5 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

5 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR – Menjadi fotografer tentu harus mengetahui kamera yang tepat untuk dipakai. Ada 2 jenis kamera yang biasanya menjadi andalan para fotografer, yaitu SLR dan DSLR. Untuk menentukan kamera yang tepat, tentu saja fotografer harus tahu perbedaan kamera SLR dan DSLR. Lantas apa sajakah perbedaanya?

Kamera adalah saksi, ketika mata tidak bisa melakukannya. Sebuah ungkapan yang terasa berlebihan. Tetapi kamera memang bisa menghidupkan kisah baru. Suatu moment bisa menjadi berharga atau tidak, tergantung bagaimana hasil pandangannya. Maka dari itu pilihan kamera memanglah penting. Berikut adalah perbedaan antara kamera SLR dan DSLR:

5 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

1. Teknologi

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

SLR adalah kepanjangan dari Single Lens Reflex. Kamera ini sering disebut juga sebagai analog SLR. Sedangkan DSLR memiliki nama lengkap Digital Single Lens Reflex. Dari namanya sudah diketahui bahwa DSLR sudah menggunakan sistem digital sementara SLR masih menggunakan secara manual.

Sebenarnya SLR dan DSLR memiliki mekanisme kerja yang sama, yaitu keduanya mengandalkan Pentaprism untuk membentuk viewfinder. Cahaya yang masuk melalui lensa akan masuk menuju cermin dan dipantulkan menuju Pentaprism dan berakhir di negative film (SLR) atau sensor (DSLR).

2. Penyimpanan

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Seperti yang dijelaskan diatas, kamera SLR dan DSLR menggunakan tipe penyimpanan yang berbeda. SLR masih menggunakan penyimpanan berupa film negatif. Hasil gambarnya pun tidak memungkinkan untuk dibatalkan ataupun diedit. Karena kerjanya yang manual, maka proses pencetakannya pun harus secara manual.

Berbeda dengan kamera DSLR yang sudah serba digital. Hasil gambar akan berupa file gambar, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengeditan dan pembatalan pengambilan gambar jika diinginkan. Karena proses kerjanya yang digital, maka proses percetakan pun dapat dilakukan dengan mudah.

3. Fitur

Perbedaan kamera SLR dan DSLR yang paling kentara mungkin bisa dilihat dari hal fiturnya. Mekanisme kerja SLR yang manual akan mempengaruhi jumlah fitur yang tersedia. Fitur pada SLR jauh lebih sedikit dibandingkan DSLR. Hasil gambar sangat ditentukan oleh kemampuan skill fotografernya.

DSLR yang sudah menganut sistem digital tentu akan memiliki lebih banyak fitur. Pengaturan gambar dapat diatur secara otomatis. Misalnya saja pengaturan cahaya, resolusi, balancing, dan masih banyak lagi. Beberapa kamera DSLR pun bahkan memiliki mode video di dalam fiturnya.

4. Hasil gambar

Dari penjabaran perbedaan-perbedaan di atas tentu saja akan mempengaruhi hasil gambar yang dibuat. SLR yang berteknologi manual, akan menghasilkan gambar yang lebih natural atau seperti aslinya. Kamera ini sangat cocok bagi pemula, tetapi juga favorit bagi para profesional karena gambarnya yang natural.

Sedangkan pada kamera DSLR dengan teknologinya yang digital, hasil gambar akan lebih kompleks dan berbobot. Ini karena efek kamera yang dapat diatur dengan mudah. Kamera ini cocok untuk dunia komersil. Misalnya saja studio foto, fotografi fashion, fotografi makanan, dan lain sebagainya.

5. Perbedaan Kamera SLR dan DSLR, Harga

Berdasarkan dari teknologi yang diadopsinya, kedua kamera ini tentu saja memiliki harga yang berbeda. Tentu saja pasti bergantung pada merk yang dimiliki. Melalui Tokopedia.com, kamera SLR yang termurah berada dalam rentang harga 3 hingga 6 juta rupiah.

Berdasarkan kemampuan lebih banyak, kamera DSLR tentu akan memiliki harga sedikit lebih diatas. Berdasarkan situs Plazakamera.com, harga kamera DSLR termurah ada pada rentang harga 4 hingga 12 juta rupiah. Mulai dari Canon dengan sensor 18 MP, hingga Nikon dengan sensor 24.2 MP.

Meskipun ada berbagai perbedaan kamera SLR dan DSLR, bukan berarti yang satu melebihi yang lainnya. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya tergantung pada tujuan apa itu digunakan. Pilihlah secara bijak, sesuaikan dengan keinginan, agar hasil yang diberikan memuaskan.

Baca Juga : Fantastis! Inilah Deretan Lensa Kamera Termahal yang Pernah Ada

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *