5 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

Cara Memilih Headset Bluetooth

5 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus – Saat ini, headset mengalami perkembangan yang signifikan. Bentuk serta jenisnya semakin beragam. Salah satu jenis yang banyak dicari yaitu headset bluetooth, karena mempunyai bentuk simple tanpa diribetkan oleh kabel.  Inilah cara memilih headset bluetooth yang bagus, diantaranya:

5 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

1.  Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Cara Memilih Headset Bluetooth

Ketika memilih headset bluetooth perlu diperhatikan fitur yang terdapat di dalam headset. Pilih fitur yang ditawarkan serta sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang ditawarkan headset bluetooth diantaranya noise cancelling, stereo audio, dan voice commands.  Karakteristik tersebut dapat digunakan untuk cara memilih headset bluetooth yang bagus.

Noise cancelling dapat meredam kebisingan serta memperjelas suara lawan bicara yang keluar dari dalam headset. Cocok dipakai di pesawat, di kantor dengan suasana bising, dan lainnya. Jika ingin mendapat suara yang lebih natural bisa memilih stereo audio. Sementara voice commands sendiri berfungsi untuk memberi perintah kepada gadget tanpa menekan tombol pada layar.

2. Amati Desain Headset

Cara Memilih Headset Bluetooth

Ukuran dan bentuk yang tersedia sangat beragam. Beberapa diantaranya didesain kecil, simple dan mudah dibawa kemanapun. Contohnya, headset nirkabel Jete dengan bentuk melingkar menghubungkan telinga kanan dan kiri melalui belakang leher. Desain ini cocok untuk olahraga karena tidak tertutup rapat dan masih bisa mendengar suara sekitarnya.

Ada juga desain headset yang simple hanya berbentuk kecil melingkar di telinga seperti Plantronics Voyager 5200. Tipe ini sangat cocok untuk menerima telepon karena mampu meredam kebisingan sekitar dan memperjelas suara lawan bicara.

3. Perhatikan Kualitas Suara yang Dihasilkan

Setiap headset memiliki kualitas suara yang berbeda-beda. Perlu diperhatikan ketika memilih kualitas suara pada headset. Gunakan tingkat suara yang mid-range untuk keamanan telinga. Hindari penggunaan high-range yang terlalu lama dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan telinga.

Frekuensi Response, akan berpengaruh terhadap jenis musik tertentu. Jika menyukai jenis musik bass dengan dentuman yang keras, sebaiknya memakai musik bass dengan frekuensi yang rendah. Salah satu tingkat suara dapat dipengaruhi oleh Drivers. Dapat menghasilkan kadar suara yang semakin meningkat jika menggunakan drivers yang kuat serta besar.

4. Cara Memilih Headset Bluetooth, Cermati Daya Tahan Baterai

Headset tanpa kabel masa aktifnya tergantung pada kekuatan baterai yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya HP jika daya baterai yang dimiliki telah habis, maka tidak dapat digunakan. Pilihlah headset yang mempunyai kapasitas baterai cukup besar. Daya tampung baterai yang besar dapat bertahan lebih lama

Beberapa headset bluetooth yang mempunyai kapasitas besar seperti Powerbeats Pro, sekali melakukan pengisian baterai akan bertahan sekitar 9 jam. Jika dilengkapi dengan charging chase, dapat bertahan sampai 24 jam. Masih ada headset lainnya yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

5. Sesuaikan Kualitas dengan Harganya

jhdr

Setelah menemukan headset yang diinginkan saatnya mencocokkan kualitas dan harganya. Headset berkualitas baik akan berpengaruh juga pada harganya. Saatnya membandingkan harga dari tiap headset dengan budget yang dimiliki. Sempatkan untuk memilih headset dengan kualitas baik agar dapat harga terbaik pula.

Kualitas headset meliputi poin-poin yang telah disebutkan di atas. Selain itu, material housing yang digunakan juga dapat mempengaruhinya. Material housing ini ada tiga macam, yaitu plastik, alumunium dan kuningan. Untuk material plastik banyak diminati karena mempunyai harga yang relatif rendah.

Demikianlah ulasan tentang cara memilih headset bluetooth yang bagus. Mulai dari menu yang disediakan, bentuk headset, tingkat suara, daya tahan baterai serta harga yang ditawarkan dapat menjadi pertimbangan.

Baca Juga : Cara Mengirim Aplikasi Dari Bluetooth Untuk Semua Jenis Perangkat

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 9 =