5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Paling Sering Dipakai!

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Paling Sering Dipakai! – Masih banyak yang menggunakan bahasa jawa. Tetapi tidak semua suku Jawa bisa berbahasa secara benar bahkan tidak mengetahui artinya terutama krama alus. Saat ini sudah ada aplikasi translate bahasa jawa krama alus yang bisa membantu memahami maknanya. Berikut ini 5 macam aplikasi yang bisa digunakan, antara lain:

5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Paling Sering Dipakai!

1. Kamus Bahasa Jawa Halus Offline

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Dulu, kamus bahasa Jawa itu tebal-tebal dan berat, sekarang sudah berbentuk aplikasi. Aplikasinya yaitu Kamus bahasa jawa halus offline. Sama seperti kamus yang bentuk buku, karena sudah didasarkan dalam urutan abjad. Selain itu, cocok juga bagi pengguna yang tidak mempunyai kuota internet. Hal ini karena aplikasi ini digunakan secara offline.

2. Translator Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Jawa

Saat berbicara dengan bahasa Jawa, ada aturan penggunaannya. Pengguna harus memahami aturan dalam bahasa ngoko hingga krama alus. Setiap tingkatan memiliki penggunaan yang berbeda. Bahasa jawa ngoko dipakai saat percakapan yang tingkatannya setara misalnya orang yang saling berbicara memiliki umur yang sama.

Sedangkan bahasa krama untuk percakapan ke orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi. Contoh percakapan anak dengan orang tua. Anak harus memakai krama ke orang tuanya. Sedangkan krama alus untuk percakapan kepada orang yang memiliki kedudukan jauh lebih tinggi. Contohnya, rakyat kepada walikota atau cucu kepada kakeknya.

Banyaknya tingkatan ini terkadang membuat penggunanya bingung membedakan mana yang ngoko hingga krama inggil. Untung saja ada aplikasi translator jawa ini yang bisa translate dari bahasa ke ngoko, krama, dan krama alus dan sebaliknya.

3. Kamus Jawa

Belajar basa jawa lebih mudah dengan adanya bantuan kamus jawa ini. Apk translate bahasa jawa krama alus ini mampu menerjemahkan dari bahasa ke basa jawa. Namun juga memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Fitur-fitur tersebut yaitu pertama, fitur favorit. Fitur favorit ini bisa menyimpan hasil terjemahan. Hal ini membuat pengguna tidak perlu mencarinya lagi pada saat lupa atau dibutuhkan lagi. Kedua, fitur catatan. Pengguna bisa membuat catatan sendiri untuk membantu mengingat-ingat bahasa jawa yang sudah dipelajari.

Fitur paling menarik yaitu aplikasi ini sudah terhubung dengan Google secara online. Jadi pada saat pengguna mencari melalui mode suara itu sudah bisa, misalnya saya ingin makan. Jadi aplikasi ini akan menyambungkannya ke Google Translate untuk menerjemahkannya ke bahasa jawa.

4. Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Mahir bahasa jawa juga bisa dilakukan di aplikasi pepak bahasa jawa lengkap ini. Pengguna bukan hanya belajar mengenai kosakata dan penerjemahan bahasa jawa saja. Melainkan bisa belajar mengenai huruf aksara jawa, paribasan (peribahasa), wayang purwa (pewayangan), Kasusastraan, dan lain-lain. Jadi bisa mengenal budaya Jawa juga.

Sudah ada lebih dari 100 ribu orang yang memakainya dan punya rating yang bagus, jadi cukup direkomendasikan untuk memahami bahasa jawa. Pencarian hasil translate juga mudah ditemukan. Hal ini karena sudah diurutkan berdasarkan abjad.

5. Aplikasi Translate Bahasa Jawa, Kamus Bahasa Jawa Online

Kosakata dalam basa jawa memang dikenal lebih banyak dari bahasa-bahasa lainnya. Mulai dari ngoko, jawa krama antara, jawa wreda krama, dan lain-lain. Dengan bantuan aplikasi kamus bahasa jawa online ini, pengguna bisa mentranslate­nya ke berbagai macam jenis basa jawa.

Demikian rekomendasi 5 aplikasi translate bahasa jawa krama alus. Belajar bahasa jawa tidak hanya menambah pengetahuan saja, melainkan juga turut menjaga kelestarian bangsa terutama bahasa daerah. Semoga keberadaan aplikasi ini membuat bahasa  jawa tetap bisa lestari sepanjang masa.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Translate Bahasa Minang ke Indonesia

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − 10 =