Beberapa Cara Mengatasi iPhone Bootloop

Cara Mengatasi iPhone Bootloop

Beberapa Cara Mengatasi iPhone Bootloop – Produk iPhone ini juga memiliki banyak kekurangan. Salah satunya adalah iPhone hanya muncul dengan logo Apple. Atau iPhone yang tidak bisa menyala, dan lebih dikenal dengan bootloop. Apa Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Bootloop. Bootloop merupakann masalah yang sering terjadi pada handphone apapun meskipun itu IPhone.

Ada banyak alasan mengapa bootloop dapat terjadi pada ponsel Anda. Salah satunya adalah terlalu sering menginstal dan menguninstall aplikasi sehingga akan menyebabkan bootloop. Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, beberapa hal yang bisa diketahui antara lain masalah hardware atau software. Oleh karena itu, Boot Loop pada gadget Apple seperti iPhone, ipod dan iPad sebenarnya sering terjadi pada perangkat yang telah dimodifikasi (Jailbreak).

Cukup jarang atau dialami oleh gadget yang belum pernah dimodifikasi (Jailbreak). Produk iPhone ini juga memiliki banyak kekurangan. buatan manusia, masih terdapat kekurangan. Salah satunya adalah iPhone hanya muncul dengan logo Apple. Atau iPhone yang tidak bisa menyala, dan lebih dikenal dengan bootloop.

Penyebab Iphone Bootloop

Cara Mengatasi iPhone Bootloop

  • Masalah dengan perangkat lunak/iOS
  • Masalah dengan perangkat keras iPhone Anda

Cara Mengatasi iPhone Bootloop

Isi Daya Baterai iPhone

Cara pertama untuk memperbaiki iPhone bootloop adalah dengan mengisi baterai iPhone. Perlu diketahui bahwa baterai merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone. Oleh karena itu penting untuk menjaga kondisi baterai iPhone yang kita miliki. Selain itu, pengisian baterai merupakan pencegahan agar iPhone tidak mati total nantinya. Baterai yang sering habis juga bisa menjadi penyebab iPhone booting dan sering mati sendiri secara tiba-tiba.

Cеk Konektor Pengisian Daya

Masih tentang pengisian daya iPhone, Anda perlu memperhatikan kondisi pengisian daya pada iPhone saat dicharge apakah ada kerusakan atau tidak. Konektor pengisian daya yang rusak juga bisa menjadi alasan mengapa iPhone sering restart sendiri.

Pasokan listrik yang tidak lancar atau sumber listrik yang naik turun ke iPhone bisa membuat iPhone sering mati-mati dengan sendirinya. Jika masalahnya karena konektor pengisi daya, maka Anda dapat memperbaikinya dengan membawanya ke Apple Center.

Lakukan Hard Reset

Cara Mengatasi iPhone Bootloop

Seringkali pengguna iPhone ketika menginstal berbagai aplikasi dan tema akan melakukan Jailbreak iPhone. Namun seringkali tidak disadari bahwa penyebab iPhone sering mati sendiri adalah karena terlalu banyak tema yang umum atau diunduh. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan hard reset pada iPhone, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan pada tombol home dan power bersamaan hingga tampil  logo Apple
  • Kemudian tekan sekaligus tahan tombol volume up, saat sedang terjadi booting pilih ‘Springboard’ lalu buka ‘Cydia
  • Kemudian cari aplikasi atau tema yang baru saja anda download/instal sebelum iPhone bootloop, kemudian hapus aplikasi atau tema tersebut
  • Langkah terakhir kemudian coba reboot iPhone Anda. Jika berhasil masuk ke home screen, berarti bootloop sudah teratasi

Lakukan Restore iOS

Jika anda telah melakukan berbagai cara dan IPhone anda masih tetap bootloop maka anda disarankan untuk mencoba langkah selanjutnya yaitu me resore iOS. Untuk mengembalikan iOS diperlukan bantuan iTunes serta komputer/laptop sebagai medianya. Jika Anda sudah siap maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Untuk mematikan layar tekan pada tomnol home dan power bersamaan.
  • Kemudian sambungkan perangkat iPhone dengan laptop/PC menggunakan kabel USB. Jalankan iTunes jika perangkat sudah terhubung
  • Masuk pada bagian DFU caranya yaitu tekan tombol home dan power bersamaan kurang lebih selama 10 detik, setelah itu lepaskan tombol home
  • Setelah itu, iTunes akan menampilkan notifikasi dan secara otomatis akan mengembalikan iPhone ke posisi default
  • Kemudian iPhone akan reboot sendiri. Kemudian iTunes akan memberikan Anda pilihan untuk mengembalikan dari default yang telah dilakukan. Proses ini biasanya memakan waktu sedikit lebih lama, sekitar 2-3 jam
  • Setelah pemulihan program selesai, pemberitahuan akan muncul dan perangkat akan reboot.
  • Terakhir Anda hanya perlu menyinkronkan perangkat dengan iTunes yang sudah Anda miliki.

Cara Mengatasi iPhone Bootloop, Menggunakan  Recovery Mode

Langkah ini sebenarnya dilakukan untuk mengatasi iPhone yang stuck di logo iTunes. Namun, Anda bisa menggunakan cara ini jika pada cara keempat iTunes tidak bisa terdeteksi di perangkat iPhone yang Anda miliki. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Matikan iPhone dulu
  • Siapkan kabel USB asli sesuai dengan perangkat iPhone yang Anda gunakan
  • Siapkan aplikasi iTunes yang sudah anda install di komputer/laptop anda
  • Ingat jangan masuk ke port Lightning iPhone dulu
  • Tekan dan tahan tombol beranda selama beberapa detik hingga logo iTunes muncul di layar iPhone

Cara Mengatasi iPhone Bootloop, Menggunakan Mode Factory Reset

Jika langkah diatas masih belum bisa mengatasi iPhone bootloop dan masih sering mati sendiri, maka anda bisa melakukan cara selanjutnya yaitu dengan cara melakukan cara factory reset. Mode ini dilakukan jika kerusakan terjadi pada software dimana terdapat virus didalamnya.  Namun perlu diingat bahwa jika Anda melakukan reset pabrik ini maka semua data di perangkat bisa hilang. Namun Anda bisa mengatasinya dengan melakukan backup di iTunes.

Ganti Hardware Anda

Beberapa solusi sebelumnya dapat dibilang berhasil dalam mengatasi  bootloop pada IPhone. Jika memang masalah yang terjadi ada pada software, maka anda perlu melakukan perubahan pada software anda agar tidak terjadi bootloop terus menerus pada iPhone anda.

Cara Mengatasi iPhone Bootloop, Bawa ke Apple Center

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan tetapi iPhone masih booting, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawanya ke teknisi servis. Bone service disini berarti service center terpercaya (Apple center) di kota anda. Ada ahli yang lebih tahu tentang masalah bootlop iPhone dan alat lengkap untuk menyelesaikannya.

Mengatasi Bootloop Ringan

  • Pertama-tama, matikan smartphone android Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, keluarkan kartu operator, kartu memori dan baterai.
  • Kemudian diamkan sekitar 30 menit sampai 24 jam.
  • Kemudian instal dan hidupkan kembali perangkat android Anda.
  • Anda dapat mengamati proses booting ponsel.
  • Jika masalah masih terjadi, Anda dapat mencoba metode selanjutnya.

Mengatasi Bootloop dengan Menghapus Cache Sistem

Cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi Hp Android yang mengalami bootloop adalah dengan mengosongkan cache di memori Android dan di sistem. Lalu, bagaimana cara membersihkannya, sementara kita tidak bisa masuk ke menu android. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara di bawah ini:

  • Masuk ke opsi Recovery Mode.
  • Anda harus tahu bahwa Recovery Mode pada setiap ponsel berbeda, sehingga cara masuknya juga akan berbeda. Oleh karena itu masuk ke menu sesuai dengan jenis perangkat yang Anda gunakan.
  • Misalnya dengan menekan kombinasi tombol volume bawah + power beberapa saat hingga muncul logo iPhone di layar ponsel.
  • Kemudian lepaskan tombol yang Anda tekan, maka Anda akan menemukan ” Recovery Mode”.
  • Kemudian pilih opsi “Advanced”, lalu pilih opsi “Wipe Dalvik Cache”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Mounts and Storage”.
  • Kemudian pilih ” Wipe/Cache”.

Demikian ulasan tentang Beberapa Cara Mengatasi iPhone Bootloop, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengatasi Iphone Panas

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 7 =