Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN

Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN

Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN – Internet merupakan salah satu hal yang selayaknya sudah menjadi kebutuhan manusia untuk saat ini.

Terutama dikarenakan pandemi covid-19 yang membuat keterbatasan dalam interaksi satu sama lain.

Oleh karena itu, hamper semua interaksi seperti bersekolah, bekerja, atau pun berdagang dilakukan secara online.

Untuk melakukan hal-hal tersebut secara online, maka diperlukan koneksi internet. Salah satunya adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan internet melalui Iconnect.

Iconnect sendiri sudah menggunakan jaringan fiber optic yang diklaim aman dari gangguan cuaca. Selain itu juga, Iconnect menyediakan layanan internet dan juga TV di kabel optic yang sama tanpa mengorbakan kualitas.

Mengingat pentingnya kegunaan internet untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, maka kamu perlu memperhatikan bagaimana cara tagihan untuk membayar internet.

Khususnya jika kamu pelanggan Iconnect PLN. Karena jika telat membayar maka jaringan internet kamu akan terkendala yang berakibatkan kegiatan sehari-hari kamu juga terkendala.

Tapi kamu ga perlu khawatir akan terlambat membayar tagihan internet, karena kamu dapat menemukan cara-cara untuk membayarnya di bawah ini ya:

4 Cara Bayar Tagihan Internet Iconnect PLN




  1. Aplikasi PLN Mobile

Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN

Aplikasi PLN Mobile merupakan salah satu cara bayar tagihan internet Iconnect PLN bagi kamu tanpa perlu repot-repot keluar rumah.

Karena dengan aplikasi ini kamu dapat membayar dengan metode pembayaran yang tersedia seperti virtual account bank Mandiri.

Sebelum dapat membayar memlalui aplikasi PLN Mobile, terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau Appstore bagi kamu pengguna produk Apple.

Caranya adalah buka Play Store atau pun Appstore di HP kamu dan masukkan “PLN Mobile” di kolom pencarian.

Setelah menemukannya, maka klik “Install” dan tunggu sampai proses installasinya selesai. Selanjutnya adalah buka aplikasi PLN Mobile dan login menggunakan akun google/email kamu.

Setelah itu, kamu diharuskan untuk memasukkan nomor handphone (HP) kamu karena akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor yang kamu masukkan serta memasukkan nomor pelanggan.

Setelah proses login selesai, kamu dapat mencari menu Iconnect dan tap menu “Layanan” untuk dapat melihat tagihan internet Iconnect.

Untuk membayar tagihan internetnya, klik menu “Bayar” kemudian pilih metode pembayaran seperti virtual account Bank Mandiri, LinkAja, atau pun Indomaret dan Alfamart.

  1. Pembayaran Melalui Virtual Account Bank Mandiri

Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kamu tidak harus pergi ke Bank atau pun ATM untuk dapat melakukan transaksi.

Cukup hanya dengan HP kamu saja dan tentunya membutuhkan sinyal internet dan aplikasi yang disediakan oleh pihak Bank.

Seperti Bank Mandiri yang telah membuat aplikasi Livin’ By Mandiri. Di dalam aplikasi ini, kamu dapat mengecek saldo, membuka rekening berjangkan, ataupun melakukan transfer.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kamu diharuskan untuk mengatifkan internet banking di cabang bank Mandiri terdekat.

Setelah proses aktivasi selesai, maka kamu dapat langsung menggunakan aplikasi Livin’ By Mandiri dengan nomor rekening yang didaftarkan di cabang Bank Mandiri.

Setelah proses login selesai, maka kamu dapat melakukan pengecekan saldo, pembukaan rekening berjangka atau pun transfer.

Pilihan-pilihan ini sangat berguna karena membuat kamu tidak perlu repot untuk ke ATM atau pun ke Bank untuk melakukan transfer.

Salah satunya adalah untuk melakukan pembayaran internet Iconnect. Kamu dapat membayar tagihan internet Iconnect dengan cara masuk ke aplikasi Livin’ By Mandiri.

Berikut poin-poin yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pembayaran internet Iconnect dengan aplikasi Livin’ By Mandiri:

  • Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih menu metode pembayaran menggunakan virtual account Bank Mandiri.
  • Copy virtual account yang muncul di PLN Mobile.
  • Setelah sebelumnya melakukan login di aplikasi Livin’ By Mandiri, kamu dapat pergi ke menu pembayaran.
  • Setelah masuk ke menu pembayaran, pilih penyedia jasa Iconnect.
  • Paste/masukkan nomor virtual account yang telah kamu copy dari PLN Mobile.
  • Setelah memasukkan nomor virtual account, informasi yang tertera seperti jumlah yang harus kamu bayar akan otomatis muncul di layar HP kamu.
  • Selanjutnya, kamu hanya tinggal melakukan pembayaran dengan memasukkan pin.
  1. Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN Melalui Indomaret atau Alfamart

Indomaret dan Alfamart merupakan pusat perbelanjaan yang sering sekali ditemukan. Tidak hanya bisa membeli kebutuhan pokok saja, kamu dapat melakukan pembayaran lainnya.

Seperti pulsa, listrik, atau pun tagihan internet Iconnect. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membayar tagihan internet Iconnect:

  • Temukan Indomaret dan Alfamart terdekat dari kamu
  • Pastikan kamu sudah mempersiapkan nomor pembayaran / nomor pelanggan untuk tagihan internet
  • Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa langsung menghampiri kasir
  • Berikan nomor pelanggan atau nomor pembayaran kepada kasir
  • Bayar sesuai dengan nominal yang diinfokan oleh kasir.

Cara ini terbilang cukup mudah dilakukan, dikarenakan gerai Indomaret atau Alfamart mudah untuk ditemukkan dan proses yang dibutuhkan terbilang cukup cepat.

Namun, karena masih dalam badai pandemi covid-19, kamu harus tetap hati-hati dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku ya!

  1. Pembayaran Melalui Link Aja

Link Aja merupakan dompet digital yang dimiliki oleh Telkomsel yang termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Link Aja dapat kamu unduh melalui google play store atau appstore.

Untuk pengguna Android, kamu dapat mengunduh Link Aja dengan mengklik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.mwallet&hl=en&gl=US ya. Untuk melakukan pembayaran Iconnect dengan Link Aja, kamu dapat mengikuti poin-poin di bawah ini:

  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Link Aja
  • Lakukan registrasi atau login jika sebelumnya kamu sudah menggunakan Link Aja.
  • Top up saldo Link Aja jika belum.
  • Tap menu pembayaran/Beli.
  • Tap menu Internet/Telepon
  • Selanjutnya adalah kamu tinggal memasukkan nomor pelanggan kamu
  • Lalu, tekan “Selanjutnya” dan pembayaran akan segera diproses
  • Saat muncul informasi pembayaran berhasil, maka tekan selesai dan bukti pembayaran akan didapatkan melalui email atau SMS ke HP kamu.

Berikut adalah 4 cara bayar tagihan Iconnect PLN yang dapat kamu lakukan. Perlu diketahui bahwa tagihan internet Iconnect memiliki batas waktu, yaitu tanggal 15 di setiap bulannya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus membayarkan tagihan internet sebelum tanggal 15 sesuai dengan harga paket yang kamu nikmati.

Karena jika kamu telat membayar tagihan internet Iconnect PLN, maka akan terdapat beberapa sanksi.

Sanksi tersebut dapat berupa pemutusan internet, yang artinya kamu tidak akan bisa menggunakan internet sebelum tagihan dibayarkan.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan dikenakan denda. Untuk nominal denda tergantung dari berapa lama kamu menunggak pembayaran.

Tentunya kamu tidak ingin internet kamu tidak bisa digunakan atau terkena denda untuk mengaktifkan kembali internet kamu. Hal ini dapat berimbas aktivitas sehari-hari yang akan terganggu.

Perlu dipertimbangkan juga, bahwa layanan internet ini bisa dikategorikan cukup hemat jika dibandingkan dengan menggunakan internet dari kuota HP.

Karena layanan internet dari Iconnect yang digunakan dengan Wi-Fi dapat dimanfaatkan di beberapa device dengan speed yang tentunya lebih baik tergantung dengan paket yang kamu ambil.

Baca Juga : Super Cepat! 10 Rekomendasi Wifi Anti Lemot Berkualitas

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *