Beberapa Cara Mengatasi Iphone Panas

Cara Mengatasi Iphone Panas

Beberapa Cara Mengatasi Iphone Panas – Iphone merupakan perangkat gadget yang banyak diminati dikarenakan bentuknya yang elegan dan memiliki sistem yang stabil, pada sistem perangkat keras atau sistem operasinya pun terbilang jarang mengalami masalah atau kendala.

Meskipun pada hal tersebut dapat dibilang Iphone dapat diunggulkan, akan tetapi untuk masalah overheating masih sering dialami oleh para pengguna Iphone itu sendiri. Ketika Iphone anda mengalami overheating , anda harus mengetahui cara mengatasi iphone panas, supaya Iphone anda memiliki masa pakai yang lama.

Mengapa Iphone Mulai Overheating

Sederhananya, alasan dapat dibagi menjadi dua kategori, ‘luar’ dan ‘dalam’, yaitu alasan ‘eksternal’ dan ‘internal’. Mari kita lihat lebih jauh apa artinya dan kemudian bicarakan tentang apa yang mungkin Anda lakukan.

Iphone hanya bekerja pada suhu 0 dan 35 derajat celcius. Dimana negara bagian uatara merupakan negara yang sempurna dalam penggunaan Iphone. Namun, di negara-negara di sekitar khatulistiwa, suhu rata-rata mungkin saat itu berada di batas atas. Hanya berpikir sejenak. Jika rata-rata adalah 35 derajat, itu berarti suhu harus sering lebih tinggi dari itu. Suhu semacam itu dapat menyebabkan panas berlebih, dan mungkin menjadi akar penyebab masalah panas berlebih pada iPhone.

Seperti yang kami katakan, suhu lokal yang tinggi mungkin memicu, tetapi masalahnya juga bisa internal. Ponsel ini adalah komputer di saku Anda. Komputer desktop dan laptop biasanya memiliki berbagai pendekatan untuk menjaga perangkat keras tetap dingin, termasuk kipas yang diikatkan ke prosesor! Bahkan laptop memiliki beberapa ruang di dalamnya, tetapi ponsel kami bahkan tidak memiliki bagian yang bergerak di dalamnya.

Mendinginkan ponsel adalah sebuah tantangan, yang dapat Anda buat lebih curam, misalnya, menjalankan banyak aplikasi yang terus-menerus mencoba mengakses data dengan 3 atau 4G, dengan Wi-Fi, Bluetooth. Berbagai aplikasi memiliki permintaan tinggi pada kekuatan pemrosesan komputer di saku Anda, dan kami akan membahasnya secara lebih rinci.

Ada Banyak Alasan Iphone Menjadi Panas

  • Isi daya dan gunakan perangkat Anda secara bersamaan.
  • Streaming video berkualitas tinggi untuk waktu yang lama.
  • Menghidupkan GPS pada Iphone.
  • Melakukan pemulihan data ketika pertama kali menggunakan Iphone.
  • Menggunakan aplikasi editor video, edit audio digital, dan synthesizer.
  • Saat menggunakan aplikasi intensif grafis atau augmented reality.

Penyebab Iphone Terlalu Panas

Iphone lebih banyak mengalami panas yang berlebih ketika digunakan untuk bermain game yang memiliki grafik yang besar yang berkualitas HD. Mereka membutuhkan sumber daya iPhone, termasuk baterai. Kondisi rumah yang panas yang berpengaruh pada handphone ketika anda sedang memainkan handphone didalam rumah. Itulah mengapa sangat bagus jika kita menjalankan game dengan grafik yang rumit, hasilnya akan keluar dari iPhone dari sampulnya.

Meskipun ada banyak faktor penyebab Iphone menjadi overheating faktor terpenting yaitu lingkungan yang panas. Di musim panas, ketika panas dan kelembapan tinggi, perangkat akan memanas lebih cepat. Ada juga pengguna yang terkejut bahwa iPhone menjadi sangat panas setelah melihat matahari di dalam mobil. Dalam skenario ini, adalah ide yang baik untuk mengambil iPhone dan meninggalkannya di tempat teduh sebelum menggunakannya.

Dalam keadaan apa pun Anda tidak boleh memasukkannya ke dalam lemari es. Pendinginan mendadak (heat shock) secara permanen dapat mempengaruhi komponen perangkat kerasnya. Jika iPhone memanas saat mengisi daya, Anda harus segera mencabutnya dari kabel pengisi daya. Sangat mungkin pengisi daya dan/atau kabel pengisi daya tidak asli. Kerusakan pada baterai pengisi daya asli, dapat menyebabkan iPhone memanas selama pengisian.

Gejala yang Terjadi Ketika Iphone Panas

  • Pengisian daya melambat atau berhenti.
  • Sesekali Layar meredup atau menjadi hitam.
  • Radio seluler memasuki kondisi daya rendah. Kualitas panggilan mungkin buruk selama waktu ini.
  • Lampu kilat kamera dinonaktifkan untuk sementara.
  • Aplikasi intensif grafis berhenti bekerja dengan benar, atau bahkan crash berulang kali.
  • Anda akan mendapatkan peringatan ketikahandphone anda sedang mencapai batas suhu maksimal.

Beberapa Cara Mengatasi Iphone Panas

Up to Date

Untuk menghentikan panas berlebih, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memastikan bahwa iPhone Anda memiliki semua pembaruan terbaru yang diinstal. Anda akan melihat bahwa Apple cukup sering merilis pembaruan, dan banyak di antaranya telah menyertakan perbaikan untuk mengatasi panas berlebih. Mematikan aplikasi sistem yang tidak digunakan seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth.

Pengecekan hidup tidaknya aplikasi tersebut  dapat diperiksa langsung dari iPhone Anda, dari Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak, lalu ikuti langkah-langkah yang diperlukan seperti yang dijelaskan oleh telepon.

Update iOS

Atau, jika ponsel Anda disinkronkan melalui iTunes, itu sama mudahnya. Pilih perangkat Anda, lalu pilih ‘Ringkasan’ dan Anda akan melihat tombol korban untuk memeriksa apakah Anda telah menginstal iOS terbaru. Sekali lagi, ikuti prosesnya.

Check for update, Reboot Iphone Milik Anda

Meski begitu, jika Anda menginstal iOS versi terbaru, mungkin ada yang salah dengan sistem operasinya. Hal-hal dapat dan memang rusak. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah me-reboot ponsel Anda. Tekan pada tombol power dan tombol home bersamaan sampai tampil logo Apple. Setelah muncul, biarkan iPhone restart terlebih dahulu. Cara ini diyakini cukup efektif.

Cara Mengatasi Iphone Panas, Matikan Berbagai Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Meski iPhone memang dipersenjatai dengan RAM yang cukup besar, namun penggunaan berbagai aplikasi sekaligus dapat menyebabkan ponsel menjadi sedikit lamban dan cepat panas. Mematikan fungsi dari aplikasi yang tidak terpakai bisa dibilang merupakan cara ampuh supaya handphone tidak cepat panas. Matikan dengan memilih Settings – General – Backgorund App Refresh – Turn It All Off.

Cara Mengatasi Iphone Panas, Matikan Pembaruan Otomatis

Banyak yang mengatakan bahwa cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah overheating. Cara sederhana ini bisa dilakukan dengan membuka Settings – iTunes & App Store – Automatic Downloads – Updates dan Turn It Off. Setelah dimatikan, iPhone 6 akan mendingin dan baterai juga tidak cepat habis. Banyak yang menganggap cara tersebut cukup ampuh dgunakan.

Setel Ulang iPhone ke Pengaturan Pabrik

Jika smartphone Anda masih cepat panas. Anda dapat mencoba metode lain seperti reset pabrik. Biasanya cara ini cukup membantu. Pilih Pengaturan Umum – Atur Ulang. Setelah reset, pilih erase all content and data, lalu pilih “Erase i-Phone”. Setelah selesai, iPhone 6 Anda akan kembali ke pengaturan aslinya.

Menurunkan tingkat Kecerahan di Layar

Cara Mengatasi Iphone Panas

Tingkat kecerahan pada layar juga cukup menguras daya ponsel Anda, terutama pada baterainya. Anda dapat mengubah tingkat kecerahan menjadi lebih rendah. Keunggulan dari menurunkan tingkat kecerahan layar yaitu mata tidak akan mudah lelah ketika sedang menatap layar handphone, dan juga menghemat batrai sekaligus handphone menjadi tidak cepat panas. Atau, Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk menghemat baterai hingga 70% lebih banyak.

Cara Mengatasi Iphone Panas, Penggunaan Pelindung Handphone

Cara Mengatasi Iphone Panas

Kemudian, kebanyakan dari kita memasang pelindung ponsel ke iPhone kita. Kebanyakan pelindung ponsel justru membuat ponsel menjadi panas, jadi disarankan untuk menggunakan pelindung ponsel yang tidak membuat ponsel menjadi panas.

Demikian ulasan tentang Beberapa Cara Mengatasi Iphone Panas, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi IPhone Stuck Logo

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 − three =