Ampuh! Inilah 5 Cara Mengatasi HP Panas yang Sangat Mudah untuk Dilakukan

Cara Mengatasi HP Panas

Ampuh! Inilah 5 Cara Mengatasi HP Panas yang Sangat Mudah untuk Dilakukan – Sekarang, HP merupakan perangkat yang harus dipunyai semua orang. Oleh sebab itu, akan jadi masalah apabila HP yang dimiliki tak berfungsi dengan baik karena terlalu panas. Sebenarnya itu adalah hal yang normal. Namun terkadang pengguna menjadi khawatir karena tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan HP-nya. Agar dapat menghindari hal itu terjadi, pengguna bisa menggunakan cara mengatasi hp panas.

Temperatur tinggi pada HP kerap jadi permasalahan yang terjadi pada HP. Terdapat berbagai alasan mengapa HP panas. Contohnya adalah penggunaannya berlebihan, kualitas baterai jelek, pemasangan case HP yang terlalu tebal, serta lain-lain. Walaupun itu merupakan hal yang normal, namun apabila tidak diatasi, dapat merusak HP bahkan menyebabkannya meledak. Jadi, lakukanlah 5 cara berikut untuk mengatasi masalah tersebut:

Ampuh! Inilah 5 Cara Mengatasi HP Panas yang Sangat Mudah untuk Dilakukan

1. Gunakan Case HP yang Tepat

Cara Mengatasi HP Panas

Sekarang memang banyak case HP yang bagus dan cocok dipasangkan pada HP. Namun berhati-hatilah karena kesalahan dalam memilih case bisa berdampak buruk pada HP itu. Case yang tepat adalah yang bahannya dapat membuat panas pada HP keluar.

Jangan menggunakan case yang malah membuat panas pada HP terperangkap di dalam hingga menyebabkan sirkulasinya tak berjalan lalu terjadilah overheat alias panas berlebih. Jenis case yang disarankan ialah yang mempunyai lubang kecil-kecil guna menjaga sirkulasi tetap lancar. Atau jika memang HP sudah terlalu panas, pengguna bisa melepas case HP untuk sementara waktu.

2. Cek Penggunaan Aplikasi di Latar Belakang

Cara Mengatasi HP Panas

Apabila pengguna tak menjalankan aplikasi apapun namun HP terasa panas, periksalah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pergilah ke ‘settings’, lalu klik ‘apps’, kemudian pilih ‘background apps‘ agar dapat melihat apakah ada aplikasi tidak berguna yang berjalan di latar belakang.

3. Buka Lubang Charge

Sebagian HP telah memakai sertifikasi anti air serta mempunyai penutup pada lubang chargernya. Cara mengatasi HP panas untuk jenis seperti itu adalah dengan membuka lubang charger-nya. Hal tersebut dilaksanakan agar udara yang masuk ke HP tidak kurang sebab ini bisa jadi merupakan penyebab dari suhu berlebih pada HP tersebut.

4. Cara Mengatasi HP Panas, Lakukan Pengisian Baterai HP Seperlunya

Apabila baterai HP telah full, maka cepat copot HP dari charger. Habit membiarkan baterai terus-terusan tersambung pada charger nyatanya tak baik dilakukan. Hal tersebut bisa pula mengakibatkan baterai HP panas alias overheat.

Sebagian charger memang bisa memutuskan listrik yang mengalir ketika daya baterai telah full. Akan tetapi membiarkan baterai yang ada di keadaan penuh selalu terisi juga tak bagus. Lakukanlah pengisian baterai sebentar sampai full berkali-kali. Hal itu lebih disarankan ketimbang membiarkan baterai sampai habis kemudian baru di-charge. Kemudian, di samping itu jangan terus menerus memainkan HP yang tengah di-charge. Hal tersebut bisa membuat HP lebih cepat panas. Sebab suhu karena software serta hardware yang berjalan ditambah dengan suhu yang dihasilkan saat pengisian baterai.

5. Matikan HP

Itu adalah cara paling ampuh dalam mengatasi HP yang sedang panas. Mematikan hp dapat memberhentikan semua pemrosesan ketika HP ada pada kondisi hidup. Hal ini juga dapat secara cepat mendinginkan suhu pada HP. Selain itu, mematikan HP juga bisa menormalkan kecepatan pada pemrosesan aplikasi.

Demikianlah 5 cara mengatasi HP panas yang ampuh dan sangat di sarankan untuk dicoba. Sebenarnya, pabrik HP telah melakukan antisipasi supaya produk besutannya tak mengalami kerusakan yang parah akibat suhu HP yang tinggi. Contohnya adalah dengan menaikkan kualitas HP serta melengkapi HP dengan sistem pendingin. Namun, pengguna tetap disarankan untuk berusaha sendiri agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Menghilangkan Goresan di Layar HP yang Paling Mudah

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 18 =