30 Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM Tanpa Perlu Repot

Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM

Metroandalas.co.id – Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM kini bisa kamu lakukan tanpa perlu repot. Sebenarnya, pada dasarnya cara daftarnya di ATM tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi ATM Bank Mandiri terdekat untuk melakukan pendaftaran. Namun sebelum itu, pastikan bahwa Kamu telah memiliki kartu debit dari Bank Mandiri untuk bisa menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh bank tersebut.

Definisi SMS Banking

Sesuai dengan namanya, SMS Banking merupakan layanan perbankan yang dapat diakses melalui jaringan SMS (Short Message Service). Karena mengandalkan jaringan operator seluler. SMS banking dapat digunakan kapan saja, di mana saja, selama Kamu memiliki dana yang cukup dan berada dalam area yang terjangkau oleh sinyal jaringan.

Bank Mandiri merupakan salah satu dari sekian banyak bank di Indonesia yang telah menawarkan layanan SMS banking. Berkat layanan ini, Kamu tidak perlu pergi ke loket atau ATM setiap saat untuk melakukan transaksi.

Keunggulan SMS Banking Mandiri

1. Pendaftaran mudah

Tentunya untuk mengakses layanan SMS banking, Kamu harus terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri dan memiliki Rekening Tabungan, Deposito atau Giro Rupiah. Plus, jika Kamu adalah pelanggan lama, Kamu dapat langsung mendaftar untuk SMS banking dari loket atau ATM.

2. Kenyamanan

Dibandingkan dengan layanan internet banking, Mandiri SMS banking dinilai jauh lebih nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan SMS banking tidak memerlukan kuota untuk mengakses layanan perbankan yang disediakan oleh Bank Mandiri.

3. Fleksibilitas

Dengan layanan tersebut, Kamu dapat langsung menikmati kemudahan transaksi keuangan 24 jam sehari tanpa harus keluar rumah atau meninggalkan sejenak aktivitas kamu. Kuota tidak mencukupi, tidak masalah, yang penting ada pulsa.

4. Keamanan

Transaksi dengan SMS Banking dinilai lebih aman karena tidak akan terganggu jika ada pemadaman listrik, ketidakstabilan koneksi internet atau pencurian data di internet.

5. Murah

Layanan SMS banking tidak hanya lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat, tetapi juga lebih hemat biaya. Menurut operator, notifikasi SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp500, sedangkan untuk semua transaksi lainnya akan dikenakan biaya SMS ditambah Rp500.

6. Cukup Gunakan Kartu SIM

Untuk menggunakan layanan Mandiri SMS Banking, Kamu dapat menggunakan kartu SIM dari operator Telkomsel, Indosat dan XL.

Fitur-Fitur yang Ditawarkan SMS Banking Mandiri

Selain keunggulannya, layanan ini juga menawarkan banyak fitur yang memudahkan perbankan. Fitur-fitur tersbeut antara lain:

  1. Ubah PIN.
  2. Kirim uang ke rekening Bank Mandiri Kamu atau rekening bank lain.
  3. Periksa tabungan, pinjaman, dan saldo akun valas Kamu.
  4. Informasi tentang 5 transaksi terakhir.
  5. Informasi klaim visa Mandiri.
  6. Periksa suku bunga deposito, nilai tukar valuta asing, suku bunga deposito.
  7. Pembayaran tagihan telepon, visa Mandiri, tiket perjalanan, internet, TV kabel, hiburan dan pendidikan.
  8. Pembelian voucher isi ulang pulsa.

Persyaratan SMS Banking Mandiri

Apa saja persyaratan untuk mendaftar atau mendaftar Layanan Mandiri SMS Banking?

  1. Memiliki rekening giro atau tabungan Mandiri (perorangan) dan menjadi nasabah Bank Mandiri.
  2. Pelanggan operator GSM: Telkomsel, Indosat, XL. Pelanggan operator CDMA: Flexi, Fren, Esia.
  3. Memiliki ponsel GSM/CDMA. (Smartphone jika memungkinkan).
  4. Menyetujui Ketentuan Layanan Mandiri SMS pada formulir aplikasi Mandiri SMS.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM

Untuk memudahkan Kamu mendaftar di SMS Banking, kamu bisa melakukannya di cabang terdekat sekaligus membawa buku tabungan dan ID Kamu untuk mendaftar dan memvalidasi semua transaksi keuangan Kamu. Tak hanya cek saldo ataupun mutasi.

  1. Pergi ke ATM mandiri terdekat, masukkan kartu ATM Kamu dan pilih bahasa Indonesia.
  2. Silakan masukkan PIN ATM Kamu.
  3. Pilih menu perdagangan lainnya
  4. Pilih pendaftaran e-banking.
  5. Pilih menu mobile banking
  6. Masukkan nomor ponsel yang ingin Kamu gunakan untuk daftar mandiri mobile dan pilih BENAR.
  7. Pilih Saya Setuju.
  8. Buat PIN SMS Mandiri sejumlah 6 digit dan pilih Benar.
  9. Masukkan kembali PIN SMS Mandiri yang sama dan pilih TRUE.
  10. Langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah Kamu ingin menerima notifikasi SMS ketika Kamu memiliki debit/kredit Rp 1 juta. Jika ya, pilih Ya.
  11. Masukkan tanggal lahir Kamu dalam format DDMMYYY.
  12. Terakhir, masukkan 6 digit kode OTP yang Kamu terima melalui SMS. SMS Banking a
  13. Setelah registrasi Mandiri berhasil, Kamu akan menerima SMS notifikasi lagi melalui SMS yang kemudian dapat digunakan untuk cek saldo dan perubahan.

Cara Aktivasi SMS Banking Mandiri

Daftar SMS Banking di ATM atau cabang Mandiri terdekat dan dapatkan nomor PIN untuk mengaktifkan layanan dan setelahnya kamu bisa langsung menggunakannya.

Untuk mengaktifkan layanan tersebut, Kamu perlu mengunduh aplikasi Mandiri Mobile untuk smartphone. Pengguna smartphone Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi Mandiri Mobile langsung dari Google Play atau App Store.

Format Cara Penggunaan SMS Banking Mandiri

Untuk menggunakan fitur transaksi ini menggunakan SMS Banking Mandiri, kamu harus mengirimkan SMS ke nomor 3355 dengan format yang disesuaikan dengan ketentuan Bank Mandiri. Berikut merupakan kumpulan format SMS Banking Mandiri yang dibedakan berdasarkan kebutuhan transaksi kamu, diantaranya:

  1. Cek saldo. Kamu bisa mengirimkan SMS dengan format SAL <4 digit terakhir nomor rek> kirim ke 3355.
  2. Mutasi rekening. Ketik format TRN <4 digit terakhir nomor rek> kirim ke 3355.
  3. Transfer uang tanpa berita. Jika kamu ingin transfer uang tanpa berita, kamu bisa gunkaan format seperti TRT kirim ke 3355.
  4. Transfer uang dengan berita. Sebaliknya jika kamu ingin mentransfer uang dengan berita, kamu bisa gunakanlah format seperti TRT #BERITA max 20 karakter kirim ke 3355.
  5. Pembelian pulsa. Cukup ketikkan ISI kirim ke 3355.
  6. Pembayaran pascabayar. BYR kirim ke 3355.
  7. Pembayaran PLN: BYR PLN <12 digit no pelanggan> kirim ke 3355.
  8. Pembayaran kartu kredit: BYR KK <16 digit no kartu> kirim ke 3355.
  9. Pembayaran TV Kabel berjenis First Media: BYR FRM kirim ke 3355.
  10. Pembayaran TV Kabel dengan jenis Indovision dan TOP TV: BYR IDVTOP kirim ke 3355.
  11. Informasi tagihan kartu kredit Mandiri: TGH KK <16 digit nomor kartu> <6 digit tanggal lahir> kirim ke 3355.
  12. Informasi bunga deposito Mandiri. Untuk mengetahui informasi bunga deposit mandiri kamu, cukup ketikkan saja format DEP kirim ke 3355.
  13. Informasi bunga tabungan Mandiri: TAB kirim ke 3355.
  14. Informasi kurs: FX <3 digit kode mata uang> FX USD kirim ke 3355.
  15. Ganti PIN: PIN kirim ke 3355.
  16. Transfer antarbank online. Jika kamu ingin melakukan transfer antar bank online, kamu bsia gunakan format seperti TRB kirim ke 3355.
  17. Kode bank untuk transfer antarbank online: KODE BANK kirim ke 3355.
  18. Cek jumlah poin pada Fiestapoin. Cukup ketikkan saja format seperti CEK FP kirim ke 3355.

Format Transfer SMS Banking Mandiri ke Sesama Mandiri

Cara ini bisa dikatakan terbilang sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengetikkan format SMS tertentu, dengan panduan berikut ini :

  1. Buka aplikasi perpesanan/SMS di ponsel Kamu.
  2. Lalu ketikkan SMS dengan format TRT (spasi) kode bank(spasi)nomor rekening tujuan(spasi)jumlah uang yang ditransfer. Setelah itu kirimkan ke 3355. Sebagai contoh kamu bisa mengetikkan TRT 1 900001567xxxx 200000.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi berisikan nama pemilik rekening, rekening bank yang kamu tuju, dan nominal uang yang akan ditransfer. Kemudian kamu akan diminta untuk membalas SMS dengan mengetikkan 2 digit PIN SMS Banking Mandiri.
  4. Jika sudah, kamu akan mendapat SMS notifikasi yang memberitahukan bahwa transfer sudah sukses dilakukan.

Format Transfer SMS Banking Mandiri Antar Bank Online

Jika Kamu ingin mentransfer uang ke rekening bank lain dan ingin menggunakan SMS Banking Mandiri, ada beberapa cara berikut yang perlu kamu ikuti diantaranya:

  1. Ketikkan pesan SMS denganp format ketik TRB (spasi) kode rekening (spasi) kode bank (spasi) nomor rekening tujuan (spasi) nominal uang yang ditransfer. Lalu kirim ke 3355.
  2. Contoh, misalkan Kamu ingin melakukan transfer dari bank Mandiri ke bank BRI, kamu bisa menggunakan format SMS seperti TRB 1 002 1234567891019 400000. Dimana angka 002 yang kamu ketikkan di depan nomor rekening adalah kode bank BRI atau bank yang akan kamu tuju.
  3. Selanjutnya, jika kamu proses pengiriman, maka akan muncul pesan pop-up yang memberitahukan data rekening tujuan, nominal uang dan nama pemilik rekening tujuan. Jika sudah sesuai keseluruhan datanya, kamu bisa melanjutkan dengan cara mengetikkan 2 digit PIN layanan SMS Banking Kamu sesuai dengan ketentuannya.
  4. Kemudian kamu akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa transaksi SMS Banking Kamu sudah berhasil dilakukan.

Seperti yang sudah dijelaskan, cara mendaftar SMS banking mandiri di ATM, jika digunakan untuk transfer uang, pembayaran tagihan PLN, pembelian pulsa, dll, harus meminta aktivasi transaksi keuangan dan dilakukan cabang.

Oleh karena itu, registrasi Mandiri SMS banking melalui ATM hanya dapat digunakan untuk cek saldo atau perubahan rekening dengan memasukkan SMS, umb *141*6# atau menggunakan aplikasi Mandiri mobile.

Baca Juga: 18 Cara Cek Saldo E-Toll Card Via ATM Atau Mandiri Internet Banking

Itulah ulasan lengkap ulasan mengenai apa itu SMS banking mandiri. Mulai dari istilah, fitur, keunggulan, cara daftar hingga format transfer melalui SMS banking. Dengan Adanya SMS banking memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal pembayaran.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin