7 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok Untuk Pebisnis

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

7 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok Untuk Pebisnis – Pada suatu kegiatan penjualan, pencatatan atau pembukuan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, pembukuan ini akan menjadi layaknya sebuah bukti tertulis ketika terjadi suatu permasalahan dalam usaha. Saat ini, seiring berkembangnya teknologi, banyak aplikasi pencatatan penjualan gratis yang tersedia di Play Store ponsel ataupun laptop. Hal ini tentu memudahkan pengusaha dalam melakukan pembukuan penjualannya.

Setiap aplikasi pencatatan penjualan biasanya memiliki fitur-fitur yang bervariasi. Pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan jenis kebutuhan usahanya. Oleh karena itu, pengguna harus mengenali perkembangan dan target dari jenis usahanya terlebih dahulu sebelum memilih aplikasi yang tepat untuk digunakan. Agar memudahkan memilih jenis aplikasi yang sesuai tersebut, berikut akan dipaparkan informasi rincinya:

7 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok Untuk Pebisnis

1. Teman Bisnis

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

Bagi pengguna Android, aplikasi ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi. Teman Bisnis diklaim sebagai aplikasi pencatatan penjualan gratis untuk membantu dalam membuat laporan keuangan usaha. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pengusaha yang masih dalam tahapan pemula dan belum memiliki pengetahuan mendalam tentang akuntansi.

2. Akuntansi Keuangan

Aplikasi yang berikutnya adalah Akuntansi Keuangan. Berlaku untuk pengguna sistem Android maupun iOS dan dapat diperoleh secara gratis. Akuntansi Keuangan memiliki fitur dalam bentuk pembukuan. Pengguna dapat memanfaatkan fitur jurnal, neraca, untung rugi, buku besar dan masih banyak lainnya.

3. Money Manager

Berikutnya ada aplikasi UKM-Money Manager. Aplikasi ini tidak hanya cocok digunakan untuk bisnis usaha, tetapi juga untuk mencatat keuangan pribadi. Pengguna dapat menikmati fitur pencatatan pada semua jenis transaksi yang dilakukan dan bebas dari batasan periode laporan keuangan. Aplikasi ini juga dapat dinikmati secara offline sehingga sangat menghemat kuota.

Money Manager memiliki sistem interface yang simple sehingga bisa dimanfaatkan untuk usaha-usaha yang kecil maupun menengah (UMKM). Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengelola laporan keuangan pribadi dan pengeluaran sehari-hari pengguna.

4. Moodah

Moodah adalah aplikasi pembukuan yang didesain untuk mempermudah pembuatan laporan catatan penjualan dan keuangan bisnis. Aplikasi ini telah dipercaya oleh lebih dari 40.000 UKM. Salah satu fitur yang ada di aplikasi Moodah, yaitu bookkeeping terpadu yang mampu mengelola usaha tanpa ribet. Melalui aplikasi ini, pengguna berhak memantau dan mengatur bisnisnya secara real time.

5. Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis, Paper.id

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

Paper.id merupakan aplikasi pencatatan penjualan terbaik yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Aplikasi ini berkembang di Indonesia dan sudah digunakan oleh lebih dari 40.000 pengusaha UMKM. Tidak hanya menyediakan fitur pembukuan, tetapi juga mampu membuat dan mengirim pesan suara ke mitra dan supplier. Cocok untuk usaha dengan stok yang banyak.

Hal yang menjadikan aplikasi ini banyak peminatnya adalah fitur bahasa yang digunakannya. Sesuai dengan namanya, aplikasi Paper.id menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya. Hal ini akan memudahkan para pebisnis dalam mengoperasikannya. Selain itu, pelayanan yang tersedia juga sangat responsif dan cepat.

6. Buku Kas

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama Buku Kas. Aplikasi berbasis Android ini memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membantu pengelolaan keuangan jual beli online. Menggunakan aplikasi Buku Kas, pebisnis dapat menghemat waktunya karena aplikasi ini dapat dijalankan tanpa ribet. Data yang disimpan pada aplikasi Buku Kas dijamin ke rahasiannya sehingga aman digunakan.

7. Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis, Kledo

Terakhir ada software Kledo. Software akuntansi ini dapat digunakan untuk mengelola pencatatan bisnis, seperti pemasukan dan pengeluaran usaha, laporan utang-piutang, rekonsiliasi hingga faktur. Semua fitur tersebut dapat dinikmati secara gratis. Adapun kelebihan dari software ini adalah dapat dijalankan tanpa memerlukan install terlebih dahulu, dapat diakses dari berbagai tempat, dan menyajikan laporan dalam bentuk grafik.

Itulah 7 aplikasi pencatatan penjualan gratis yang dapat dimanfaatkan oleh semua pebisnis. Ada aplikasi yang dapat diakses di Android maupun iOS, web, hingga Windows di PC. Aplikasi-aplikasi tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya. Kenali terlebih dahulu jenis usaha yang sedang dikembangkan, lalu pilih jenis aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan usaha.

Baca Juga : Inilah 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik yang Mudah Digunakan

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 3 =