jenis pelanggan non-kendaraan, isi formulir dengan benar, kemudian unggah foto surat rekomendasi Kamu dan lengkapi kolom data yang ditentukan dalam surat tersebut.
  10. Kemudian masukkan nilai data sesuai dengan jumlah yang tertera pada surat rekomendasi.
  11. Kemudian masukkan kata sandi Kamu untuk mengklaim subsidi kendaraan yang memenuhi syarat.
  12. Catat dan ingat kata sandi yang Kamu masukkan. Setelah diisi dengan lengkap dan benar, klik Next.
  13. Pilih kotak centang Perjanjian Privasi dan klik Daftar Pengguna BBM Bersubsidi. Pendaftaran pelanggan BBM Bersubsidi melalui proses verifikasi data dalam waktu 7 hari kerja.
  14. Setelah registrasi pelanggan subsidi tepat terkonfirmasi, pelanggan dapat melakukan pembelian solar atau pertalite terlebih dahulu dengan mendownload QR code dari aplikasi MyPertamina atau website subventiontepat.mypertamina.id.

2. Cara Daftar MyPertamina Lewat Aplikasi

  1. Pertama unduh aplikasi MyPertamina dari Google Play Store atau App Store dan daftarkan akun Kamu dengan memasukkan nomor ponsel dan membuat PIN.
  2. Kemudian login ke akun MyPertamina Kamu. Klik menu “Registrasi dan transaksi”.
  3. Klik banner (kotak) biru untuk mendaftarkan kendaraan bersubsidi BBM, Solar atau pertalite Kamu.
  4. Masukkan NIK dan kata sandi Kamu. Saat melakukan pendaftaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id, silahkan isi formulir seperti sebelumnya.
  5. Data akan diperiksa dalam waktu maksimal 1 minggu kerja.
  6. Setelah data tervalidasi, buka aplikasi MyPertamina dan login.
  7. Kemudian klik menu “Registrasi dan transaksi”.
  8. Klik banner merah (kotak) untuk mengunduh kode QR.

3. Cara Daftar MyPertamina Lewat SPBU

  1. Kamu juga dapat mendaftarkan MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Solar di SPBU terdekat.
  2. Bagi yang tidak memiliki formulir aplikasi akan dibantu oleh petugas SPBU yang ditunjuk.
  3. Setelah mendaftarkan kendaraan Kamu dengan MyPertamina di SPBU setempat, Kamu akan menerima kode QR yang dapat Kamu gunakan untuk membeli bahan bakar tambahan seperti Pertalite dan Solar.
  4. Setelah menerima kode QR, Kamu dapat melaminasi kode QR dan menempelkannya di kendaraan Kamu.
  5. Dengan menunjukkan kode QR, Kamu dapat membeli bahan bakar tambahan seperti partalite dan solar.

Cara Transaksi Pertalite di MyPertamina

Setelah proses pendaftaran selesai, pengguna akan menerima pemberitahuan melalui email terdaftar mereka. Pengguna terdaftar juga akan menerima kode QR khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan akan dapat membeli Partalite dan Solar.

Cara Penggunaan, dikutip dari situs resmi MyPertamina: subsiditepat.mypertamina.id

  • Siapkan kode QR yang diperoleh dari situs web.
  • Tunjukkan kode QR ke operator pompa bensin (Kamu dapat menggunakan ponsel Kamu atau yang dicetak).
  • Isi solar bantu atau partalite tergantung kendaraan yang berlaku.
  • Lakukan pembayaran menggunakan 2 metode yaitu tunai (cash) atau non tunai menggunakan kartu kredit/debit dan MyPertamina.

Proses Pembayaran Secara Tunai

Tidak diperlukan pemrosesan transaksi oleh aplikasi MyPertamina. Pembelian Pertalite dan Solar dapat dibayar tunai dengan mencetak kode QR, membawanya  ke SPBU dan kemudian membandingkan datanya.

Irto Kembali menekankan bahwa pembayaran untuk transaksi selanjutnya baik tunai maupun non tunai tetap terbuka untuk umum. Tidak ada kewajiban untuk mengunduh aplikasi MyPertamina dan tidak ada pembayaran yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi, meskipun Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Hal ini juga menjawab kekhawatiran masyarakat tentang keamanan penggunaan telepon seluler (HP) di SPBU. Irto menegaskan penggunaan aplikasi MyPertamina masih aman jika mengikuti aturan yang ada.

Baca Juga: 7 Cara Daftar NPWP Online Dengan Gampang Terbaru 2022

Larangan telepon seluler berlaku untuk komunikasi telepon di area berbahaya yang berjarak 1,5 meter dari SPBU atau area pembongkaran bahan bakar. Asap yang dikeluarkan saat pengisian daya berbahaya bila terkena sinyal ponsel.

itulah ulasan mengenai proses dan cara daftar MyPertamina untuk pertalite secara mudah dan gampang banget.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin